Ngebet Punya Motor Listrik? Perhatikan Kelebihan dan Kekurangannya

Ngebet Punya Motor Listrik? Perhatikan Kelebihan dan Kekurangannya

Ngebet Punya Motor Listrik? Perhatikan Kelebihan dan Kekurangannya

Motor bertenaga listrik seperti angin segar bagi kita yang sudah sangat pusing dengan masalah polusi apalagi di daerah perkotaan. Adanya motor listrik yang menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya memang lebih ramah lingkungan. Menggunakan motor tenaga listrik mengurangi asap kendaraan.

Kamu yang peduli dengan lingkungan mungkin tertarik dengan motor tenaga listrik ini tapi sebelumnya ketahui dulu kelebihan dan kekurangannya. Terlebih lagi sekarang sudah ada motor tenaga listrik produksi dalam negeri tentunya kebanggan tersendiri kalau mengendarainya. Mengapa kamu harus tahu kelebihan dan kekurangannya agar sesuai dengan kebutuhan tentunya.

Kelebihan Motor Listrik

Sebagai kendaraan motor tenaga listrik memiliki beberapa kelebihan dan keunggulan yang menguntungkan bagi kamu. Apa sajakah kelebihannya bisa kamu lihat di bawah ini.

  1. Lebih Hemat dan Irit

Kelebihan yang pertama adalah lebih hemat energi dan tentu saja membuatnya menjadi irit biaya. Kalau kamu pakai kendaraan motor dengan tenaga mesin BBM pastinya harus mengisi setiap kali akan dipakai. Kamu butuh biaya untuk BBM motor sekitar Rp. 300 ribu per 120 km jarak yang ditempuh.

Sedangkan kalau kamu memakai motor bertenaga listrik hanya membutuhkan biaya seperempatnya saja untuk jarak yang sama. Kamu cuma perlu biaya sekitar Rp. 75 ribu setiap menempuh jarak 120 km untuk mengisi daya baterainya.

  1. Membantu Mengurangi Pencemaran Udara

Dampak positif yang bisa kita dapatkan ketika memakai motor tenaga listrik yaitu mengurangi dampak pencemaran udara akibat gas CO2 hasil pembakaran dari mesin motor. Artinya udara yang kita hirup bersama menjadi lebih bagus kualitasnya dan lebih sehat tentunya.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Sistem Canggih ITS

Pada motor yang menggunakan tenaga listrik disematkan sebuah teknologi canggih yang disebut dengan Intelligent Transport System atau ITS. Sistem ini berfungsi untuk membuat kendaraan mengerem secara otomatis setiap kali terjadi tabrakan.

  1. Mudah Merawatnya

Kamu yang tidak paham mesin kendaraan bisa merawat motor tenaga listrik tersebut dengan mudah. Inilah salah satu faktor yang menjadi kelebihan motor tenaga listrik. Itu juga yang membuat kaum hawa lebih banyak memilihnya. Kamu hanya perlu merawat baterainya saja agar awet dan bisa berfungsi dengan baik. Berbeda dengan motor biasa kamu tidak perlu melakukan perawatan seperti ganti oli misalnya.

Kekurangan Motor Listrik

Meskipun memiliki beberapa kelebihan tapi bagaimanapun motor dengan tenaga listrik juga ada kekurangannya. Nah, kalau kamu berminat membeli motor bertenaga listrik tersebut tentu saja juga harus tahu kekurangannya agar bisa melakukan antisipasi. Kekurangan yang dimaksud antara lain yaitu :

  1. Jarak Tempuhnya Terbatas

Motor jenis ini rasanya kurang cocok bagi kamu yang akan menempuh perjalanan dengan jarak cukup jauh. Kemampuan motor dengan listrik hanya bisa menempuh jarak maksimal sejauh 120 km saja. Setelah itu kamu harus mengisi daya kembali sebelum bisa dipakai lagi.

  1. Butuh Waktu Lama Mengisi Daya

Butuh waktu yang cukup lama untuk mengisi daya baterai agar motor bisa dipakai lagi. Buat kamu yang terburu-buru tentu saja motor ini kurang pas. Kamu harus mengisi daya selama 6 jam sampai penuh agar bisa digunakan untuk menempuh jarak sejauh 120 km.

  1. Baterai Besar

Ukuran baterai yang relatif besar pada kendaraan listrik tersebut membuatnya tidak bisa berjalan selincah motor biasa. Untuk bisa menyimpan tenaga yang besar memang dibutuhkan ukuran baterai yang besar pula.

Nah, setelah tahu apa saja kelebihan dan kekurangan motor listrik kamu bisa mempertimbangkannya kembali apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Meskipun sebenarnya dengan memakai kendaraan ini kamu ikut menjaga kelestarian alam. Bagaimana sobat WE+, tertarik untuk membelinya? 

Penulis: Raka 18 Jun 2021 297