Bagaimana Cara Kerja Vaksin dalam Tubuh Kita?

Bagaimana Cara Kerja Vaksin dalam Tubuh Kita?

Halo Sobat WE+, pada Rabu, 13 Januari 2021 lalu diketahui bahwa telah dilakukan penyuntikan vaksin pertama kali kepada Presiden Joko Widodo yang menandakan dimulainya program vaksinasi virus Corona di Indonesia. Pelaksanaan vaksinasi tersebut mulai dilakukan setelah vaksin virus Corona buatan Sinovac telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga vaksin virus Corona tersebut telah dinyatakan aman dan dapat diberikan kepada manusia. 

Jika membahas mengenai vaksin pasti banyak orang bertanya-tanya, bagaimana cara kerja vaksin dalam tubuh kita? Lalu seberapa efektif vaksin tersebut dapat melindungi tubuh dari penyebaran virus Corona? Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara kerja vaksin dalam tubuh, kamu harus simak pembahasan berikut!

Cara Kerja Vaksin dalam Tubuh Manusia

Pada dasarnya beberapa vaksin memiliki cara kerja yang sama ketika berada di dalam tubuh. Sebenarnya pada umumnya vaksin bekerja dengan merangsang sistem kekebalan tubuh agar dapat mengenali dan melawan patogen, baik virus maupun bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia. Dalam proses tersebut harus memasukkan suatu molekul tertentu dari patogen ke dalam tubuh yang bertujuan untuk memicu respon sistem imun pada tubuh manusia. 

Suatu molekul yang dimaksud biasanya disebut dengan antigen yang ada di semua virus dan bakteri. Dengan memasukkan antigen ke dalam tubuh seseorang akan membuat sistem kekebalan tubuh tersebut belajar mengenali virus atau bakteri tersebut. Sehingga sistem kekebalan tubuh akan belajar merespon untuk melawan virus tersebut sehingga tubuh akan terlindungi dari paparan virus atau bakteri tertentu. 

Sistem kekebalan tubuh bisa dianggap sebagai tameng tubuh terhadap suatu penyakit karena dapat menyerang, memproduksi antibodi, dan mengingat jika suatu hari virus atau bakteri tersebut mencoba masuk ke dalam tubuh. Secara garis besar sistem kekebalan tubuh akan secara otomatis mengenali antigen dari suatu virus dan mulai melawan virus tersebut sebelum menyebar dan menyebabkan suatu penyakit. Cara kerja vaksin dalam tubuh tersebut membuat tubuh menjadi lebih terlindung dari paparan virus atau bakteri yang dapat menyebabkan suatu penyakit yang dapat membahayakan kesehatan. 

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Manfaat Vaksinasi untuk Tubuh

Dari manfaat vaksin tersebut dapat diketahui jika vaksin tidak hanya dapat melindungi setiap individu saja, namun juga dapat melindungi seluruh populasi penduduk terhadap penyebaran suatu virus penyakit salah satunya yaitu virus Corona yang sedang berlangsung hingga saat ini. 

Jika banyak orang yang melakukan vaksinasi terhadap suatu penyakit, maka peluang terpapar suatu jenis penyakit juga akan semakin kecil. Oleh karena itu pelaksanaan vaksinasi memang sangat penting dan memiliki banyak manfaat bahkan untuk orang yang tidak melakukan vaksinasi. 

Jika banyak orang yang melakukan vaksinasi akan membuat virus dan bakteri kehilangan inang untuk tinggal dan berkembang biak sehingga membuat virus atau bakteri tersebut mati dan dapat menghentikan penyebarannya. Kondisi tersebut disebut dengan herd immunity yang memungkinkan suatu penyakit dapat hilang sepenuhnya tanpa harus melakukan vaksinasi kepada seluruh populasi penduduk suatu wilayah.

Maka dari itu, bagi orang-orang yang masuk dalam kriteria persyaratan program vaksinasi sebaiknya untuk ikut melakukan vaksinasi karena ada beberapa orang yang tidak dapat melakukan vaksinasi terhadap tubuh mereka karena faktor tertentu diantaranya adalah orang tua, pengidap alergi, wanita hamil, orang yang mengalami gangguan imun dan lain-lain.

Nah, itulah cara kerja vaksin dalam tubuh yang sudah kamu ketahui ya Sobat WE+. Bagi kamu yang memenuhi persyaratan untuk melakukan vaksinasi sebaiknya kamu ikut serta untuk melindungi diri kamu dan juga orang-orang di sekeliling kamu. Dengan begitu, kamu bisa terlindungi dari adanya berbagai virus termasuk virus covid-19. 

Penulis: Raka 19 Jan 2021 525