Cara Menagih Hutang kepada Teman Tanpa Harus Merasa Gak Enak

Cara Menagih Hutang kepada Teman Tanpa Harus Merasa Gak Enak

Halo Sobat WE+, sebagai teman kadang merasa tidak enak untuk menagih hutang yang sudah lama tidak dibayar. Kadang banyak juga orang yang bingung cara menagih hutang kepada teman yang efektif tapi tetap sopan untuk menjaga tali pertemanan berjalan dengan baik. Memang serba salah saat ingin menagih hutang terutama kepada teman dekat atau sahabat. 

Terkadang banyak alasan yang mereka lontarkan yang membuat jengkel padahal sudah lewat dari tenggat waktu yang mereka janjikan. Meskipun banyak juga dari kamu yang merasa kasihan dan tidak sampai hati mendengar alasan-alasan mereka untuk melunasi hutangnya. Bagi Sobat WE+ yang sering mengalami hal tersebut, kamu wajib tahu cara menagih hutang ke teman berikut ini.

Cara Menagih Hutang Ke Teman Agar Segera Dibayar

Meskipun sebagai teman baiknya kamu juga berhak mendapatkan uangmu kembali sesuai dengan tenggat waktu yang sudah dijanjikan. Namun kadang banyak hambatan yang menghalangi kamu untuk bersikap tegas saat menagihnya, untuk membantu kamu mempermudah melakukan penagihan ikuti cara-cara berikut:

  1. Coba Ingatkan Tenggat Waktu yang Dijanjikan

Kekeliruan yang banyak dialami beberapa orang yaitu lupa menanyakan kapan tenggat waktu pelunasan kepada temannya saat meminjamkan uang. Jika kamu tidak menanyakan hal tersebut di awal tentunya akan sulit menagih hutang nantinya, jika sudah terlanjur coba tanyakan kapan mereka akan melunasi hutangnya. 

Jika sudah mendekati tenggat waktu pelunasan yang dijanjikan cobalah untuk mengingatkan mereka untuk bersiap-siap membayarnya. Jika nilai uang yang dipinjam cukup besar kamu bisa membuat perjanjian tertulis sebagai bukti jika mereka telat membayar hutang. Namun, tetap dengan cara yang halus dengan berbicara baik-baik dengan mereka dengan bahasa yang sopan dan tidak menyakiti.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

  1. Ungkapkan Jika Sedang Membutuhkan Uang Tersebut

Jika cara pertama tidak membuahkan hasil cobalah dengan cara kedua ini, kamu bisa memulai percakapan dengan diselingi curhatan tentang kondisi finansial yang sedang tidak baik. Lalu cobalah untuk mengatakan bahwa kamu benar-benar sedang membutuhkan uang tersebut secepatnya. 

Jika masih banyak alasan yang dilontarkan kepadamu sebaiknya cobalah lebih tegas bahwa kondisimu saat itu sedang darurat dan sangat membutuhkan uang tersebut. Namun, pastikan tetap menggunakan kata-kata yang baik dan sopan agar tidak menyinggung perasaan temanmu.

  1. Meminta Tolong Teman Terdekatnya

Jika cara menagih hutang kepada teman di atas masih belum berhasil cobalah untuk mencari bantuan dari teman terdekatnya yang lain. Selain kamu pasti temanmu memiliki teman dekat lainnya, cobalah hubungi teman dekatnya tersebut dan mintalah tolong untuk membujuknya agar segera melunasi hutang. 

Katakan juga kepada teman dekatnya tersebut jika kamu sedang benar-benar membutuhkan uang tersebut untuk keperluan mendesak seperti untuk membayar sekolah anak, biaya pengobatan, atau yang lainnya.

  1. Tagih ke Keluarganya

Jika cara ketiga tersebut masih belum berhasil membuatnya melunasi hutangnya, cobalah cara keempat ini yaitu dengan mendatangi rumahnya dan cobalah berbicara secara baik-baik kepada keluarganya dan katakan bahwa kamu ingin uangmu segera dibayarkan. Cara ini termasuk yang cukup jitu untuk mendapatkan uangmu kembali karena biasanya orang akan risih jika didesak keluarganya untuk segera membayar hutang.

  1. Lakukan Sistem Angsuran

Jika temanmu benar-benar tidak bisa melunasi hutangnya sesuai dengan tenggat waktu yang sudah dijanjikan karena kondisi finansial yang terpuruk. Cobalah untuk mengerti keadaannya dan jangan menyuruh mereka membayar hutangnya secara penuh. Tawarkan sistem angsuran untuk melunasi hutangnya dengan begitu kamu bisa mendapatkan uangmu kembali tanpa membebani mereka dan tali pertemanan kalian tetap terjalin dengan baik.

Itulah lima cara menagih hutang kepada teman yang bisa kamu ikuti. Hutang memang perlu dibayar jadi Sobat WE+ tidak perlu sungkan saat ingin menjaganya tapi ingat tetap dengan kata-kata yang sopan ya.

Penulis: Raka 07 Oct 2021 41