Hal yang Sering Orang Takutkan dari Asuransi

Hal yang Sering Orang Takutkan dari Asuransi

Asuransi masih menjadi momok yang menakutkan bagi seorang nasabah. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai alasan yang menyebabkan orang-orang ragu untuk mengikuti program ini. Sebenarnya apa sih yang dikhawatirkan dari program asuransi? Yuk simak ulasan berikut.

Hal yang Ditakutkan dari Asuransi

  1. Khawatir jika Asuransi adalah Keputusan yang Salah

Banyak orang yang masih merasa khawatir untuk mengambil keputusan sebagai nasabah asuransi. Hal ini bisa saja dipengaruhi oleh minimnya informasi mengenai keberjalanan asuransi dan juga karena nasabah memiliki kemungkinan untuk tidak percaya terhadap perusahaan yang akan di klaim asuransi. 

Untuk menanggulangi hal tersebut, maka dianjurkan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan asuransi yang akan di klaim. Adapun informasi tersebut dapat diakses melalui website ataupun sosial media lainnya.

  1. Premi Asuransi Jiwa Mahal

Asuransi jiwa akan dikatakan mahal ketika kita mengikuti programnya di usia yang tidak produktif lagi. Tagihan per bulan yang sering membuat kantong jebol ini dijadikan alasan banyak orang untuk tidak mengikuti program asuransi. Padahal mindset tersebut tidak sepenuhnya benar. 

Dengan adanya asuransi jiwa, maka kehidupan Anda akan lebih tertanggung dan resiko terhadap kerugian juga mampu diminimalisir. Justru asuransi jiwa bisa digunakan sebagai langkah awal untuk melakukan penghematan dan memangkas biaya pengeluaran terhadap kerugian yang terjadi.

  1. Keraguan Tidak Bisa Melunasi Tagihan

Tagihan yang diberikan oleh perusahaan asuransi biasanya ditekankan setiap satu bulan. Hal ini juga menjadi faktor keraguan bagi calon nasabah. Sebaiknya, sebelum mengikuti program asuransi, Anda melakukan perencanaan manajemen keuangan terlebih dahulu. Tetapkan skala prioritas untuk menghindari pembengkakan pengeluaran terhadap sesuatu yang kurang berguna atau bermanfaat. Yang perlu diingat bahwa asuransi ini membawa banyak manfaat dan juga penting untuk menjaga keselamatan finansial calon nasabah.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Masa Pengajuan yang Tidak Tepat

Kebanyakan orang akan mendaftar program asuransi ketika telah memasuki usia tua. Sebenarnya hal ini adalah keputusan yang kurang tepat. Dalam usia yang sudah tidak produktif, tagihan asuransi per bulan akan tergolong mahal. 

Berbeda ketika Anda mendaftarkan asuransi di usia muda, maka akan mendapatkan tagihan yang lebih kecil karena potensi kecelakaan juga lebih minim. Oleh karena itu dianjurkan untuk mendaftarkan program asuransi sedini mungkin.

  1. Lebih Memilih untuk Berinvestasi

Kebanyakan orang akan memilih untuk mempergunakan uangnya sebagai investasi daripada asuransi. Hal ini sebenarnya adalah mindset  yang wajar karena sejatinya orang tidak menginginkan terjadinya kecelakaan. Namun akan lebih baik jika kita memanajemen kehidupan dengan rapi. 

Mendaftar program asuransi adalah salah satu bentuk prepare terhadap kemungkinan buruk yang mungkin terjadi. Karena tidak ada yang akan tau masa depan, maka dianjurkan untuk selalu mempersiapkan segala pemecahan solusi terhadap permasalahan yang akan terjadi.

  1. Memiliki Literasi Keuangan Rendah

Pada masyarakat kita, masih sedikit yang melek terhadap literasi finansial. Banyak orang yang masih belum sadar terhadap pentingnya asuransi. Selain itu, masih banyak orang yang tidak merencanakan keuangan secara matang sehingga untuk mendaftarkan diri sebagai nasabah asuransi, mereka masih merasa keberatan.

  1. Citra Negatif dari Perusahaan Asuransi 

Citra negatif perusahaan asuransi juga akan memunculkan stigma negatif pada masyarakat. Dengan adanya kasus asuransi seperti tidak mampu memenuhi hak nasabah dengan optimal, adanya penipuan agen, atau perusahaan yang tiba-tiba gulung tikar tanpa adanya keberlanjutan terhadap nasib nasabah, akan menyebabkan masyarakat enggan untuk mengikuti program asuransi.

Itulah tadi beberapa alasan yang sering dilontarkan nasabah untuk tidak mengikuti program asuransi. Mungkin hal ini bisa dijadikan evaluasi terhadap masing-masing pihak entah itu dari pihak penanggung atau pihak tertanggung. Agar tidak salah pilih asuransi, kamu bisa mengunjungi http://www.weplus.id untuk mendapatkan produk asuransi terbaik untuk kebutuhan kamu. Yuk, kunjungi WePlus sekarang juga! 

Penulis: Raka 08 Dec 2021 89

Penulis: Raka
13 Jul 2020
1369
Penulis: Raka
11 Sep 2020
580