Hal yang Harus Kamu Paksakan

Hal yang Harus Kamu Paksakan

Memaksakan suatu hal tidak selalu salah lho Sobat WE+. Terlebih hal-hal tersebut mengarah ke hal yang positif dan berguna bagi masa depan kamu. Semakin bertambahnya usia, ada beberapa hal yang harus kamu paksakan bila ingin kehidupanmu di masa mendatang menjadi lebih baik. Nah, apa sajakah hal-hal tersebut?Simak penjelasannya berikut ini. 

6 Hal yang Harus Kamu Paksakan 

Inilah beberapa hal yang memang harus kamu paksakan untuk kebaikan diri sendiri: 

  1. Olahraga 

Yang pertama adalah berolahraga. Mungkin kamu menganggap hal ini sepele, akan tetapi bagi yang jarang melakukannya, olahraga mau tak mau harus dipaksakan supaya tubuh kamu tetap sehat dan bugar.  Olahraga seringkali diabaikan karena dianggap menghabiskan waktu, tenaga dan uang. Padahal banyak sekali pilihan olahraga yang dapat menyesuaikan dengan rutinitas harian mu. 

Contohnya jogging di pagi hari. Kamu tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun dan waktunya bisa diatur sesuai jadwal kamu. Semisal kamu berangkat sekolah atau ke kantor pukul 7 pagi, maka kamu bisa jogging pukul 5 pagi selama 30 menit. Jogging juga dapat disesuaikan dengan kemampuan tubuh. Kamu bisa melakukannya secara berselang-seling antara berjalan santai dengan lari. 

Dengan rutin berolahraga setidaknya 4 kali dalam seminggu, kamu akan merasakan banyak manfaatnya seperti tubuh yang bugar seharian, suasana hati yang lebih baik, dan tentunya semangat dalam menjalani hari. 

  1. Menabung

Berikutnya, menabung pun harus mulai kamu paksakan dari sekarang. Bagi yang masih pelajar maupun yang sudah bekerja, menabung itu sama-sama penting terutama bagi masa depan. Menabung bisa dimulai dengan menyisihkan sebagian uang saku atau gaji ke celengan maupun rekening khusus tabungan. Menabunglah dari nominal kecil dan lakukan setiap hari. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Bagi yang sudah bekerja, gaji biasanya didapatkan setiap sebulan sekali. Untuk menyiasati menabung, sebaiknya sisihkan beberapa persen gaji kamu di awal setelah gajian. Simpan di rekening khusus tabungan yang tidak tercampur dengan uang belanja. Menabung akan lebih memotivasi bila kamu memiliki tujuan pasti, seperti untuk membeli mobil, rumah, biaya menikah dan masih banyak lagi. 

  1. Mencoba Hal Baru 

Adanya waktu senggang daripada dipakai untuk nongkrong yang menghabiskan uang, akan lebih baik bila kamu gunakan untuk mencoba hal atau hobi baru. Lakukanlah sesuatu yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Misalnya mendaki gunung atau memasak resep baru. Mencoba hal baru dapat membantu kamu refreshing setelah penat dengan rutinitas harian.

  1. Belajar 

Belajar tidak melulu hanya dilakukan di bangku sekolah. Untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas, paksa dirimu meluangkan waktu untuk belajar hal-hal yang kamu inginkan. Contohnya belajar bahasa asing, belajar programming, mendesain dan masih banyak lagi. Kamu bisa mempelajari hal-hal baru tersebut dengan kursus atau secara otodidak. 

  1. Punya Dana Darurat

Semakin dewasa kamu, maka akan semakin banyak kebutuhan. Namun perlu diingat bahwa tidak semua hal dapat berjalan sesuai rencana. Ada saatnya kamu mengalami suatu masalah yang menyebabkan hidupmu menjadi jatuh. Nah untuk mengantisipasinya, mulai sekarang persiapkanlah dana darurat. 

Dana darurat tidak sama dengan tabungan. Uang yang disimpan sebagai dana darurat hanya dipakai saat kamu dalam kondisi sulit, seperti terkena PHK atau usaha sedang krisis. Dana darurat ini dapat menolong kamu di situasi tak terduga tersebut. Mulailah persiapkan dari sekarang dengan menyisihkan sebagian gaji kamu, dan pastikan dana tersebut tidak terpakai untuk yang lain. 

  1. Asuransi

Meminimalisir risiko dari kejadian-kejadian tak terduga belum cukup hanya dengan memiliki dana darurat. Mau tak mau kamu harus memiliki asuransi. Diantaranya seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, serta asuransi kecelakaan kerja.  Dengan memiliki setidaknya 4 jenis asuransi ini, dapat membantu kamu menghadapi musibah secara finansial.  Dengan begitu, kamu dapat lebih siap bila sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada diri sendiri maupun keluarga. 

Untuk membeli produk asuransi terbaik, kamu bisa mengunjungi laman WePlus.id. Ini merupakan marketplace asuransi digital terpercaya yang menyediakan banyak produk asuransi. Disini kamu bisa membeli asuransi sesuai kebutuhan dan budget. 

Demikian beberapa hal yang harus kamu paksakan dan bermanfaat bagi masa depan. Semoga tulisan ini dapat memotivasi kamu dan mulai melakukan berbagai hal ini ya! 

Penulis: Raka 21 Sep 2022 24

Penulis: Raka
19 Jan 2021
912
Penulis: Raka
06 May 2021
646