Cara Membuat Visa Travel, Apa Saja Syaratnya?

Cara Membuat Visa Travel, Apa Saja Syaratnya?

Untuk berkunjung ke suatu negara, kamu harus memiliki dokumen izin masuk yang disebut visa travel. Visa travel tersebut akan menjadi alat bukti diizinkannya kamu masuk ke negara terkait. Sehingga, kamu harus membuat visa travel terlebih dahulu jika ingin bepergian ke luar negeri. 

Pembuatan visa hanya dapat dilakukan jika kamu telah memenuhi syarat dan ketentuan yang diminta. Bentuk visa pun juga sangat beranekaragam tergantung negara tujuan, ada yang berupa stiker, ada juga stempel. Lalu, bagaimana cara agar punya visa untuk travel?

Langkah Pembuatan Visa Travel 

Apa saja langkah yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan visa travel? Kamu bisa simak ulasan berikut mulai dari penentuan jenis visa hingga masuk ke sesi wawancara.

  1. Tentukan Jenis Visa

a. Visa on arrival

Jenis visa ini memberikan izin bagi para pelancong seperti kamu untuk mengurus perizinan setelah mendarat di negara tujuan. Masa berlaku visa pun juga berbeda-beda tergantung dari ketentuan negara tersebut, pembayaran visa bisa kamu lakukan jika telah menerima stempel ataupun stiker dari petugas di pintu imigrasi negara tersebut.

b. Visa sebelum kedatangan

Jenis visa ini mengharuskan kamu untuk membuat visa sebelum dilakukan penerbangan ke negara tujuan. kamu bisa menghubungi kedubes negara tujuan untuk mendapatkan visa tersebut

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

c. eVisa

Berbeda dengan visa sebelumnya, jenis visa yang satu ini dapat kamu buat melalui online dengan hasil visa akhir berbentuk soft file. File tersebut akan dikirimkan oleh petugas ke email. Cukup mudah, kamu hanya perlu mengisi data diri yang diperlukan dan lakukan pembayaran melalui kartu kredit.

  1. Syarat Pembuatan Visa Travel 

Adapun dokumen yang harus kamu persiapkan dan penuhi terlebih dahulu antara lain:

  • Paspor asli, fotokopi paspor (berupa stempel negara yang telah kamu kunjungi)
  • Fotokopi Akta kelahiran, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi surat nikah, untuk yang telah menikah
  • Surat keterangan kerja yang bisa didapatkan dari perusahaan tempat kamu bekerja dan sudah dalam Bahasa inggris
  • Surat keterangan atau rekomendasi dari kampus maupun sekolah bagi para pelajar dan sudah dalam Bahasa Inggris
  • Pas Foto yang disesuaikan dengan negara tujuan karena format foto masing-masing negara berbeda-beda
  • Hasil cetakan rekening koran asli selama tiga bulan terakhir yang disertai cap ataupun legalisir dari bank bersangkutan
  • Bukti booking tiket pesawat dan akomodasi lainnya
  • Surat keterangan kesehatan (tergantung negara tujuan)
  • Asuransi perjalanan jika diperlukan
  1. Melakukan Pendaftaran

Untuk pendaftarannya, kamu juga bisa lakukan secara online dengan mengunjungi website kedubes negara terkait. Biasanya masing-masing website tersebut akan ,mengarahkan kamu ke website organisasi untuk pengisian data diri serta reservasi jadwal verifikasi. Informasi terkait jadwal akan diberitahukan langsung melalui email.

Namun, ada juga beberapa negara yang mengharuskan kamu untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu agar bisa mendapatkan jadwal verifikasi atau wawancaranya, seperti negara Amerika Serikat. Jangan khawatir, karena kamu bisa lakukan pembayaran secara online atau juga bisa datang ke teller bank.

  1. Melakukan Verifikasi dan Wawancara

Setelah kamu mendapatkan informasi terkait jadwal serta lokasi verifikasi, kamu bisa langsung datang ke lokasi tersebut. Biasanya verifikasi dilakukan di kantor kedubes negara, namun ada juga dilakukan di lokasi berbeda. Dokumen yang telah disiapkan harus dibawa saat verifikasi. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kamu bisa mencadangkan setiap dokumen tersebut dengan fotokopi ulang.

Jika dokumen kamu sudah lengkap, maka kamu sudah bisa melakukan pembayaran visa. Pembayarannya hanya bisa dilakukan satu kali saja. Jika kamu sudah membayar visa ketika registrasi, maka tidak perlu membayar lagi saat verifikasi. kamu juga perlu mempersiapkan diri untuk menjawab beberapa pertanyaan seperti tujuan ke negara tersebut, namun ini hanya berlaku untuk beberapa negara saja.

  1. Pengambilan Visa

Kamu tidak bisa lakukan pengambilan visa di hari yang sama dengan verifikasi atau wawancara, sehingga harus menunggu 4 hari. Untuk informasinya, kamu bisa lakukan pengecekan berkala melalui SMS ataupun email terkait proses pengajuan visa tersebut.

Itulah langkah yang harus kamu lalui untuk mendapatkan visa travel. Informasi diatas bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung dari kedubes negara tersebut, sehingga kamu juga harus tetap melakukan pengecekan terkait cara mendapatkan visa tersebut. Kamu bisa kunjungi situs resminya atau langsung datang ke lokasi kedubes negara tujuan.

Penulis: Raka 14 Dec 2021 715