Enak dan Tidak Enaknya Modal Usaha dari Pinjaman

Enak dan Tidak Enaknya Modal Usaha dari Pinjaman

Halo Sobat WE+, tidak semua pengusaha memulai bisnisnya menggunakan modal usaha pribadi. Banyak dari mereka menggunakan uang dari hasil pinjaman untuk memulai membangun bisnisnya. Melakukan pinjaman modal memang cukup membantu para pelaku usaha yang terkendala dengan masalah permodalan. 

Jika kamu berkeinginan membuka usaha tapi masih belum memiliki modal melakukan pinjaman bisa jadi solusi yang tepat. Tapi meskipun begitu, kamu juga perlu tahu apa saja risiko yang akan dihadapi saat mengambil pinjaman modal di bank, koperasi, atau platform permodalan digital seperti P2P Lending.

Ketika memutuskan untuk melakukan pinjaman modal usaha kamu harus tahu betul hak dan tanggung jawab yang harus dilakukan. Menggunakan modal dari hasil pinjaman memang tidak serta merta memudahkan urusan permodalan tapi juga bisa menjadi boomerang yang bisa menjatuhkan kondisi finansial jika bisnis yang dijalankan tidak berjalan dengan semestinya. Berikut ini enak dan tidak enaknya menggunakan modal dari hasil pinjaman yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman modal.

Pentingnya Modal untuk Menjalankan Sebuah Usaha

Banyak orang mengalami kesulitan memodali usahanya, tidak heran banyak orang menutup usaha atau mengurungkan niatnya untuk mulai membangun usahanya sendiri. Tidak hanya konsep usaha yang sangat penting modal juga penting karena menjadi salah satu elemen utama dalam memulai usaha, jika tidak ada modal usaha pun tidak akan berjalan. Ada berbagai cara yang dilakukan para pelaku usaha dalam mendapatkan modal untuk memulai usahanya. Cara-cara tersebut di antara seperti menggunakan uang tabungan pribadi, mencari dukungan dari investor, atau dari pinjaman bank.

Salah satu cara yang paling banyak digunakan orang untuk memodali usahanya yaitu dengan melakukan pinjaman modal di bank atau koperasi. Biasanya orang-orang yang melakukan pinjaman modal sudah memikirkan konsep usahanya secara matang dan tahu siapa saja target pasar yang akan menjadi calon pelanggannya. Bagi seseorang yang masih baru memikirkan ide usaha tapi sudah bingung mencari modal merupakan suatu kekeliruan, di mana dia masih belum tahu atau menentukan konsep usaha yang akan dijalankan.

Jika hal demikian terjadi orang tersebut akan kesulitan membangun bisnisnya dan mencari pelanggan karena tidak dipersiapkan terlebih dengan matang terlebih dulu. Membuat konsep usaha dengan sangat terperinci akan membantu kamu mengetahui besaran modal yang dibutuhkan dengan tepat untuk menghindari terlalu banyak atau terlalu sedikit meminjam uang di bank.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Kelebihan Menggunakan Modal Hasil Pinjaman

  1. Cocok untuk Pelaku Usaha yang Membutuhkan Modal dengan Instant

Kelebihan menggunakan modal dari hasil pinjaman yang paling mudah dirasakan yakni mempermudah proses pembentukan dan pembangunan usaha. Melakukan pinjaman modal biasanya memiliki proses yang mudah dan cepat sehingga memungkinkan kamu yang membutuhkan modal besar dalam waktu singkat.

  1. Tidak Perlu Mengumpulkan Uang Sedikit Demi Sedikit untuk Modal

Dengan adanya penawaran pinjaman modal dari instansi permodalan akan membantu para pelaku usaha dalam memulai bisnisnya, kamu tidak perlu lagi mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk mendapatkan modal usaha. Ini sangat memudahkan para pelaku usaha yang ingin fokus membangun usaha tapi terkendala modal.

Kekurangan Menggunakan Modal dari Hasil Pinjaman

  1. Memiliki Tanggungan Angsuran Setiap Bulannya

Menggunakan modal dari hasil pinjaman tidak semudah yang dibayangkan karena kamu akan dibebani angsuran setiap bulannya. Berani meminjam berarti juga harus sanggup melunasinya, jadi kamu harus berusaha keras untuk bisa membayar angsuran setiap bulannya.

  1. Bunga dan Denda Keterlambatan

Kekurangan menggunakan modal dari hasil pinjaman selanjutnya yakni adanya bunga dan biaya tambahan saat telah membayar angsuran ke pihak bank atau instansi pinjaman lainnya. Bunga dan denda keterlambatan tergolong tinggi apalagi jika menunggak angsuran beberapa kali pasti akan sangat memberatkan saat usaha yang dijalankan sedang terpuruk.

  1. Risiko Mengalami Kerugian Besar

Saat memutuskan menggunakan modal dari hasil pinjaman kamu harus siap jika mengalami risiko kerugian besar saat usaha yang dibangun tidak berjalan dengan semestinya. Jadi pastikan kamu sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi situasi terburuk yang bisa saja terjadi.

Sobat WE+ menggunakan modal usaha dari hasil pinjaman memang bukan suatu hal yang salah. Akan tetapi, pastikan kamu memikirkannya secara matang sebelum memutuskannya ya.

Penulis: Raka 25 Nov 2021 20

Penulis: Raka
19 Aug 2020
615
Penulis: Raka
10 Sep 2021
264