Ini 4 Makanan Tinggi Kalori yang Bisa Bikin Sehat

Ini 4 Makanan Tinggi Kalori yang Bisa Bikin Sehat

Umumnya, bila seseorang ingin berat badannya turun, maka Ia harus mengkonsumsi makanan yang rendah kalori. Tapi ternyata, anggapan seperti itu bisa diasumsikan salah loh! Kenapa demikian? Karena tubuh manusia membutuhkan kalori yang cukup agar bisa melakukan aktivitas. Dan hal itu terkadang bisa dipenuhi dari makanan tinggi kalori. Lalu apa sajakah jenis makanan berkalori tinggi yang disarankan?

Inilah Jenis Jenis Makanan yang Tinggi Kalori

Berikut ini merupakan beberapa makanan sehat berkalori tinggi yang banyak disarankan oleh ahli kesehatan. Let’s jump to the list!

1. Minyak Zaitun

Makanan tinggi kalori yang pertama adalah minyak zaitun. Minyak ini mengandung banyak sekali nutrisi seperti omega 3, omega 6, vitamin E, dan vitamin K. Yang mana kandungan tersebut dipercaya dapat menurunkan resiko hadirnya penyakit jantung. Minyak zaitun sendiri bisa dikonsumsi secara langsung, dicampurkan ke bahan makanan lain, atau bisa juga digunakan untuk menggoreng makanan. Walaupun kandungannya amat banyak, tapi jangan sampai mengkonsumsi terlalu banyak gorengan ya!

2. Cokelat

Cokelat yang dimaksud dalam konteks ini adalah coklat yang benar-benar cokelat. Apa itu? Konteks tersebut merujuk pada Dark Chocolate yang memiliki kandungan coklat di atas 85% dari total komposisi coklat tersebut. Coklat dengan kandungan coklat yang tinggi memiliki kandungan gula yang lebih rendah. Sehingga manfaat dari coklat nya akan lebih banyak bila dibandingkan dengan kerugian yang mungkin akan diperoleh dari kandungan gulanya. Meski memiliki rasa yang cenderung pahit, cokelat bisa meningkatkan mood dan menyuplai nutrisi yang bermanfaat seperti kalsium dan zat besi.

3. Susu

Susu merupakan makanan tinggi kalori yang berperan penting dalam menjaga kesehatan seseorang karena memiliki beragam nutrisi di dalamnya. Sebut saja kalsium, protein, kalium, dan vitamin D. Nutrisi yang serupa bisa juga diperoleh dari olahan lain, selain susu murni, seperti yogurt, keju, atau yang lainnya.

4. Biji Chia

Beberapa orang mungkin masih asing dengan makanan satu ini. Makanan yang kerap tersaji bersama dengan buah, mayonnaise, dan biji-bijian dalam semangkok smoothie. Biji chia atau yang kerap disebut sebagai chia seeds ini mengandung banyak sekali nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti protein nabati, serat, omega 3, dan kalsium. Tidak mengherankan jika kemudian chia seed menjadi salah satu topping favorit yang banyak diburu untuk olahan makanan sehat seperti halnya smoothie bowl.

Manfaat Makanan Tinggi Kalori

Makanan berkalori tinggi memiliki manfaat yang cukup penting bagi tubuh karena kalori merupakan sumber energi utama. Kalori ini nantinya akan diubah menjadi energi yang kemudian bisa digunakan sebagai tenaga. Nah, energi dari kalori inilah yang kemudian membantu Kita untuk beraktivitas.

Disamping memiliki peran sebagai sumber energi utama, kalori juga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Pada saat tubuh kekurangan kalori, kekebalan tubuh akan melemah. Akibatnya, bakteri dan virus akan mudah untuk menyerang tubuh. Selain itu, makanan sehat tinggi kalori bisa membantu Kita untuk menurunkan berat badan. Namun dengan catatan, makanan yang memiliki kalori tinggi merupakan makanan yang sehat.

Itulah beberapa makanan tinggi kalori yang bisa membuat tubuh menjadi sehat dari kandungannya. Semua makanan tersebut sangat dianjurkan untuk dikonsumsi agar kebutuhan kalori dalam tubuh bisa tercukupi dengan baik. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi berbagai asupan makanan ini ya! 

Penulis: Raka 28 Oct 2020 61