Nikah Dulu VS Mapan Dulu

Nikah Dulu VS Mapan Dulu

“Jangan tunggu aku di puncak, tapi ajaklah aku mendaki.” Ada yang bilang bersusah-susah dulu bersama pasangan, menikmati sukses kemudian.

Ada yang bilang menikah itu udah susah, jangan ditambah dengan usaha yang lain.

 

Mapan itu relatif.

  • Bisa bayar kontrakan, mapan?
  • Bisa beli apartment, mapan?
  • Punya 2 mobil, mapan?

Beda orang, tentu arti kata ‘MAPAN’ berbeda. Mapan itu tergantung kebutuhan. Yang jelas, apakah pasangan Anda memiliki definisi yang sama dengan Anda?

Tunggu mapan?

Budi, 50, pengusaha sukses, akhirnya mengikat dirinya dengan seorang wanita di akad pernikahan Sabtu kemaren. Tentu 'mapan' membantu melancarkan acara pernikahan dan segala kebutuhan finansial rumah tangga. Tetapi.... tidak ada jaminan pernikahan tanpa pertikaian mengenai uang di rumah tangga yah. Namanya duit, ada aja yang mau diobrolin. 

Belum mapan?

  • Waktu Presiden Jokowi bertemu bu Iriana, belum jadi presiden.
  • Waktu Presiden B. J. Habibie bertemu bu Ainun, belum jadi presiden.

Katanya, kalau udah jodoh, nggak punya apa-apa nggak menjadi masalah.

“Pokoknya kalo nikah (sudah) ketemu jodohnya, nggak punya apa-apa pun, nggak menjadi soal. Kita menjadi mapan bekerja sama, transparansi antara suami istri," ujar BJ Habibie saat diwawancara di program Mata Najwa. 

Sobat WE+ setuju gak?

Saling terbuka

Dalam pernikahan harus saling terbuka, dalam segala hal…  Iya, segala hal.

Ingat, pernikahan itu janji seumur hidup. Uang itu datang dan pergi.

Terbukalah dalam komunikasi. Terbukalah dalam kebutuhan. Terbukalah dalam finansial.

 

Mapan atau Menuju Mapan

Apapun pilihannya, pernikahan tidak lepas dari masalah. Tidak ada jumlah uang yang akan menghilangkan masalah, hanya merubah masalah.

Sobat WE+ pilih yang mana?  

 

Penulis: Raka 21 Jul 2020 140

Penulis: Raka
19 Aug 2020
110