Cara Menabung Dengan Metode Kakeibo Ala Orang Jepang

Cara Menabung Dengan Metode Kakeibo Ala Orang Jepang

Menabung dengan metode kakeibo sudah menjadi hal populer di kalangan masyarakat umum di Indonesia. Hal ini disebabkan karena metode yang berasal dari Jepang tersebut dinilai efektif sekaligus efisien dalam mengumpulkan uang. Kendati demikian, masih banyak juga orang yang belum tahu tentang metode ini.Berikut ini penjelasan secara lengkap mengenai metode kakeibo ala orang Jepang dalam menabung. Simak, ya sobat WE+!

Apa yang Dimaksud Dengan Metode Kakeibo?

Secara umum, metode kakeibo diartikan sebagai catatan keuangan rumah tangga. Meski namanya begitu, bukan berarti metode ini hanya bisa digunakan oleh orang yang sudah berumah tangga saja. Semua orang bisa menerapkannya untuk mencapai tujuan keuangan.

Tujuan keuangan merupakan goal dari metode ini. untuk mencapai tujuan ini, seseorang harus mencatat alur keuangan hanya menggunakan kertas dan pena alias manual tanpa menggunakan aplikasi. Hal ini bermanfaat bagi penabung karena ia akan terbiasa mempertimbangkan pengeluaran supaya tujuan akhir tercapai.

Pertanyaan Dasar Kakeibo

Metode kakeibo ditemukan pertama kali pada tahun 1904 oleh Motoko Hani. Pasalnya, seseorang bisa meminimalisir keuangan hingga 25% pada setiap periode. Penerapan metode kakeibo didasarkan oleh empat pertanyaan dasar. Nah, dari pertanyaan dasar inilah yang nantinya akan membantu dalam pencatatan keuangan setiap periode. Simak pertanyaan-pertanyaan tersebut di bawah ini.

  1. Berapa Banyak Uang yang Saya Miliki?

Kamu bisa menggunakan periode bulanan untuk menjawab pertanyaan ini. Tentukan nominal yang biasa kamu dapatkan dalam sebulan. Meskipun penghasilan kamu berubah-ubah, tentukan nominal pasti yang merujuk pada jumlah tidak kelebihan maupun kekurangan. Misalnya, setiap bulan kamu berpenghasilan antara 4.500.000,- hingga 7.000.000, nah kamu bisa menggunakan jumlah 5.000.000 untuk nominal pasti yang kamu catat.

  1. Berapa Banyak yang Ingin Saya Simpan?

Kamu bisa menjawab sesuai jumlah yang kamu inginkan untuk ditabung dalam sebulan. Catat jumlah minimal yang kamu inginkan, sehingga jika kelebihan tabungan tidak menjadi masalah.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

  1. Berapa yang Saya Belanjakan?

Dari pertanyaan ini, kamu harus menentukan pengeluaran dalam sebulan dengan membuat daftar pengeluaran pasti. Daftar pengeluaran pasti setiap bulan meliputi empat dasar berikut ini.

  • Survival. Dasar yang pertama ini merupakan kebutuhan primer yang artinya harus kamu penuhi seperti biaya makan, tagihan wajib, dan lain-lain. 
  • Optional. Dasar kedua ini merupakan kebutuhan sekunder yang tidak wajib kamu laksanakan alias bersifat opsional seperti jalan-jalan, hiburan, dan lain-lain.
  • Culture. Sebagai contoh dari dasar ketiga ini adalah membeli hal-hal untuk membuka wawasan seperti buku, majalah, hingga menonton.
  • Extra. Contoh dari dasar terakhir ini adalah kado, servis, renovasi rumah, dan lain-lain. 
  1. Bagaimana Cara Meningkatkan Jumlah Uang yang Ditabung?

Pertanyaan yang terakhir ini merujuk pada poin nomor tiga. Tinjaulah catatan pada poin tiga kemudian pertimbangkan beberapa hal yang bersifat opsional. Berdasarkan sifat opsional, kamu bisa melihat pada bagian optional, culture, dan extra.

  1. Tahapan Pencatatan

Pada tahapan pencatatan, kamu harus berangkat dari empat pertanyaan dasar wajib metode kakeibo yang telah disebutkan di atas. Setelah itu, tulislah catatan keuangan berdasarkan tahapan di bawah ini sehingga kamu mencapai tujuan akhir menabung.

  1. Membuat Catatan Awal Bulan

Buatlah catatan keuangan dari pemasukan hingga pengeluaran seperti yang telah dijelaskan di atas.

  1. Menentukan Jumlah Untuk Ditabung

Setelah mencatat keuangan di awal bulan, kamu akan tahu sisa uang setiap bulan. Nah, tentukan jumlah yang hendak kamu tabung dari sisa uang setiap bulan tersebut.

  1. Membuat Catatan Pengeluaran Dengan Rinci

Kendati di poin satu sudah diharuskan mencatat pengeluaran juga, pda tahap ini kamu diharuskan untuk mencatat pengeluaran lebih rinci lagi. Dalam hal ini adalah pengeluaran rinci harian. Kemudian bagi uang yang telah kamu catat ke dalam pos-pos yang sudah dibagi.

  1. Mereview dan Analisis Keuangan Setiap Akhir Bulan

Tahapan terakhir ini menentukan keberhasilan kamu pada bulan sebelumnya. Apakah kamu telah berhasil menghemat pengeluaran opsional? Apakah sesuai dengan perencanaan di awal bulan?  Dengan evaluasi berkala, kamu bisa mengetahui titik kamu harus berhemat.

Mengetahui metode Kakeibo ala orang Jepang merupakan opsi bagus untuk kamu yang ingin menabung. Catatan manual dapat merangsang otak supaya lebih bisa mengingat kebutuhan primer maupun sekunder. Sehingga kamu bisa menekan keinginan kamu dan tujuan akhir menabung pun dapat tercapai. 

Penulis: Raka 11 Oct 2021 22