Begini Cara Mengkilapkan Cat Mobil yang Kusam

Begini Cara Mengkilapkan Cat Mobil yang Kusam

Bagi sobat WE+ yang memiliki kendaraan roda empat, pasti inginkan mobilnya tampak mengkilap dalam waktu yang lama? Karena warnanya yang kusam, kurang enak untuk dipandang. Kualitas mobil bisa dilihat dari performa dan juga tampilannya. Kendaraan yang terlihat mengkilap dan cantik bisa memiliki nilai yang lebih tinggi tentunya.

Hal ini juga menandakan, bahwa kita sebagai pemilik mobil merawatnya dengan baik. Perawatan mobil ternyata tak hanya pada mesinnya saja, melainkan bodynya juga. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai cara mengkilapkan cat mobil yang kusam tanpa perlu ke salon. Seperti apakah prosesnya?

Tipe Cat Mobil yang Perlu Diketahui

Sebelum mengetahui tips agar mobil dapat mengkilap lagi, ada baiknya sobat we+ mengenal jenis catnya terlebih dahulu, yaitu:

1. Nitro Cellulose (NC)

Cat tipe ini biasa digunakan untuk kendaraan tahun 80an. Karakteristik warna kilapnya kurang stabil, sehingga biasanya didukung oleh obat poles dengan bahan silikon.

2. Nitro Cellulose Modified

Cat yang satu ini biasa digunakan pada kendaraan keluaran tahun 90an. Sebetulnya hampir mirip dengan NC, namun nitro celulose modified ini memiliki bahan tambahan, yaitu hardener yang berfungsi untuk memperkuat warna cat agar tidak mudah rapuh ataupun kusam. Meski begitu, perawatan yang dilakukan sama seperti NC.

3. Polyurethane (PU)

Seiring dengan perkembangan zaman, kualitas cat mobil pun makin lama makin baik. Pada mobil keluaran 2000 an, cat jenis PU inilah yang digunakan. Daya tahannya lebih lama jika dibanding cat-cat sebelumnya. Pada pelaksanaannya memiliki perbedaan, karena tipe cat ini tidak membutuhkan bahan silicon, tetapi  menggunakan bahan organic. Contohnya seperti carnauba.

3 Cara Mengkilapkan Cat Mobil yang Kusam Agar Terlihat Lebih Baik

Lalu, apa saja tips yang bisa kita lakukan untuk mengkilapkan cat mobil? Ini dia:

1. Mencuci Mobil Dengan Benar

Cara mengkilapkan cat mobil yang pertama adalah mencucinya dengan benar. Yaitu menggunakan shampo khusus mobil, bukan yang lainnya. Setelah itu keringkan dengan kain berbahan katun lembut. Dengan menerapkan cara mencuci yang benar, maka cat mobil bisa lebih awet dan terlihat mengkilap dalam waktu yang lama. 

2. Gunakan Obat Poles

Setelah itu, sobat WE+ bisa menggunakan obat poles yang disesuaikan dengan tipe cat mobil yang telah dibahas sebelumnya menggunakan spons bersih. Caranya, gosok spons tersebut dengan arah memutar. Jika telah selesai, sobat we+ bisa menunggu 10-15 menit, kemudian bersihkan bodi mobil dengan microfiber.

3. Teknik Waxing

Setelah menggunakan obat poles, langkah mengkilapkan cat mobil berikutnya adalah dengan teknik waxing ini. caranya hampir sama dengan obat poles, namun prosesnya terbilang lebih cepat dan mudah. Yaitu: oleskan wax ke seluruh bagian body mobil, tunggu beberapa saat, lalu bersihkan dengan lap kering dan bersih. Agar mobil tetap terlihat mengkilap, sobat we+ bisa menggunakan teknik ini secara rutin, satu bulan sekali.

Informasi mengenai cara mengkilapkan cat mobil tersebut semoga dapat membantu sobat we+ agar kendaraannya tetap terlihat selalu cantik, ya. Dan ingat, kendaraan yang awet itu adalah kendaraan yang kita perhatikan perawatannya. Baik secara mesin dan performanya, maupun secara fisik atau bodynya. Selain itu, kita bisa mendapatkan perlindungan ekstra terhadap kendaraan yang dimiliki dan mengurangi berbagai resiko yang mungkin saja terjadi dengan memilih asuransi yang pas, sesuai dan dibutuhkan. Semoga bermanfaat ya! 

Penulis: Raka 21 Oct 2020 88