Waspadai 4 Penyakit Ini Jika Kamu Malas Berolahraga

Waspadai 4 Penyakit Ini Jika Kamu Malas Berolahraga

Waspadai 4 Penyakit Ini Jika Kamu Malas Berolahraga

Halo Sobat We+, seperti yang kita tahu olahraga adalah sesuatu yang sangat penting karena dengan berolahraga kita bisa menjaga tubuh tetap sehat. Sayangnya banyak yang menganggap bahwa olahraga sangat melelahkan, sehingga banyak yang malas untuk melakukannya. Padahal malas berolahraga justru dapat berujung pada munculnya berbagai macam penyakit berbahaya. Inilah beberapa penyakit yang bisa timbul jika kamu malas berolahraga.

4 Penyakit yang Timbul Karena Malas Berolahraga

  1. Penyakit Jantung

Olahraga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Jika kamu malas berolahraga, maka kamu akan rentan mengalami berbagai macam penyakit jantung. Terlebih apabila kamu juga banyak duduk di depan layar komputer, hal itu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Jantung itu sendiri berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan banyak bergerak dan berolahraga, fungsi jantung akan tetap normal. Sebaliknya, jika kamu malas berolahraga dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk, maka jantung akan mudah lemah sehingga meningkatkan risiko terkena serangan jantung. 

Malas berolahraga yang dibarengi dengan pola hidup tidak sehat, juga dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner. Di mana aliran darah terjepit akibat timbunan lemak di pembuluh darah. Oleh karenanya untuk mencegah munculnya penyakit jantung, kamu harus mulai membiasakan diri berolahraga setidaknya 10-30 menit per hari supaya kesehatan jantung terpelihara dengan baik. 

  1. Mudah Terkena Diabetes

Selain meningkatkan risiko penyakit jantung, malas berolahraga juga dapat menyebabkan kamu mudah terkena diabetes. Kurangnya aktivitas fisik akibat malas berolahraga dapat meningkatkan risiko kamu terkena diabetes tipe 2. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Aktivitas fisik seperti berolahraga sebenarnya memiliki manfaat untuk membantu mengontrol glukosa dalam darah, tekanan darah, berat badan hingga menurunkan kolesterol jahat. Dalam kata lain, olahraga dapat membantu kamu menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil. 

Diabetes itu sendiri memiliki gejala yang tidak kelihatan di awal, melainkan baru terlihat setelah terjadi komplikasi. Komplikasi diabetes akan menyebabkan penyakit jantung hingga kerusakan saraf. Kalau kamu tidak ingin hal seperti ini terjadi, maka buang jauh-jauh rasa malas dan mulailah berolahraga dibarengi dengan pola hidup sehat. 

  1. Memicu Obesitas

Kalori dan lemak dalam tubuh perlu dibakar dengan cara berolahraga. Jika kamu malas melakukannya, maka kalori atau lemak akan menumpuk sehingga berat badan menjadi tidak terkontrol dan berisiko mengalami obesitas. Obesitas bukanlah sesuatu yang baik karena di kondisi ini kamu dapat terserang berbagai penyakit berbahaya. 

Ketika berolahraga sebenarnya kita sedang membakar kalori dan lemak yang berlebih pada tubuh melalui keringat. Kalori yang tidak dibakar menjadi sumber tenaga dapat tertimbun dan akhirnya menyebabkan kenaikan berat badan. Di saat seseorang mengalami obesitas, maka besar kemungkinan orang tersebut terserang berbagai penyakit berbahaya, seperti kardiovaskular, diabetes, hipertensi, dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin menjaga berat badan tetap ideal, tentunya kamu harus rajin berolahraga secara rutin minimal 150 menit per minggu. 

  1. Kanker

Risiko terkena kanker juga akan meningkat kalau kamu malas berolahraga. Kurang gerak, duduk terlalu lama, dan jarang berolahraga dapat memicu peningkatan risiko penyakit kanker seperti kanker ginjal, kandung kemih, rahim, payudara, usus besar, otak, paru-paru, perut hingga kanker sumsum tulang belakang. 

Kanker juga rentan dialami oleh orang-orang yang memiliki badan berlebih atau disebut obesitas. Karena itu sangatlah penting bagi kamu untuk rutin berolahraga dan kurangi intensitas duduk terlalu lama di depan komputer.

Demikian penjelasan mengenai 4 penyakit yang timbul akibat malas berolahraga. Rajin berolahraga juga dapat membuat tulang kamu tetap sehat sehingga terhindar dari osteoporosis. Semoga bermanfaat!

Penulis: Raka 18 May 2021 134