Cerita Di Balik Seorang Pecinta Olahraga Ekstrem

Cerita Di Balik Seorang Pecinta Olahraga Ekstrem

Di Balik Pecinta Olahraga Ekstrem, Olahraga ekstrem adalah olahraga yang beresiko tinggi pada orang-orang yang melakukannya. Tidak hanya cedera, tetapi jiwa bisa jadi taruhan saat melakukan olahraga ekstrem. Sementara kita menganggap bahwa menghindari kondisi yang berbahaya itu adalah pikiran yang rasional, ada sebagian orang yang justru berani menantang bahaya.

Walaupun terasa tidak masuk akal, ternyata ada beberapa alasan psikologis yang mendasari kenapa orang menyukai olahraga ekstrem.

1. Need of Achievement yang Tinggi

Pecinta olahraga ekstrem biasanya memiliki ambisi yang lebih tinggi dalam mencapai impiannya. Mereka terdorong oleh kebutuhan tinggi untuk berprestasi dan menunjukkan prestasi itu. Yang uniknya, pecinta olahraga ekstrem ini justru tidak punya tujuan untuk memamerkan kebolehannya kepada orang banyak, tetapi lebih mencari kepuasan untuk diri sendiri. 

2. Kadar Hormon Dopamin dan Serotonin yang Rendah

Bukan rahasia lagi kalau emosi kita banyak dipengaruhi oleh hormon-hormon dalam tubuh, di antaranya adalah hormon dopamin dan serotonin. Hormon dopamin mempengaruhi rasa menyenangkan dari jatuh cinta, gembira, motivasi, dan rasa percaya diri. Sementara, hormon serotonin mempengaruhi suasana hati, gairah seksual, tidur, dan perilaku sosial. Kalau kita kekurangan hormon serotonin ini, kita bisa merasakan depresi, lelah, dan cemas.
Menurut penelitian Monasterio, pecinta olahraga ekstrem ini mempunyai kadar hormon dopamin dan serotonin yang rendah. Karena kondisi itu, mereka menyeimbangkannya dengan olahraga ekstrem yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi mereka.

3. Kebutuhan untuk Menambah Ketegangan

Mungkin alasan ini terdengar aneh buat kita, karena biasanya manusia justru hidup dengan cara mengurangi ketegangan yang mereka alami. Namun, pada teori psikologi, justru manusia mempunyai tujuan untuk menambah ketegangan dalam hidupnya, karena tegangan ini berfungsi sebagai motivasi untuk melanjutkan hidup. Bayangkan bila kita sudah tidak lagi punya konflik dalam hidup kita dan menjalani hidup dengan situasi yang datar. Kita bisa malah kehilangan tujuan untuk hidup.

Melakukan olahraga ekstrem memang berbahaya, tapi bukannya tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan berbekal latihan dan perencanaan yang matang, kita selalu bisa meminimalisir resiko dari olahraga berbahaya ini. 
Ditambah lagi, dengan adanya asuransi untuk olahraga ekstrem dari WE+, keamanan kita akan lebih terjamin. Rasa aman itu akan membuat kita lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas yang ekstrem dan kondisi psikologis ini sangat penting saat menghadapi bahaya dari olahraga ekstrem. 

Dengan WE+ kamu bisa merasakan mudahnya memiliki asuransi hanya dengan menggunakan smartphone. aplikasi WE+ yang merupakan Smart Insurance Marketplace bisa kamu dapatkan di Google Playstore. Tunggu apa lagi? Download sekarang yuk!

Penulis: Raka 11 Sep 2020 71