Pahami Hal-hal Berikut Sebelum Kamu Terjun ke Dunia Cryptocurrency

Pahami Hal-hal Berikut Sebelum Kamu Terjun ke Dunia Cryptocurrency

Halo Sobat WE+, sebagai kaum milenial berinvestasi menjadi hal yang wajib untuk mempersiapkan finansial yang lebih mapan di masa mendatang. Cryptocurrency menjadi salah satu instrumen investasi yang sedang naik daun di kalangan milenial. Pasalnya, cryptocurrency memiliki nilai investasi yang lumayan tinggi. 

Cryptocurrency sendiri merupakan mata uang digital yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran dalam transaksi virtual dalam jaringan internet. Cryptocurrency ini sudah dikembangkan sejak 1990-an. 

Harganya yang cenderung meroket tersebut membuat banyak orang tergiur terjun ke dunia cryptocurrency untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi. Namun, perlu kamu tahu bahwa risiko yang akan kamu tanggung cukup tinggi saat terjun ke dunia cryptocurrency. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui hal-hal berikut ini sebelum memutuskan untuk membeli aset cryptocurrency.

Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Aset Cryptocurrency

  1. Beli Aset Cryptocurrency Sesuai dengan Kemampuan

Perlu kamu ingat bahwa menginvestasikan uang melalui cryptocurrency sangat berisiko dibandingkan jenis investasi lainnya karena tidak ada jaminan atas volatilitas. Serta aset cryptocurrency tidak diatur dalam hukum di Indonesia dan tidak ada asuransi yang menanggung. Jadi, sebaiknya kamu jangan mempertaruhkan seluruh tabungan untuk membeli aset cryptocurrency, investasikan sebagian tabungan untuk menghindari kerugian yang besar.  

Cryptocurrency termasuk jenis aset investasi yang fluktuatif karena harganya yang berubah-ubah setiap jam bahkan menit. Ketika kamu hendak terjun ke dunia cryptocurrency sebaiknya menjajal Bitcoin karena sudah bertahan lebih dari satu dekade dan sangat kecil kemungkinannya kehilangan eksistensi di dunia cryptocurrency dibandingkan kebanyakan jenis cryptocurrency lainnya. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Melakukan Riset Secara Menyeluruh

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli aset cryptocurrency jenis apapun pastikan lakukan riset secara mendalam. Tujuannya untuk mengetahui dan memahami proposisi nilai dan tingkat risiko yang bisa kamu alami. Dengan mengikuti forum komunitas, mencari informasi di internet, dan membaca buku yang terkait dengan jenis cryptocurrency. Selain itu, kamu tidak hanya perlu mencari informasi tentang aset cryptocurrency yang akan dibeli tapi juga harus tahu bagaimana teori permainannya.

Akan lebih baik lagi jika kamu meminta pendapat dari orang-orang yang berpengalaman di dunia cryptocurrency. Tanyakan semua hal yang ingin kamu ketahui kepada mereka dan galilah informasi sedalam-dalamnya. Pastikan bahwa orang tersebut benar-benar berpengalaman dan memiliki jam terbang yang cukup tinggi di dunia cryptocurrency.

  1. Persiapkan Diri Menghadapi Resiko Terburuk

Saat alasanmu melakukan investasi adalah mencari keuntungan sebesar-besarnya tanpa harus menanggung resiko kerugian, cryptocurrency bukan jenis investasi yang sesuai untukmu. Saat ingin menjajal dunia investasi dengan kemungkinan keuntungan yang besar, kamu juga harus siap menanggung resiko kerugian yang besar pula. Pasalnya tidak ada investasi yang memberikan keuntungan sangat besar tanpa ada risiko yang tinggi. 

Jika masih ragu dan takut kehilangan semua uang yang diinvestasikan sebaiknya urungkan niat untuk menghindari rasa penyesalan. Biasanya orang-orang yang terjun di dunia cryptocurrency sudah mengetahui risiko tersebut dan sudah mempersiapkan dirinya untuk menghadapi risiko kerugian yang tinggi, baik bagi para pemula maupun yang sudah profesional dalam dunia cryptocurrency.

  1. Sebaiknya Jangan Hubungan Cryptocurrency ke Pihak Ketiga

Cryptocurrency merupakan mata uang elektronik yang memiliki fungsi yang sama dengan uang tunai, emas, dan aset berharga lainnya. Dimana pemegangnya merupakan pemilik yang sah. Ketika aset cryptocurrency dicuri orang maka itu berarti asetmu telah hilang. Oleh karena itu para profesional yang sudah mengalami asam garam dalam dunia cryptocurrency akan menyatakan untuk tidak menghubungkan cryptocurrency pribadimu ke pihak ketiga. Seperti bursa atau sejenisnya.

Itu karena perusahaan bursa tersebut sebagian besar memiliki kemungkinan diretas yang mengakibatkan hilangnya semua aset cryptocurrency yang kamu miliki. Tidak hanya itu perusahaan bursa yang belum memiliki kredibilitas yang baik dan tergolong baru akan berisiko melakukan penipuan kepada para kliennya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak menghubungi dompet digital cryptocurrency milikmu dengan platform pihak ketiga.

Itulah berbagai hal yang harus sobat WE+ perhatikan sebelum terjun ke cryptocurrency. Diharapkan dengan adanya informasi ini, kamu lebih bijak lagi dalam berinvestasi ke kripto. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan keuntungan dan meminimalisir kerugian. 

Penulis: Raka 24 Nov 2021 33