Penyebab Cepat Lelah

Penyebab Cepat Lelah

Halo sobat WE+! Apakah diantara kamu ada yang cepat sekali merasa lelah? Jika iya, maka informasi ini akan sangat bermanfaat untuk kamu. Perlu diketahui jika kondisi cepat lelah yang kamu rasakan bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satu penyebab cepat lelah adalah pola atau gaya hidup yang tidak sehat. Selain itu, kondisi medis atau kesehatan seseorang juga bisa membuatnya cepat lelah. 

Berbagai Penyebab Cepat Lelah yang Harus Diwaspadai 

Banyak kebiasaan yang dilakukan sehari-hari yang tanpa disadari mudah membuat tubuh menjadi cepat lelah. Beberapa faktor yang mungkin dari penyebabnya adalah kurang tidur, kurang olahraga, kegemukan, pola hidup yang tak sehat dan sebagainya. Selain itu, tubuh yang mudah lelah juga bisa disebabkan oleh suatu kondisi penyakit tertentu, seperti berikut ini:

1. Kondisi Alergi

Penyebab cepat lelah yang pertama adalah kondisi alergi. Adanya gangguan alergi seperti rhinitis misalnya, yang bisa menjadi penyebab kamu mudah lelah. Biasanya penderitanya juga akan sering terkena flu, gatal-gatal dan sakit kepala. 

Kamu tidak perlu khawatir karena alergi ini masih bisa diatasi kok sobat WE+, yaitu dengan menghindari penyebab dari alergi itu. Contohnya bulu binatang, udara dingin, debu, kapas dan sebagainya. Namun, apabila kondisi alergi yang kamu rasakan tidak kunjung membaik meski sudah menghindari pemicunya atau sudah mengkonsumsi obat, maka akan sangat dianjurkan bagi kamu untuk segera memeriksakan diri ke dokter ya sobat WE+. 

2. Anemia

Kurangnya sel darah merah dalam tubuh juga sering membuat tubuh menjadi cepat lelah. Biasanya tubuh akan mudah lelah dan lesu. Perempuan lebih sering mengalami anemia karena perempuan mengalami haid yang menyebabkan keluarnya banyak darah ya Sobat WE+. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Penyebab lainnya yaitu defisiensi zat besi, atau kekurangan vitamin B12 dan B9 yang bisa menjadi penyebab tubuh menjadi mudah lelah. Kalau Sobat WE+ ada yang mengalami anemia sebaiknya segera konsumsi obat penambah darah atau suplemen yang kaya akan zat besi.

3. Fibromialgia

Penyakit yang satu ini juga bisa menjadi penyebab kelelahan yang panjang, sakit pada otot tertentu, depresi dan susah tidur. Penyebab dari penyakit Fibromyalgia ini memang belum diketahui secara pasti. Tapi untuk meredakan gejala penyakit ini bisa dengan mengkonsumsi obat yang diresepkan dokter, mengelola stres, dan menerapkan pola hidup sehat.

4. Penyakit Jantung

Kalau Sobat WE+ mengalami mudah lelah akibat dari aktivitas ringan maka hal itu harus diwaspadai sebagai penyakit jantung. Untuk mengetahuinya, kamu bisa memeriksakan diri ke dokter. Kalau penyebabnya memang penyakit jantung, maka pemakaian obat yang diresepkan oleh dokter dan menerapkan pola hidup sehat akan membantu mengatasi mudah lelah dan gejala lain yang berasal dari penyakit ini. Kamu juga bisa mengembalikan energi menjadi sedia kala dan bisa beraktivitas seperti biasa.

5. Apnea Tidur

Gejala dari apnea tidur adalah mendengkur dengan suara keras ketika sedang tidur. Tapi diselingi dengan berhentinya napas sebentar saja. Nah, pada waktu napas berhenti maka penderita akan terbangun secara otomatis untuk menarik nafasnya. Hal ini bisa terjadi selama beberapa kali selama penderita sedang tidur tapi tidak disadari olehnya. Sehingga hal itu berdampak pada kondisi tubuhnya di siang hari yang mudah lelah dan selalu mengantuk.

Penyebab cepat lelah di atas hanya menjadi beberapa kemungkinan saja. Jika salah satu penyebab itu kamu alami, maka segera atasi dengan menghubungi dokter ya sobat WE+, sehingga bisa segera diatasi sesuai gejala yang kamu rasakan.

Penulis: Raka 16 Oct 1212 285

Penulis: Raka
11 Jun 707
725
Penulis: Raka
17 Oct 909
1869
Penulis: Raka
28 Dec 2020
236