Apa Itu Tabungan Pensiun? Mengapa Penting Memilikinya

Apa Itu Tabungan Pensiun? Mengapa Penting Memilikinya

Waktu berjalan begitu cepat sehingga seringkali tanpa disadari umur sudah semakin tua. Lalu apakah Sobat We+ sudah memikirkan apa yang akan dilakukan nanti saat usia sudah tidak produktif dan tidak berpenghasilan lagi? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memiliki tabungan pensiun. 

Tabungan pensiun ini adalah suatu jenis tabungan yang tujuan dan penggunaannya adalah untuk mempersiapkan kebebasan finansial di masa tua. Dengan memiliki tabungan ini, masa tua sobat WE+ bisa lebih terjamin dan lega. Inilah alasan penting mengapa sobat WE+ harus memiliki tabungan ini: 

Manfaat Penting dari Tabungan Pensiun

1. Memberikan Jaminan dan Kepastian Hari Tua

Memasuki masa pensiun biasanya orang sudah berusia di atas 60 tahun sehingga produktivitasnya juga berkurang. Selain produktivitas masalah kesehatan juga sudah mengalami penurunan sehingga lebih mudah sakit. Ketika sakit misalnya tentu saja membutuhkan uang untuk berobat apalagi kalau harus opname.

Bayangkan bagaimana kalau pensiun dan tidak memiliki simpanan sedikitpun tentu akan sangat menyedihkan. Menabung untuk menghadapi masa pensiun juga akan memberikan jaminan menghadapi kebutuhan tidak terduga yang terjadi di masa tua. Kebutuhan harus tetap dipenuhi meskipun kamu sudah pensiun nantinya.

2. Bentuk Investasi yang Cukup Aman

Menabung adalah bentuk investasi yang relatif aman dan bisa dilakukan dengan mudah. Berbeda dengan model investasi lainnya yang seringkali berisiko dan membutuhkan syarat yang ribet. Semua uang yang kamu simpan dalam tabungan hari tua tersebut tidak akan hilang dan selalu bertambah selama rajin mengisinya.

Walaupun nantinya ketika masa tua kamu sudah memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan maka tabungan tersebut bisa menjadi investasi yang bisa diwariskan kepada anak-anak.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Tidak Merepotkan Anak

Banyak orang tua yang memiliki keinginan untuk tidak merepotkan anak ketika masa pensiun nanti. Menggantungkan kehidupan sepenuhnya kepada anak tentunya akan menambah beban mereka terlebih lagi kalau kondisi ekonominya kurang bagus.

Dengan adanya tabungan yang sudah dipersiapkan untuk masa pensiun maka kamu tidak akan menyusahkan anak-anak kelak. Meskipun hidup satu atap dengan mereka namun ada uang sendiri untuk membiayai kebutuhan.

4. Membantu Mewujudkan Impian Hari Tua

Orang tua yang biasa aktif selama masa produktifnya biasanya akan sulit disuruh diam saja di rumah saat pensiun. Mereka biasanya sudah memiliki rencana yang akan dijalani nanti setelah pensiun seperti menjadi pengusaha misalnya.

Nah, tabungan tersebut bisa digunakan sebagai modal usaha yang ingin dijalankan. Secara tidak langsung tabungan untuk masa pensiun tersebut bisa membantumu mewujudkan impian di masa tua nantinya.

5. Bisa Menikmati Waktu Bersama Keluarga

Kalau dilihat masih banyak orang usia lanjut yang terpaksa mencari nafkah demi mencukupi kebutuhan. Kesibukan mencari nafkah tersebut akan membuat orang tua kurang memiliki waktu bersama keluarga tercintanya. Jika Sobat We+ sudah mempersiapkan masa tua dengan sebuah tabungan maka tidak harus bekerja saat lansia. Artinya waktu bersama keluarga yang sudah lama hilang ditinggalkan untuk kerja akan bisa dinikmati. 

6. Mempersiapkan Masa Depan Lebih Cerah

Siapapun orangnya pasti ingin memiliki masa depan yang lebih cerah daripada hari ini. Menabung untuk persiapan di masa pensiun bisa membantumu mewujudkan keinginan tersebut. Dengan tabungan maka ada uang yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan dan kebutuhan tanpa merasa pusing. 

Tabungan pensiun menjadikan masa tua menjadi lebih terjamin dan lebih aman dari segi finansial. Manusia tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi pada dirinya di masa depan dan menabung merupakan bentuk antisipasi bijaksana untuk menghadapi hal tidak terduga. Jadi, jangan lupa untuk mempersiapkan tabungan pensiun untuk hari tua mu ya sobat WE+!

Penulis: Raka 11 Jan 2021 264