Canggihnya Cara Kerja Mobil Listrik yang Menakjubkan

Canggihnya Cara Kerja Mobil Listrik yang Menakjubkan

Hallo Sobat WE+, mendengar istilah mobil listrik tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Canggihnya teknologi yang ada, membuat manusia berinovasi dan menciptakan mobil yang sepenuhnya atau sebagiannya digerakkan oleh motor menggunakan listrik di baterai. Sehingga tidak heran jika disebut mobil listrik. Lalu, seperti apa cara kerja mobil listrik yang menakjubkan?

Ketahui 4 Cara Kerja Mobil Listrik yang Menakjubkan

1. Controller Sebagai Pengatur Inverter

Cara kerja dari mobil listrik pada umumnya, berbeda-beda tergantung jenisnya. Ada beberapa jenis mobil listrik seperti BEV, HEV, PHEV dan FCEV. Pada jenis mobil listrik umum, ketika pedal ditekan, maka Controller akan mengambil serta mengatur daya listrik dari baterai traksi dan inverter.

Dengan adanya pengaturan dari controller ini, maka inverter akan mengirimkan sejumlah energi listrik ke motor sesuai dengan kedalaman tekanan pada pedal. Motor traksi listrik ini akan mengubah energi listrik menjadi energi mekanik yang akan memberikan rotasi atau perputaran. Perputaran dari rotor pada motor ini akan memutar transmisi sehingga roda akan berputar dan menggerakkan mobil dengan sendirinya.

2. Battery Electric Vehicle (BEV)

Jika pada poin di atas sudah menjelaskan cara kerja mobil listrik pada umumnya, di poin kedua ini kita akan membahas prinsip kerja mobil listrik jenis BEV. Pada jenis ini sendiri mobil beroperasi sepenuhnya menggunakan listrik di baterai. Jenis BEV ini tidak memiliki mesin pembakaran (ICE). Melainkan disimpan pada battery pack.

Cara kerja dari mobil listrik jenis BEV ini adalah daya dikonversikan dari baterai DC ke AC untuk mengaktifkan motor. Pada saat pedal akselerator mengirimkan sinyal ke control module maka kecepatan kendaraan akan disesuaikan dengan mengubah frekuensi daya AC dari inverter ke motor. Pada saat rem ditekan dan membuat mobil menjadi lambat, maka motor akan menjadi generator dan menghasilkan listrik lalu disimpan kembali di baterai.

3. Hybrid Electric Vehicle (HEV)

Cara kerja dari mobil listrik yang menakjubkan berikutnya adalah standar hybrid atau paralel hybrid. Jenis mobil listrik HEV ini memiliki dua sistem penggerak, yaitu mesin pembakaran (ICE) dan motor traksi. Pada ICE akan mendapat energi dari BBM. Sedangkan Motor mendapat daya dari baterai.

Prinsip kerja motor ini sendiri adalah memiliki tangki pemasok BBM ke mesin seperti mobil biasa. Jenis mobil ini sendiri memiliki satu set baterai untuk menjalankan motor. Baik mesin maupun motor dapat memutar transmisi pada saat bersamaan.

4. Plug-in Hybrid Electric Vehicle

Jenis mobil listrik berikutnya yang memiliki cara kerja menakjubkan adalah PHEV yang merupakan jenis hybrid dan memiliki mesin pembakaran (ICE) dan motort traksi listrik. Jika dilihat dari aspek teknologinya, maka prinsip kerja mobil listrik PHEV disebut sebagai series hybrid.

Jenis mobil listrik ini dapat juga ditenagai oleh sumber energi fosil seperti bensin atau sumber alternatif lain seperti biodiesel dan baterai. Berbeda dengan jenis HEV, baterai pada jenis mobil ini dapat diisi secara berulang dari sumber listrik eksternal dengan cara menghubungkannya pada sumber listrik eksternal ke charging port.

Jika berbicara dengan prinsip kerja mobil listrik PEV ini sendiri, biasanya dimulai dengan “all-electric mode” dan berjalan menggunakan energi listrik hingga baterai habis. Beberapa model jenis mobil ini bisa beralih menjadi hybrid mode saat laju kendaraan di atas 60 – 70 mil per jam. Setelah baterai habis dan kosong, maka mesin akan mengambil alih dan mobil pun beroperasi sebagai hybrid non-plug-in konvensional.

Itulah 4 cara kerja mobil listrik yang menakjubkan. Diharapkan dengan mengetahui informasi ini, Sobat WE+ lebih paham lagi mengenai seluk beluk mobil listrik ya!

Penulis: Raka 21 Oct 2020 110