Suka Mobil Tua? Berikut Tips Untuk Merawatnya

Suka Mobil Tua? Berikut Tips Untuk Merawatnya

Hampir semua produk otomotif ternama mengeluarkan produk baru setiap tahunnya. Tentu ini jadi godaan tersendiri ya buat kamu pecinta otomotif. Meskipun begitu bukan berarti mobil tua akan kehilangan peminat, apalagi bagi yang tau cara merawat mobil tua. Nah jadi bagi sobat WE+ yang suka dengan mobil tua masih bisa membawa mobil kesayangan dengan nyaman. 

7 Cara Merawat Mobil Tua Dengan Mudah

Memiliki jenis mobil tua tidak selamanya harus mengeluarkan uang banyak untuk biaya perawatannya bila mengetahui bagaimana cara merawat mobil tua. Namun ada sisi lain tentang mobil tua yang membuatnya menjadi istimewa. Apalagi kalau kondisi mobil tua terawat dengan baik harganya bisa lebih tinggi dari mobil baru.

Lalu, bagaimana agar tetap keren meski sudah bergelar mobil tua? Yuk simak tips merawat berikut ini.

  1. Mengerti Dan Memahami Kondisi Mesinnya

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam merawat mobil tua sebaiknya pemilik harus mengerti dan lebih memahami bagaimana kondisi mesinnya. Hal ini sangatlah penting agar cara merawat mobil tua lebih mudah dilakukan. Sebab setiap mobil meski merek sama, kondisinya bisa berbeda-beda. 

Dengan demikian, kamu dapat menghemat biaya karena paham dengan kondisi mesinnya. Sehingga perawatan yang diperlukan tepat guna dan tidak sampai fatal baru ketahuan kerusakannya. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Harus Rajin Mengecek dan Mengganti Oli

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah kamu harus rajin mengecek dan melakukan penggantian oli secara rutin. Jangan sampai menunggu olinya sudah kering kemudian baru diganti. Hal ini dapat merusak kondisi mesin mobil yang sudah berumur. Selain itu perhatikan juga ya pemilihan jenis oli yang dipakai.

  1. Lakukan Pengecekan Radiator

Hal selanjutnya yang juga harus selalu diperhatikan adalah mengecek radiator. Kamu tidak boleh malas untuk mengecek radiator agar suhu pendingin pada mesin tetap terjaga dengan baik. Perhatikan juga airnya jangan sampai kehabisan dan menjadi kering.

  1. Periksalah Kondisi Rem Mobil

Hal lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah melakukan pengecekan kondisi rem mobil apakah masih baik atau tidak. Terutama sebelum mobil digunakan untuk bepergian. Hal ini sangat penting dilakukan oleh pemilik mobil agar keselamatan berkendara dapat terjaga dengan baik. Mengingat kondisi mobil yang sudah tua.

  1. Melakukan Pengecekan Kabel 

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah melakukan pengecekan kabel apakah kondisinya masih baik atau justru sebaliknya. Hal ini untuk menjaga agar sambungan antar kabel tetap baik. Karena apabila ada kabel yang terkelupas maka  dapat menyebabkan terjadinya korsleting.

  1. Mengecek Kondisi Semua Komponen Mobil

Hal berikutnya yang sebaiknya kamu perhatikan adalah melakukan pengecekan kondisi semua komponen mobil. Apakah semua kondisinya masih baik atau barangkali ada yang sudah rusak maka pemilik harus segera melakukan penggantian komponen dengan yang baru. Sebaiknya pilih komponen yang asli agar kualitasnya terjaga.  

  1. Melakukan Perawatan Exterior Dan Interior Mobil Dengan Baik

Hal lainnya yang sangat penting adalah kamu harus rajin melakukan perawatan. Baik eksterior maupun interior mobil. Karena hal ini akan mempengaruhi kenyamanan pada saat mobil digunakan. Untuk exterior sebaiknya perhatikan cat mobilnya agar kondisinya tetap mulus. Demikian juga interiornya agar betah dan merasa nyaman.

Nah sobat WE+, itulah beberapa cara merawat mobil tua yang bisa kamu lakukan.  Pada dasarnya, mobil tua tetap bisa menjadi daily driver kita asalkan senantiasa dirawat dengan baik. Berbagai tips di atas diharapkan bisa membantu merawat mobil tua kamu agar kondisinya tetap awet dan performa mesinnya tetap terjaga. 

Penulis: Raka 09 Aug 2021 39