Setelah Menikah, Mendingan Tinggal Dengan Mertua Atau Ngontrak?

Setelah Menikah, Mendingan Tinggal Dengan Mertua Atau Ngontrak?

Apakah Sobat We+ baru saja melangsungkan pernikahan, atau bahkan sedang merencanakannya dalam waktu dekat? Biasanya, selain prosesnya ada hal lain yang juga menjadi pertimbangan pasangan suami istri, yaitu setelah menikah, mendingan tinggal dengan mertua atau ngontrak? Menurut kamu gimana nih?

Mana yang Lebih Baik Setelah Menikah? Tinggal Bersama Mertua atau Ngontrak?

Beberapa pasangan mungkin belum memiliki rumah pribadi ketika memutuskan menikah. Namun tak apa, karena sejatinya banyak yang sudah merasakan bahwa ‘keran’ rezeki banyak terbuka setelah menikah.

Tak sedikit juga yang memutuskan untuk mengontrak dibanding tinggal bersama mertua, tentu saja bukan tanpa alasan. Sangat jelas, yaitu demi menjaga privasi keluarga kecil kita, lebih mandiri, dan tentunya meminimalisir adanya gejolak atau permasalahan dari luar.

Selain beberapa hal di atas, terdapat berbagai pertimbangan pula yang menyarankan kita untuk lebih baik mengontrak, diantaranya:

  1. Lebih Nyaman

Bukan berarti tinggal di rumah mertua atau orang tua itu nggak nyaman, tapi memiliki rumah sendiri, meski baru ngontrak akan lebih terasa nyaman berdua dengan pasangan. Terlebih mungkin kita akan memiliki aturan serta kebiasaan yang bisa kita lakukan di rumah sendiri.

  1. Lebih Leluasa

Berbanding lurus dengan menjaga privasi tadi, dengan memilih untuk keluar dari rumah orang tua atau mertua ketika menikah, kita dapat lebih leluasa mengatur segala hal dalam rumah tangga dan terhindar dari intervensi.

  1. Punya Motivasi Lebih

Dengan berusaha untuk lebih mandiri, kita dan pasangan pastinya punya motivasi yang kuat untuk hidup lebih baik dan mewujudkan mimpi bersama. Selain itu, mengunjungi rumah orang tua nantinya akan lebih terasa berkesan karena ada rindu yang melandasinya.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Lebih Saling Menghargai

Dengan berjuang bersama, kita bisa saling menghargai dan menikmati kebersamaan dalam pernikahan itu sendiri. Sejatinya, ketika menikah kita dan pasangan adalah satu tim yang harus saling mendukung.

  1. Lebih Saling Mengenal

Tak hanya saling menghargai saja, tentunya dengan hidup tidak satu atap dengan mertua ataupun orang tua, kita dapat lebih mengenal pasangan dengan cepat dan menerima segala kelebihan serta kekurangannya.

  1. Menghadapi Segalanya Berdua

Bukan hanya berjuang bersama, tapi ketika ada masalah menghadang pun harapannya dengan memilih hidup mandiri kita dapat menghadapinya berdua bersama pasangan.

  1. Baik untuk Adaptasi dan Sosialisasi

Dengan mengontrak rumah, nantinya kita tak hanya mengenal pasangan dengan baik, tapi bisa juga mendapat kawan, lingkungan dan tetangga baru, sehingga baik juga untuk perkembangan diri kita dari sisi sosial.

  1. Saling Menjaga

Yang tak kalah penting, ketika memutuskan untuk hidup berdua, maka kita akan saling menjaga, menguatkan dan itulah yang dapat membuat hubungan tetap langgeng.

Nah sobat WE+ itulah informasi yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kalian. Lalu kesimpulannya, setelah menikah mending tinggal dengan mertua atau ngontrak? Pada dasarnya kedua opsi ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  Setiap pasangan juga bisa memiliki alasan tersendiri ketika mengambil keputusan. 

Bagi yang tinggal bersama mertua, bisa karena ingin berbakti pada orang tua yang sudah lanjut usia, menemani mereka di usia senjanya supaya tak kesepian, membiayai orang tua dan lain sebagainya. Sementara yang memilih ngontrak, pasti juga sudah mempertimbangkan hal ini dengan matang. 

Intinya, setiap pasangan pasti tau yang terbaik bagi keluarga kecil mereka. Apapun keputusannya, yang terpenting pastikan sudah mendiskusikannya bersama pasangan dengan baik dan matang. Dengan begitu, keputusan yang kamu ambil bisa merupakan yang terbaik untuk keluarga kecil kamu ya sobat WE+!

Penulis: Raka 04 Feb 2022 134