5 Tempat yang Aman Untuk Bawa Keluarga Di Tengah Pandemi Ini

5 Tempat yang Aman Untuk Bawa Keluarga Di Tengah Pandemi Ini

Halo Sobat WE+, seperti yang kalian tahu, saat ini kita sudah memasuki era new normal. Itu artinya, kita bisa melakukan kegiatan sehari-hari seperti bepergian keluar rumah namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Selain menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, kamu juga harus memperhatikan pemilihan daerah yang aman untuk dikunjungi. Tujuannya agar terhindar dari infeksi Covid-19. Inilah tips aman di tengah pandemi yang bisa diterapkan. 

5 Tips Aman di Tengah Pandemi 

  1. Pilih Ruang Terbuka

Saat memutuskan untuk melakukan perjalanan bersama keluarga, ada baiknya kamu memilih ruang terbuka sebagai destinasi wisata. Untuk menekan resiko penularan Covid, akan lebih disarankan untuk memilih ruang terbuka dan luas seperti pantai, atau taman dan kebun nasional. Tempat yang luas ini membuat kita tetap bisa menjaga jarak aman dengan pengunjung lainnya sesuai prosedur kesehatan yang telah ditetapkan. Tempat wisata yang luas juga sangat menyenangkan, memberikan ketenangan, dan meredakan stress akibat terlalu lama berdiam diri di rumah. 

  1. Usahakan untuk Tidak Menggunakan Toilet Umum 

Ketika kamu melakukan perjalanan wisata bersama keluarga usahakan untuk tidak menggunakan toilet umum. Ini juga bisa menjadi tips penting yang harus diperhatikan. Bila terpaksa menggunakan toilet umum, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan sabun atau membersihkan tangan dengan hand sanitizer.

  1. Perhatikan Standar Pencegahan dan Perlindungan Tempat Menginap 

Saat kamu memutuskan untuk menginap, jangan lupa juga untuk memperhatikan tentang standar pencegahan dan perlindungan para tamu hotel dari bahaya penyebaran virus. Pastikan hotel memiliki tempat mencuci tangan yang tersebar di tempat-tempat strategis. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Semua pegawai hotel harus menggunakan alat-alat kebersihan dan perlindungan diri seperti masker dan face shield dan selalu mengingatkan para tamu untuk melakukan prosedur pencegahan standar penyebaran virus. Periksalah kamar tidur tempatmu menginap dan kamar mandinya. Yakinkan diri bahwa semua telah dibersihkan menggunakan desinfektan dan sesuai prosedur kesehatan. Dengan memilih tempat menginap yang memiliki standar pencegahan Covid yang tinggi, maka resiko penularan Covid juga bisa ditekan semaksimal mungkin. 

  1. Hindari Zona Merah

Tips aman di tengah pandemi selanjutnya adalah kamu harus tahu daerah yang aman untuk dikunjungi. Saat melakukan perjalanan bersama keluarga, sebisa mungkin hindari daerah yang ditandai sebagai zona merah. Kamu harus mengetahui daerah-daerah mana yang memiliki tanda zona merah, kuning, dan hijau. Zona Hijau berarti daerah ini relatif aman untuk dikunjungi bersama keluarga. Meski begitu jangan pernah mengabaikan protokol kesehatan saat berkunjung ke sana. Zona kuning, oranye, dan merah memiliki risiko yang semakin tinggi.

Apabila kamu sudah menentukan tempat dengan zona hijau yang hendak dikunjungi, pastikan bahwa daerah itu telah membuka jalur bagi wisata. Jangan sampai sudah jauh-jauh stiba di tempat tujuan ternyata daerah tersebut belum dibuka untuk umum. 

  1. Selalu Pahami Risiko Anggota Keluarga

Saat memutuskan untuk melakukan perjalanan, kamu harus mempertimbangkan risiko kesehatan dari anggota keluarga yang turut serta. Sebaiknya bicarakan dengan dokter saat hendak melakukan perjalanan. Tujuannya untuk mengetahui resiko mengajak bayi dan anak kecil, lansia, dan orang yang memiliki penyakit penyerta seperti jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Dengan memahami resiko dari anggota keluarga maka kita bisa memberikan pencegahan yang lebih ketat dan disesuaikan dengan tingkat risiko yang ada. 

Demikianlah beberapa tips aman di tengah pandemi yang bisa kamu lakukan bila akan mengajak anggota keluarga bepergian. Selama di jalan ingatlah untuk selalu menjaga kondisi tubuh dengan meminum vitamin dan makan yang cukup. Jangan abaikan istirahat karena merupakan faktor yang cukup penting untuk menghindari gangguan kesehatan selama di perjalanan.

Penulis: Raka 16 Aug 2021 39