Buka Rekening Saham Susah? Coba Cara Ini!

Buka Rekening Saham Susah? Coba Cara Ini!

Rekening saham merupakan salah satu persyaratan yang harus dimiliki oleh Sobat We+ ketika hendak memulai investasi saham. Banyak orang yang masih merasa ragu untuk berinvestasi karena tidak mau rumit dalam mengurus administrasi. Namun jangan khawatir Sobat We+, sebenarnya dokumen untuk membuka rekening saham tidak sesulit yang kalian bayangkan. Simak ulasan berikut sebagai langkah awal bagi Sobat We+ dalam berinvestasi saham.

Persyaratan Membuka Rekening Saham

  1. ID Card

ID Card menjadi persyaratan utama bagi Sobat We+ apabila ingin membuka rekening saham. ID Card ini berfungsi sebagai bukti identitas diri. Bagi Warga Negara Indonesia, ID Card yang harus dicantumkan yakni harus berupa KTP. Namun jika yang mendaftar adalah Warga Negara Asing, maka ID Card yang dipakai berupa KTP dan juga melampirkan KITAS/Passport.

  1. NPWP

NPWP atau biasa disebut Nomor Pokok Wajib Pajak juga menjadi persyaratan wajib untuk membuka rekening saham. Lalu bagaimana jika Sobat We+ belum memiliki NPWP? Caranya gampang, Sobat We+ bisa meminta surat pernyataan tidak memiliki NPWP pada sekuritas terkait. Namun jika Sobat We+ memutuskan untuk membuat NPWP maka bisa mengajukan pendaftaran secara offline atau online pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

  1. Cover Buku Tabungan

Cover Buku Tabungan digunakan untuk mempermudah sekuritas dalam pengecekan rekening. Nomor rekening tersebut nantinya akan diperlukan ketika Sobat We+ ingin mengajukan penarikan dana. Selanjutnya Sobat We+ juga dapat mengintegrasi rekening bank ke dalam RDI yakni dengan berkonsultasi pada broker.

  1. Nomor Identitas Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI)

KSEI merupakan persyaratan yang diperlukan apabila Sobat We+ ingin membuka rekening kedua pada saham. Jadi jika sobat We+ baru ingin membuka rekening saham pertama, KSEI tidaklah diperlukan.

  1. Fotocopy KTP Suami, NPWP Suami, dan Kartu 

Persyaratan ini hanya berlaku bagi seorang ibu rumah tangga.

  1. Materai 6000

Sobat We+ bisa menyediakan persyaratan ini sebelum membuka rekening saham. Adapun materai yang disiapkan bisa sekitar 2-8 materai.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Langkah-Langkah Membuka Rekening Saham

  1. Memilih Broker dan Membuat Rekening

Memilih broker adalah langkah awal untuk membuka rekening saham. Apabila Sobat We+ telah menemukan broker yang sesuai, maka langkah selanjutnya bisa mengisi formulir yang telah disediakan oleh sekuritas dengan persyaratan yang telah disebutkan pada ulasan di atas.

  1. Mengisi Formulir dan Melampirkan Dokumen Persyaratan

Sobat We+ diharuskan untuk mengisi formulir yang telah disediakan oleh sekuritas dengan data yang benar. Ketika mengisi formulir pembukaan account, data yang dilampirkan harus valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Setelah data sudah terisi semua, maka Sobat We+ dapat melengkapi dokumen persyaratan sesuai dengan ketentuan sekuritas.

  1. Membuka RDI

Pembukaan rekening saham terdiri dari 2 jenis yakni Rekening Saham dan Rekening Dana Investor (RDI). Rekening Saham digunakan untuk membuka rekening pada perusahaan sekuritas dimana berfungsi sebagai tempat penyimpanan saham yang dimiliki oleh Sobat We+. Sementara untuk Rekening Dana Investor (RDI) adalah rekening dana yang ditempatkan terpisah dengan rekening pada perusahaan efek. RDI berfungsi untuk penyimpanan dana secara terpisah, yakni antara dana yang dibelikan atau tidak dibelikan saham. 

  1. Menunggu Proses Pembukaan Rekening

Proses pembukaan rekening biasanya memakan waktu selama kurang lebih 7 hari. Durasi waktu untuk konfirmasi akun tergantung pada jenis RDI yang dipilih Sobat We+.

  1. Menyetorkan Deposit Awal

Deposit awal digunakan untuk mengaktifkan rekening saham Sobat We+. Nominal untuk deposit biasanya beragam, tergantung pada sekuritas yang dipilih Sobat We+.

  1. Mulai Melakukan Transaksi

Transaksi saham dapat dilakukan apabila Sobat We+ telah mendapatkan ID, Password dan juga PIN.

Itulah tadi tata cara membuka rekening saham dengan proses yang mudah. Yuk segera daftarkan rekening saham Sobat We+ dan melakukan transaksi.

Penulis: Raka 06 Dec 2021 301