Diabetes Penyakit Keturunan, Mitos atau Fakta?

Diabetes Penyakit Keturunan, Mitos atau Fakta?

Diabetes Penyakit Keturunan, Mitos atau Fakta?

“Apa benar diabetes penyakit turunan?” Mungkin ini adalah salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan terkait penyakit diabetes. Terutama jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit yang biasa dikenal dengan nama kencing manis ini.

Penyakit diabetes disebabkan oleh gangguan pada produksi dan fungsi hormon insulin. Hormon insulin adalah hormon yang bertugas untuk mengontrol kadar gula darah. Gangguan produksi dan fungsi insulin ini yang menyebabkan terjadinya penyakit diabetes. Diabetes sendiri diidentifikasi dalam dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2

Apa yang jadi penyebab penyakit diabetes? Dan, apa bedanya antara diabetes tipe 1 dan tipe 2? Penyakit diabetes tipe 1 terjadi saat sistem kekebalan tubuh justru berbalik menyerang sel-sel yang memproduksi hormon insulin di pankreas sehingga pankreas tidak dapat menghasilkan insulin. Itu sebabnya penyakit diabetes tipe 1 juga dikategorikan sebagai penyakit autoimun.

Sedangkan penyakit diabetes tipe 2 adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat menggunakan insulin sebagaimana mestinya atau produksinya tidak mencukupi. Faktor yang meningkatkan risiko diabetes tipe 2 termasuk pola makan, gaya hidup, dan obesitas.

Kondisi kedua tipe penyakit diabetes ini berbeda, namun apakah timbulnya diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 dipicu oleh faktor keturunan?

Faktor Keturunan pada Penyakit Diabetes

Jurnal Diabetes memuat sebuah kajian terkait apakah diabetes penyakit keturunan, khususnya diabetes tipe 1. Kajian ini membenarkan bahwa diabetes tipe 1 dapat diturunkan.

Kajian ini menyebutkan bahwa dengan melakukan pemeriksaan genomik (pemeriksaan laboratorium terhadap gen), ditemukan ada lebih dari 50 jenis gen yang dapat mempengaruhi terjadinya penyakit diabetes tipe 1.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Namun genetik bukanlah satu-satunya penyebab, penyebab lainnya yang dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 1 adalah infeksi virus yang dapat memicu sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang sel-sel tubuh.

Bagaimana dengan penyakit diabetes tipe 2? Jurnal Twin Research and Human Genetics merilis penelitian pada orang kembar untuk menjawab pertanyaan mengenai apakah diabetes penyakit keturunan atau tidak. Hasilnya, penelitian ini membenarkan jika faktor keturunan adalah salah satu penyebab penyakit diabetes tipe 2.

Namun, penelitian yang sama juga menegaskan bahwa tidak semua orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes pada keluarganya pasti mengalami penyakit ini.

Lalu Bagaimana Cara Mencegah Diabetes Keturunan?

Apakah penyakit diabetes bisa dicegah? Cara mencegah diabetes sebagai penyakit keturunan untuk diabetes tipe 1 masih belum ditemukan, karena penyebab utamanya sampai sekarang masih belum dapat dipastikan, sehingga upaya pencegahan yang dapat dilakukan pun belum dapat diketahui.

Sementara itu, untuk penyakit diabetes tipe 2 kamu dapat melakukan beberapa upaya pencegahan. Beberapa di antaranya termasuk beralih ke gaya hidup yang lebih sehat, menjaga asupan, aktif bergerak, rutin berolahraga, dan menjaga berat badan tetap ideal.

Upaya pencegahan tersebut dapat membantu untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2. Terutama jika kamu memiliki riwayat penyakit diabetes di keluarga.

Referensi U by Prodia

Penulis: Raka 05 Sep 2024 126