Bagaimana Rasanya Memiliki Bisnis Rumahan?

Bagaimana Rasanya Memiliki Bisnis Rumahan?

Memiliki bisnis rumahan nyatanya mempunyai vibes tersendiri bagi pemiliknya. Banyak manfaat yang ia rasakan. Beberapa di antaranya adalah menghemat pengeluaran dari sewa tempat, tidak membutuhkan perintilan-perintilan penghias stand, dan masih banyak lagi. Jika kamu menekuni bisnis rumahan, kamu bakal merasakan beberapa manfaat berikut ini.

Beberapa Manfaat yang Akan Dirasakan Saat Memiliki Bisnis Rumahan 

  1. Mempunyai Penghasilan Tambahan

Bagi kamu yang sudah memiliki pekerjaan di luar rumah, memiliki bisnis rumahan dapat memberi kamu penghasilan tambahan, lho! Jadi bisa dibilang kamu memiliki gaji dobel dan sumber penghasilan lebih dari satu. Sangat cocok bagi kamu yang ingin memenuhi kebutuhan sekunder atau keinginan seperti membeli rumah, motor, atau bahkan traveling ke luar negeri.

Memang, kamu perlu mengeluarkan energi cukup extra mengingat tidak hanya menjalankan bisnis rumahan saja, namun jika diperhitungkan kembali kamu akan merasakan segi finansial yang lebih kuat.

  1. Tidak Terikat Peraturan Perusahaan 

Jika kamu hanya menjalankan bisnis rumahan tanpa mempunyai pekerjaan di perusahaan atau tempat orang lain, maka hal lain yang dapat kamu rasakan ketika memiliki bisnis rumahan adalah mempunyai waktu yang leluasa karena tidak terikat oleh aturan perusahaan manapun. Namun, bukan berarti sama sekali tidak beraturan melainkan kamulah yang menciptakan aturan sendiri untuk bisnis rumahan yang sedang kamu jalankan.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Memiliki Penghasilan Saat Sudah Pensiun 

Kamu patut merasakan manfaat yang satu ini jika memiliki bisnis rumahan, yaitu memiliki penghasilan walaupun kamu sudah pensiun dari pekerjaan kamu di luar rumah. Jarang sekali bahkan cenderung tidak ada uang pensiun bagi seseorang yang bekerja di kantor swasta, pabrik, atau yang lain. 

Nah, untuk mengatasi solusi tersebut, kamu bisa merintis bisnis rumahan sejak masih bekerja. Hal ini sangat membantu ketika kamu pensiun. Kamu tetap berpenghasilan meskipun sudah tidak bekerja. Selain itu, hal ini bisa dirasakan bagi pegawai yang terkena pengurangan massal di perusahaannya. Ia tetap bisa berpenghasilan meski telah dikeluarkan dari tempatnya bekerja.

  1. Melek Ekonomi

Sebagian besar orang enggan untuk mempelajari tentang perekonomian. Nah, jika kamu memiliki bisnis rumahan yang dikelola sendiri, kamu akan merasakan manfaat satu ini. Mau tidak mau kamu harus mempelajari perekonomian demi mengembangkan bisnis. Hal itu seperti otodidak karena kewajiban. Dengan memahami ekonomi bisnis, kamu juga dapat mencegah hal negatif yang bisa saja dilakukan oleh karyawan kamu, hanya jika memiliki karyawan.

  1. Mempunyai Aset

Tahukah kamu bahwa bisnis rumahan kamu adalah aset yang berharga pada suatu hari nanti? Jika bisnismu berkembang dan mampu bersaing mengikuti perkembangan zaman, bukan hal mustahil jika akan ada perusahaan yang mau bekerjasama atau bahkan mengakuisisinya. Oleh sebab itu, mulailah dari sekarang untuk membangun aset tersebut. 

  1. Bekerja Sesuai Hobi

Jika kamu menjalankan bisnis rumahan sesuai hobi kamu, pasti rasa lelah tidak akan terasa. Itu karena kamu menyenangi pekerjaan yang kamu lakukan. Sebagai contoh, jika kamu menyukai fesyen, maka bisnis rumahan dengan menjual pakaian secara online bisa jadi pilihan yang tidak akan membosankan. Contoh lagi, jika kamu hobi memasak, kamu bisa bereksperimen sekaligus menjadikannya cuan, lho? Seru, kan?

Beberapa hal tersebut bisa kamu rasakan ketika memiliki bisnis rumahan. Namun, tidak semudah yang dibayangkan. Kamu harus merencanakannya dengan matang sehingga bisa mengatasi jika ada hambatan di tengah jalan. Jangan menyerah jika ada hambatan, itu akan menjadikan kamu berkembang. Apalagi jika hambatan tersebut datang dari kompetitor. Mau tidak mau kamu harus berinovasi untuk bersaing dengan mereka.

Penulis: Raka 18 Oct 2021 54