5 Jenis Olahraga Ringan untuk Menurunkan Berat Badan

5 Jenis Olahraga Ringan untuk Menurunkan Berat Badan

Ada banyak pilihan jenis olahraga yang cukup ringan dan bisa menurunkan berat badan kamu. Namun, dalam menjalankan olahraga tersebut harus sesuai dengan aturan supaya aman. Beberapa jenis olahraga ringan untuk menurunkan berat badan ini, akan mempercepat proses metabolisme tubuh dengan baik. 

Maka dengan proses metabolisme yang cepat jumlah kalori dalam tubuh juga akan terbakar dengan cepat. Itulah sebabnya olahraga ringan ini ampuh dalam menurunkan berat badan dengan cepat dan juga aman. Selain melakukan olahraga, kalian juga harus konsumsi makanan sehat ya Sobat WE+.

Olahraga Ringan untuk Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan harus dilakukan dengan cara yang tepat dan sesuai. Jangan sampai kamu melakukan diet yang malah berbahaya untuk kesehatan tubuh. Hal ini banyak terjadi karena cara menurunkan berat badannya juga salah. 

Jika kamu mengimbangi proses penurunan berat badan kamu dengan pola makan yang tepat dan jenis olahraga yang tepat. Maka kamu bisa memperoleh bentuk tubuh yang sehat dan sesuai.  Berikut ini jenis olahraga ringan untuk menurunkan berat badan yang bisa kamu coba:

1. Lari

Salah satu jenis olahraga yang paling cepat menurunkan berat badan adalah lari. Dalam durasi sekitar 30 menit saja, sekitar 240-355 kalori dalam tubuh bisa cepat terbakar. Lakukan olahraga lari ini dengan gerakan lutut yang diangkat lebih tinggi.

2. Renang

Selain melakukan olahraga lari, berenang juga bisa menjadi pilihan olahraga yang mampu menurunkan berat badan. Terutama jika kamu punya keluhan pada masalah persendian, maka perenang akan menjadi solusi yang tepat.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Lakukan olahraga renang dengan durasi waktu 30 menit saja. Maka sejumlah 200-300 kalori dalam tubuh akan lebih mudah terbakar. Renang merupakan pilihan olahraga yang menyenangkan dan bisa meningkatkan kekuatan otot. Renang juga bisa meningkatkan kesehatan pada jantung dan paru-paru.

3. Sepeda Statis

Apabila kamu lebih memilih jenis olahraga yang dilakukan di rumah, maka cobalah untuk melakukan olahraga sepeda statis. Lakukan gerakan mengayuh sepeda sekitar 30 menit saja. Maka 210-310 kalori dalam tubuh bisa lebih cepat terbakar dengan olahraga tersebut.

Pastikan kamu melakukan olahraga sepeda statis ini dengan tingkat kecepatan yang sedang ya Sobat WE+. Jangan memilih tingkat kecepatan cepat karena kamu akan lebih cepat lelah. Dengan kecepatan yang sedang, kekuatan tubuhmu bisa menjadi lebih stabil dan bisa olahraga dengan lebih lama.

4. Lompat Tali

Jenis olahraga ringan lainnya yang juga cocok dan pas dilakukan adalah olahraga lompat tali. Olahraga ini bisa menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah dilakukan. Olahraga yang sederhana ini bisa kamu lakukan selama 30 menit saja, dan mampu membakar kalori sekitar 230-300 kalori.

5. Naik Turun Tangga

Jika kamu terlalu banyak menghabiskan waktu di kantor hingga tak sempat berolahraga, maka kamu bisa melakukan olahraga naik turun tangga saja. kamu bisa naik turun tangga di jam istirahat atau setelah jam kantor selesai.

Lakukan olahraga ini jika ingin berat badan kamu turun lebih cepat. Keampuhan olahraga dalam membakar sejumlah kalori dalam tubuh biasanya berbeda-beda. Karena jumlah kalori yang dibakar setiap sesi olahraga dilakukan, bergantung pada intensitas jenis olahraga yang dilakukan dalam menurunkan berat badan tersebut.

Ketika kamu berolahraga untuk menurunkan berat badan dan memilih salah satu jenis olahraga ringan untuk menurunkan berat badan, maka lakukan dengan konsisten. Supaya hasilnya pun maksimal dan kamu tetap dalam kondisi tubuh yang sehat walaupun jumlah berat badan menurun. Selamat mencoba berbagai jenis olahraga ini ya sobat WE+.

Penulis: Raka 23 Jan 2021 48