Cara untuk Menghindari Overthinking

Cara untuk Menghindari Overthinking

Halo Sobat We+, ketahuilah bahwa overthinking termasuk kebiasaan buruk yang dapat merugikan diri kamu sendiri. Overthinking itu sendiri berbeda dari pemikir. Sebab biasanya hal yang dipikirkan adalah hal sepele yang belum tentu terjadi sehingga energimu akan banyak terkuras karenanya. Oleh karena itu kamu harus mengetahui cara menghindari overthinking supaya waktu kamu tidak terbuang sia-sia. 

5 Cara untuk Menghindari Overthinking 

Memikirkan sesuatu secara berlebihan, terlebih hanya berfokus pada hal-hal negatif sebenarnya sangat tidak bermanfaat bagi hidup kamu. Selain membuang waktu dengan sia-sia, kamu juga hanya akan diliputi perasaan cemas, takut, khawatir bahkan bisa juga menyebabkan masalah fisik seperti sakit kepala dan sulit tidur. Maka dari itu, hindari overthinking dengan melakukan beberapa tips berikut:

  1. Menyadari Kebiasaan Overthinking

Untuk menghindari overthinking, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyadarinya. Kebiasaan overthinking dapat membuat kamu terjebak dalam lingkaran setan, dan sulit untuk keluar bila kamu sendiri tak menyadarinya. Sehingga diperlukan kesadaran diri bahwa kamu sudah terlalu sering overthinking. 

Overthinking itu sendiri cenderung membuat kamu untuk terus memikirkan masalah secara berulang dan bukan fokus pada penyelesaian. Biasanya yang memicu kebiasaan ini adalah saat kamu sedang menghadapi masalah-masalah tertentu. Maka cari tahulah apa pemicu kebiasaan overthinking, kemudian fokuskanlah pikiran untuk mencari penyelesaian dengan memikirkan apa tindakan yang harus dilakukan. 

  1. Melakukan Sesuatu yang Berbeda

Terkadang overthinking terjadi karena kejenuhan akibat melakukan sesuatu yang itu-itu saja. Perasaan jenuh itu kemudian mendorong kamu untuk memikirkan hal-hal sepele secara berlebihan. Untuk itu, cobalah atasi dengan melakukan sesuatu yang berbeda seperti mencoba hal baru. 

Maksud dari sesuatu yang berbeda di sini misalnya adalah dengan melakoni hobi. Mungkin kamu terlalu sibuk dengan rutinitas sehari-hari sehingga jarang atau bahkan tidak pernah meluangkan waktu untuk melakukan hobi. Seperti menggambar, melukis, berenang, mendaki gunung, dan masih banyak lagi. Dengan begitu pikiranmu akan lebih fresh karena dialihkan untuk sesuatu yang produktif daripada hanya diam memikirkan masalah secara berulang dan berlebihan. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Menuangkan Pikiran dalam Tulisan

Ketika sedang menghadapi masalah hingga membuat kamu kepikiran, ada baiknya tuangkan pikiran tersebut dalam bentuk tulisan. Tuliskan apa saja yang menjadi fokus pikiranmu sehingga akan lebih mudah untuk mencari penyelesaiannya. 

Hanya memikirkannya di kepala justru dapat memicu kamu untuk memikirkan hal lainnya yang tidak berhubungan. Seperti malah mengaitkan masalah sekarang dengan masa lalu. Dengan dituliskan, pikiran kamu akan lebih mudah untuk fokus pada penyelesaian daripada masalah lainnya. 

  1. Menetapkan Batas Waktu dalam Mengambil Keputusan 

Seringkali overthinking terjadi saat kamu sedang mengambil keputusan. Membuat keputusan tidak semudah yang dibayangkan, terlebih untuk masalah yang menyangkut masa depan. Di saat merenungkannya, kamu akan terdorong untuk memikirkan sesuatu secara berlebihan, yang berakhir membuatmu lama dalam mengambil keputusan. 

Membuat keputusan pun ada baiknya tidak terburu-buru. Kamu perlu mempertimbangkan banyak hal juga. Oleh karena itu, buatlah batas waktu dalam mengambil keputusan supaya membantu kamu dalam menentukan pilihan keputusan mana yang akan diambil. 

  1. Jangan Tenggelam dalam Penyesalan

Bisa jadi overthinking dipicu oleh penyesalan di masa lalu. Di saat kamu melakukan sesuatu namun hasilnya tidak sesuai harapan, maka akan datang sebuah penyesalan. Terlalu larut dalam penyesalan dapat berujung pada kebiasaan berpikir yang berlebih. Ini bukanlah kebiasaan yang baik sehingga kamu perlu belajar untuk move on dari masa lalu. 

Pada praktiknya, move on dari masa lalu memang tidak mudah. Meski begitu jika kamu terus berusaha untuk memaafkan masa lalu, atau menggunakan kegagalan di masa lalu sebagai motivasi untuk maju, maka tidak mustahil untukmu move on. Dengan begini, kamu pun akan terhindar dari overthinking yang hanya membuat kamu tidak produktif. 

Demikian penjelasan mengenai cara untuk menghindari overthinking. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu untuk mengatasi kebiasaan overthinking yang tidak baik ya!

Penulis: Raka 14 Sep 2022 35