6 Cara Mengatasi Susah Tidur Siang yang Mudah dan Efektif

6 Cara Mengatasi Susah Tidur Siang yang Mudah dan Efektif

Kebanyakan orang mungkin menganggap jika tidur siang hanya akan membuat susah tidur di malam harinya. Tapi sobat WE+ perlu tahu bahwa tidur siang sebenarnya baik untuk kesehatan. Tidur siang juga bisa membantu menyegarkan pikiran sehingga kamu bisa kembali melanjutkan aktivitas dengan lebih bugar.

Para peneliti telah menemukan bahwa tidur siang memiliki manfaat untuk meningkatkan kinerja kognitif dan memori jangka pendek seseorang. Selain itu juga dapat meningkatkan kinerja atletik pada tubuh. Tidur siang juga membantu mengurangi rasa kelelahan akibat aktivitas yang padat atau kurang tidur pada malam harinya. 

Tips Cara Mengatasi Susah Tidur Siang

Mengingat betapa baiknya efek tidur siang untuk tubuh, maka sobat WE+ akan sangat dianjurkan untuk menyempatkan diri tidur di siang hari. Inilah beberapa tips yang bisa dilakukan jika sulit untuk tertidur di siang hari: 

  1. Hindari Kebisingan

Agar bisa tidur dengan lebih mudah di siang hari, kamu harus menghindari suasana bising. Berbeda dengan kondisi di malam hari yang lebih tenang, siang hari menjadi waktu orang-orang menjalankan aktivitas. Tentunya suara-suara dari luar cukup mengganggu. Untuk mengatasinya kamu bisa memasang peredam di kamar tidur. Agar suara dari luar tidak masuk ke dalam kamarmu. 

  1. Mengurangi Pencahayaan

Cara selanjutnya untuk mengatasi susah tidur siang adalah dengan mengurangi pencahayaan yang terlalu terang di dalam kamar. Cahaya matahari yang masuk ke dalam kamar membuat kamu susah tidur. Nah, agar kamu bisa tidur lebih mudah, kurangi pencahayaan yang ada di dalam kamarmu. 

Caranya adalah dengan mematikan lampu dan menutup tirai jendela kamar. Tapi jika kamu masih merasa terganggu dengan pencahayaan yang masuk melalui sela-sela tirai jendela. Kamu bisa menggunakan masker mata atau penutup mata. Agar bisa tidur dengan nyenyak.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Sebagian orang tidak bisa tidur ketika masih menggunakan pakaian kesehariannya. Untuk bisa tidur dengan nyenyak mereka biasanya mengganti pakaiannya dengan baju yang biasanya digunakan ketika tidur. Namun jika kamu termasuk orang yang sebaliknya, kamu bisa langsung tidur dengan melepaskan sepatu dan kaos kaki terlebih dulu. Yang paling penting gunakan pakaian yang terasa nyaman. 

  1. Atur Suhu Ruangan

Udara di siang hari pastinya terasa sangat panas, terutama di kota-kota besar. Hal tersebut tentunya membuat kamu merasa tidak nyaman dan membuat kamu sulit terlelap. Untuk mengatasinya kamu bisa menyalakan AC atau kipas angin. 

Jika sebelumnya kamu telah menjalankan aktivitas di luar ruangan dan membuat badan terasa lengket dan berkeringat. Sebaiknya mandilah terlebih dulu, karena kamu akan sulit tertidur ketika kondisi badan berkeringat dan terasa lengket.

  1. Tata Tempat Tidur Senyaman Mungkin

Tips terakhir agar kamu mudah tidak siang ialah menata tempat tidur agar terasa nyaman. Tempat tidur yang berantakan juga berpengaruh ketika kamu mengalami susah tidur. Menata kamar dengan rapi dan bersih membuat suasana kamar menjadi lebih nyaman.

  1. Hindari Mengkonsumsi Kafein

Kandungan kafein membuat seseorang sulit terjaga. Untuk itu kamu harus memperhatikan waktu yang tepat ketika ingin mengkonsumsi minuman atau makan yang mengandung kafein. Agar tidak menghambat waktu tidur siangmu. 

Supaya tidur siang yang kamu lakukan bisa menjadi lebih efektif. Upayakan tidur dalam durasi tidak lebih dari 30 menit dan jangan melakukan tidur siang pada waktu yang terlalu sore. Tidur siang sebaiknya dilakukan saat tengah hari. 

Perlu kamu tahu bahwa menjadikan tidur siang sebagai rutinitas dapat membantu seseorang memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Semoga tips cara mengatasi susah tidur siang di atas dapat membantu ya Sobat WE+.

Penulis: Raka 06 Aug 2021 67