Ini 5 Tips Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor Terbaik

Ini 5 Tips Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor Terbaik

Kendaraan yang kita miliki, memang punya nilai yang tak sedikit, selain itu beberapa diantaranya bahkan menjadi aset, koleksi, bahkan penunjang aktivitas sehari-hari. Beberapa poin tersebut, biasanya dijadikan alasan untuk kita memilih produk asuransi kendaraan bermotor agar kendaraan lebih terjamin atau terjaga keamanannya. 

Asuransi kendaraan merupakan salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan oleh setiap pemilik kendaraan. Selain untuk menghindarkan kendaraan kita dari kondisi yang tidak diinginkan, juga bisa dilakukan sebagai antisipasi agar kedepannya, kamu sebagai pemilik kendaraan tersebut tidak mengalami kerugian secara finansial.

Sebelum menentukan tipe dan penyedia layanan asuransi tersebut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa tips yang akan diuraikan pada kesempatan kali ini. supaya kamu nggak salah pilih. Karena langkah yang dipilih akan berpengaruh pada perawatan kendaraan kita di kemudian hari.

5 Tips Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor

Berikut beberapa langkah yang bisa membantu kamu saat akan menentukan asuransi mana yang akan digunakan untuk kendaraan bermotor yang dimiliki, diantaranya:

1. Menyesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum mengenal asuransi mana yang akan dipilih, tentu kita sebagai pemilik harus paham mengenai kondisi kendaraannya terlebih dahulu, seperti mesin, usia mobil/motor, body, lingkungan dan lain sebagainya. Karena hal tersebut bisa menjadi pertimbangan.

Ada dua tipe asuransi yang bisa dipilih, yaitu:

  1. Asuransi All Risk atau Comprehensive, yang menjamin hampir keseluruhan keadaan kendaraan
  2. Asuransi Total Loss Only (TLO), yang menjamin kerusakan atau keadaan senilai sama dengan juga lebih dari 75% kendaraan tersebut saja.

2. Menyesuaikan dengan Kemampuan

Selain kebutuhan, kita juga bisa memilih produk asuransi kendaraan bermotor yang disesuaikan dengan kemampuan atau budget yang dimiliki.untuk itu, riset terhadap premi yang akan dikeluarkan menjadi hal yang sangat penting. Jangan sampai memilih premi yang terlalu tinggi dan diluar kemampuan kita ya.

3. Cari Tahu Keuntungan Produk

Setelah mengetahui tipe asuransi kendaraan bermotor mana yang akan dipilih, langkah berikutnya adalah mencari tahu keuntungan apa saja yang bisa kita dapatkan dengan memilih asuransi tersebut. Setiap penyedia layanan bisa menawarkan fitur, fasilitas, atau keunggulan yang berbeda satu sama lain. Pahamilah apa saja yang menjadi kelebihan dari produk yang ditawarkan sebelum kita menjatuhkan pilihan.

4. Bandingkan Asuransi Kendaraan dari Beberapa Perusahaan 

Setelah kamu mencari tahu dan mempelajari beberapa keunggulan yang ditawarkan dari berbagai penyedia layanan asuransi kendaraan bermotor, selanjutnya bandingkanlah. langsung memilih ketika hanya mengetahui satu produk saja bukanlah cara yang disarankan. Mengapa? Bukankah kita ingin memilih asuransi terbaik? Tentu saja kita harus memiliki beberapa pertimbangan.

Dengan kemajuan teknologi dan era digital ini, proses perbandingan tidak terlalu sulit dijalankan. Cukup melalui internet, kita sudah bisa mendapat informasi yang dibutuhkan dan kemudian menentukan pilihan yang tepat dari hasil perbandingan tersebut.

5. Pertimbangkan Saran Dealer

Ketika kamu membeli kendaraan di dealer, biasanya pihak tersebut akan memberikan rekomendasi asuransi tepat yang bisa dipilih untuk proteksi kendaraan bermotor tersebut. Maka, tidak ada salahnya bagi kita untuk mendengarkan, menganalisis dan mempertimbangkan rekomendasi tersebut.

Memang saran tersebut tidak harus 100% kamu ikuti, tapi setidaknya, akan memberi informasi dan membuka wawasan kita terhadap tipe asuransi dan benefit apa saja yang akan didapatkan nanti.

Setelah membaca poin-poin dan ulasan dari cara menentukan asuransi kendaraan bermotor yang tepat di atas, diharapkan dapat menambah pengetahuan kamu. Selain itu, diharapkan dengan informasi ini kamu bisa lebih mengetahui betapa pentingnya asuransi untuk kendaraan kita ya. 

Penulis: Raka 19 Oct 2020 86