Tanda Kamu Punya Kehidupan Keuangan yang Sehat

Tanda Kamu Punya Kehidupan Keuangan yang Sehat

Sobat WE+, perlu kamu pahami bahwa ciri kondisi keuangan seseorang yang sehat bisa dilihat oleh orang itu sendiri. Finansial yang baik artinya ada cukup uang untuk memenuhi atau membiayai setiap pengeluaran yang penting, juga ada tabungan yang bisa digunakan untuk mengatasi sesuatu hal yang diluar dugaan pada masa depan. Inilah beberapa tanda kamu punya kehidupan keuangan yang sehat. 

Ciri Keuangan yang Sehat

Membangun kondisi keuangan yang sehat memang tidak mudah, namun jika sudah terbiasa maka dengan sendirinya akan tercipta. Berikut ini adalah ciri dari kondisi finansial yang stabil dan sehat:

  1. Menguasai Arus Kas

Ciri atau tanda pertama seseorang memiliki kondisi finansial yang baik dan sehat adalah sudah menguasai dengan baik bagaimana alur uang masuk dan keluar. Seseorang baru bisa mencapai titik ini ketika sudah berhasil disiplin pada dirinya sendiri, tentu saja ada proses dan membutuhkan waktu. 

Untuk memulainya adalah membiasakan diri pada penggunaan uang tiga bulan terakhir. Buat sebuah anggaran atau budget pengeluaran, bisa secara manual dengan sebuah tulisan atau sekarang juga bisa menggunakan aplikasi. Usahakan untuk disiplin dan menjalankan anggaran yang sudah dibuat sendiri. Perlahan akan terlihat pola pengeluaran dan pemasukan keuangan pribadi dengan jelas. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Tidak Ada Hutang

Kesehatan finansial juga bisa dilihat dari ada atau tidaknya utang. Utang memang termasuk pada bagian hidup dan hampir setiap orang memilikinya entah dalam bentuk pinjaman besar maupun kecil. Ada yang sifatnya jangka panjang dan juga jangka pendek. Kebutuhan hidup memang terkadang membutuhkan utang untuk dapat dipenuhi, seperti pendidikan dan transportasi. 

Namun, usahakan untuk terbebas dari ikatan utang. Jika memang masih ada utang yang belum selesai, buat anggaran khusus untuk melunasi utang-utang tersebut segera. Mungkin akan ada yang dikorbankan, misalnya biaya untuk hiburan seperti nongkrong atau shopping. Apalagi jika utang itu timbul karena kurang disiplin dalam mengatur keuangan. Segera lunasi dan bebaskan diri dari utang.

  1. Mengendalikan Besaran Utang

Jika memang utang tidak dapat terhindarkan, pastikan untuk bisa mengendalikannya dengan cara membagi kewajiban utang bulanan dengan pendapatan bulanan dengan baik. Saat terlihat rasio utang ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan penghasilan, maka prioritaskan pembayaran utang tersebut. Membayar utang secara tepat waktu dan cepat selesai juga menjadi salah satu tanda kondisi keuangan yang sehat. 

  1. Bisa Membayar Tagihan Meski Kehilangan Pekerjaan

Kehilangan pekerjaan adalah salah satu hal yang tidak terduga dan tentu tidak diinginkan siapa saja. Namun terkadang ada yang harus mengalami hal tersebut dan tentunya secara mendadak. Jika memiliki keuangan sehat, meski tidak ada penghasilan karena baru saja kehilangan kerja, tagihan rutin seperti pembayaran listrik dan air masih tetap bisa teratasi. 

  1. Memiliki Dana Darurat

Situasi darurat bisa membutuhkan uang dalam jumlah besar maupun kecil. Saat hal tersebut datang secara tiba-tiba, namun tidak sampai membuat panic dan kebingungan, artinya kondisi keuangan sudah dalam kondisi yang sehat. Ada tabungan serta dana darurat yang siap dipakai untuk hal-hal mendesak yang tidak terduga, menjadi salah satu ciri utama kondisi keuangan seseorang stabil dan baik. 

Nah sobat WE+ itulah beberapa tanda kamu punya kehidupan keuangan yang sehat. Bagaimana, apakah keuangan kamu juga sehat? Supaya keuangan terjaga, pastikan untuk selalu membiasakan hidup hemat, bijak dalam menggunakan uang, dan disiplin pada diri sendiri saat mengeluarkan uang ya! 

Penulis: Raka 21 Feb 2022 252