Catat! Hindari Hal Ini Agar Kamu Tidak Rugi Saat Berinvestasi

Catat! Hindari Hal Ini Agar Kamu Tidak Rugi Saat Berinvestasi

Investasi memang bagus untuk jaminan masa depan dan untuk meningkatkan pendapatan. Namun pahami terlebih dahulu seluk beluknya serta hindari hal ini agar kamu tidak rugi saat berinvestasi. Tak salah memang jika kamu memutuskan untuk mulai berinvestasi sejak dini. Apalagi jika sobat WE+ punya uang lebih. Nah, agar lepas dari risiko yang merugikan saat investasi, cobalah untuk memahami beberapa hal berikut. 

Hindari Hal Ini Agar Kamu Tidak Rugi Saat Berinvestasi

Saat ini banyak sekali aplikasi investasi yang bisa kamu download melalui ponsel. Aplikasi memudahkan orang terutama pemula untuk memilih instrumen investasi. Namun karena belum paham biasanya para pemula ini terlalu bersemangat sehingga mengabaikan beberapa hal yang harus mereka pahami sebelumnya.

Kalau kamu juga seperti itu, jangan heran bila suatu saat investasi mengalami kerugian. Alhasil bukan mendatangkan untung malah menghasilkan buntung. Supaya hal itu tidak terjadi, sebaiknya hindari hal – hal berikut sejak awal. 

 

  • Tidak Melakukan Analisa Dengan Benar

 

Instrumen investasi yang beragam memang memudahkan untuk memilih. Namun pahamilah bahwa belum tentu jenis investasi yang kamu pilih tersebut cocok untukmu. Karena itu coba lakukan perhitungan dengan benar sebelum memutuskan menanam uangmu pada instrumen tersebut.

Selain itu, lakukanlah analisis dengan benar berapa kiranya keuntungan yang akan kamu peroleh jika menanam modal pada sektor investasi tersebut. Jangan lalai, perhatikan juga apa risiko yang akan muncul dari instrumen investasi itu.

 

  • Hanya Fokus Pada Jangka Pendek

 

Poin kedua ini juga harus kamu perhatikan. Ya, hindari hal ini agar kamu tidak rugi saat berinvestasi. Sebaiknya pilihlah investasi jangan panjang. Memang akan memakan waktu lama tapi umumnya ini lebih menguntungkan dan aman. Kamu hanya perlu bersabar dan menunggu.

Ikuti saja kata pepatah, berakit rakit ke hulu, berenang renang ke tepian. Bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian. Karenanya, mantapkan dirimu dengan memilih investasi jangka panjang yang nantinya lebih menguntungkan di masa depan.

 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  • Melakukan Investasi Hanya Karena Tren

 

Meskipun tren investasi baru bermunculan setiap hari, bukan berarti kamu harus mengikutinya. Malah lebih baik jika menghindarinya. Jangan pernah takut bila kamu ketinggalan dan tak mengikuti apa investasi yang sedang jadi pembicaraan. 

Tetaplah fokus pada portofolio yang sudah kamu miliki, pantau dan perhatikan baik-baik setiap perkembangannya. Hal ini lebih berguna daripada mengikuti tren yang ujung-ujungnya bakal bikin kamu rugi.

 

  • Mengambil Keputusan Terlalu Cepat

 

Kesalahan umum yang sering terjadi pada investor terutama pemula adalah terlalu cepat mengambil keputusan. Padahal banyak hal yang butuh pertimbangan sebelum mengambil keputusan. Hanya dengan modal semangat tinggi bisa saja menggagalkan kesempatanmu mendapatkan keuntungan. 

Karena itu, hindari hal ini agar kamu tidak rugi saat berinvestasi. Akan lebih baik jika kamu mau belajar atau bertanya terlebih dahulu pada orang yang lebih paham mengenai investasi.

 

  • Berinvestasi Tanpa Tujuan Yang Jelas

 

Bila belum paham apa tujuanmu melakukan investasi sebaiknya jangan mencobanya. Karena investasi memerlukan tujuan yang jelas. Kamu harus menentukan apa targetmu dalam berinvestasi. Misalnya ingin mengumpulkan uang untuk biaya pendidikan atau ingin segera pensiun di usia 50 tahun.

Target atau tujuan seperti inilah yang harus kamu jadikan dasar dalam melakukan investasi. Supaya kamu tidak terlihat hanya sekedar ikut – ikutan lalu mendapatkan kerugian yang tidak jelas.

Itulah beberapa hal yang wajib kamu perhatikan sebelum berinvestasi. Penting untuk hindari hal ini agar kamu tidak rugi saat berinvestasi. Dengan begitu, kegiatan investasi yang kamu lakukan bisa memperoleh keuntungan dengan optimal. 

Penulis: Raka 30 Jan 2022 399