Yuk Kita Tiru Cara Hidup Sederhana dari Bos BCA, Bambang Hartono

Yuk Kita Tiru Cara Hidup Sederhana dari Bos BCA, Bambang Hartono

Bambang Hartono salah satu anggota keluarga Hartono yang dikenal sebagai sosok terkaya di Indonesia. Pemilik Djarum Group dan Bank BCA ini ternyata selain membuat kita kagum, tapi juga banyak menginspirasi. Bos BCA ini dikenal sederhana meski memiliki banyak harta. Yuk kita tiru cara hidup sederhana dari bos BCA, Bambang Hartono! 

Hidup Sederhana Ala Orang Terkaya di Indonesia

Kalau kamu penasaran bagaimana rahasia hidup sederhana dari bos Bank BCA tersebut, inilah beberapa diantaranya: 

  1. Makan Dipinggir Jalan

Meskipun menurut Forbes kekayaan Bambang Hartono mencapai US$20, 9 miliar atau setara  dengan Rp296,78 triliun ini tetap tak malu mehyantap hidangan pinggir jalan. Beliau terbiasa makan di warung yang biasa aja atau sederhana dengan tidak menggunakan pengawal.   Seringkali dirinya menikmati hidangan sate atau sop kambing hampir seminggu sekali. Luar biasa, bukan?

  1. Olahraga Favorit 

Jika kebanyakan orang berada memilih golf, memiliki kuda atau jenis olahraga lain yang cukup memakan biaya, lain halnya dengan Boss Djarum tersebut. beliau hobi bermain bridge atau permainan kartu yang mengedepankan kecerdikan, taktik ataupun keberuntungan. Bahkan, perlu kamu tau juga, Pak Bambang berhasil menjadi atlet tertua Asian Games 2018 sekaligus peraih medali perunggu. Keren ya! 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Keluarga Sederhana

Ternyata, keluarga Hartono memang dikenal sebagai keluarga kaya raya yang selalu sederhana. Ketika belum seterkenal sekarang, bos BCA tersebut bebas dan leluasa kesana kemari berkegiatan. Akan tetapi, kini setelah lebih banyak diketahui masyarakat, ia terkadang harus menyamar dengan menggunakan rambut palsu ketika hendak keluar rumah atau untuk makan di pinggir jalan. Bahkan tak hanya Pak Bambang saja, keponakannya Armand Hatono kerap memakai sepatu jebol ketika beraktivitas.

  1. Berhemat

Tak heran jika keluarga Hartono dikenal sederhana, karena memang sejak dahulu mereka selalu diajarkan untuk hidup hemat. Kelebihan uang yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis maupun investasi, dengan begitu uang akan lebih bermanfaat dibanding hanya untuk bergaya saja.

Selain dari kesederhanaannya itu, dari pria bernama lengkap Michael Bambang Hartono ini kita dapat mengambil pelajaran berharga mengenai bangkit dan terus berinovasi jika kita memang menginginkan kesuksesan. Di Tahun 1963 silam, sebuah musibah kebakaran menimpa perusahaannya. Tentulah beliau mengalami kerugian yang jumlahnya tak main-main. Namun, alih-alih berdiam diri dan meratapi nasib, Bambang Hartono dan saudaranya justru memilih untuk bengkit, mencari kerjasama, mencari sumber dana.

Selain itu mereka juga berinovasi dengan memilih untuk merambah pasar internasional, ekspansi bisnis, menambah asset dan tentunya investasi. terbukti, PT  Djarum yang dikenal luas itu bukanlah perusahaan sembarangan. Belum lagi Bank BCA, bisnis perhotelan, property, juga agrobisnis bahkan media yaitu Kumparan yang melejit dengan pesat.

Itulah dia rahasia dan pelajaran hidup sederhana dari Bos BCA, Bambang Hartono.  Keluarga Hartono banyak mengajarkan kita supaya tidak terlena, jangan merasa terlalu aman dengan apa yang dimiliki saat ini dan hiduplah secara sederhana dan apa adanya. Lebih baik uang yang dimiliki dimanfaatkan untuk hal yang lebih bermanfaat, seperti melanjutkan pendidikan, mengembangkan bisnis, ataupun berinvestasi. 

Dari uang yang kita gunakan untuk hal-hal tersebut, tentu kita akan meraih manfaatnya di masa depan. Tentunya pelajaran hidup ini bisa sangat menginspirasi bagaimana uang tidak membuat seseorang menjadi tamak, tapi justru lebih bijak. Jadi, semoga sobat We+ bisa mengambil pelajaran kehidupan dari informasi yang inspiratif ini ya! 

Penulis: Raka 11 Feb 2022 428