Tips buat Island Hopping yang Nyaman

Tips buat Island Hopping yang Nyaman

Apa itu Island Hopping? Sesuai dengan istilah harfiahnya, island hopping berarti mengunjungi satu pulau ke pulau lainnya. Seperti yang kita tahu, pulau itu terpisah oleh perairan, entah itu selat atau laut. Tentunya, kita harus siap untuk melakukan perjalanan dengan kapal atau transportasi air lainnya.

Tips Island Hopping Tetap Nyaman Tanpa Gangguan

Karena island hopping ini berarti kita harus menjalani daerah perairan yang umumnya bersuhu panas, artinya kita harus punya persiapan supaya tidak terjadi cedera, seperti heat stroke atau lainnya. Dengan begitu, kita juga bisa berwisata dengan nyaman.

1. Cek BMKG

Lokasi perairan bisa dibilang sangat sensitif terhadap cuaca. Cuaca buruk bisa meningkatkan gelombang permukaan air yang bisa menyebabkan kecelakaan dalam mengarungi perairan. Oleh karena itu, kita perlu mengecek BMKG untuk memastikan kelancaran perjalanan kita. Biasanya, kalau ketinggian gelombang perairan lebih dari 3,0 meter, perjalanan akan ditunda. Daripada menunggu, lebih baik kita sudah tahu terlebih dulu. 

2. Persiapkan Itinerary

Selama berwisata, itinerary bisa dibilang kelihatan sepele, tapi sangat menentukan kesiapan kita dalam menentukan banyak hal. Pertama, dengan menentukan tempat atau rute apa saja yang ingin kita kunjungi, kita bisa mempersiapkan budget dengan matang. Kalau sampai kehabisan biaya di tengah perjalanan, tentunya akan sangat merepotkan.

Kedua, kita bisa memaksimalkan kesenangan kita selama perjalanan. Misalnya, sedari awal kita bisa menentukan kapan waktu terbaik untuk kita melakukan hopping island. Kalau terlalu ramai, pastinya akan merusak ketenangan kita saat ingin bercengkerama dengan alam. Sebaliknya, terlalu sepi malah mungkin membuat perjalanan kita kurang seru.

3. Perlindungan Diri

Island hopping sangat menyenangkan karena kita bisa melihat beragam pulau dengan keunikannya masing-masing. Namun, resikonya memang kita akan lebih banyak di area terbuka, yang tidak terlindung dari terik matahari. Maka dari itu, perlindungan diri dari sinar ultraviolet yang berbahaya sangat diperlukan saat island hopping. Misalnya, kacamata hitam dan topi. Tentu saja, sunblock juga wajib dipakai setiap kali akan berpindah pulau.

4. Peralatan Menyelam

Selain melihat keindahan pulau-pulau, kita juga bisa menikmati keindahan di bawah laut mengingat pulau-pulau itu dikelilingi perairan. Maka dari itu, jangan lupa untuk membawa peralatan menyelam, seperti snorkel dan fin. Kalaupun tidak punya, kita masih bisa menyewa dari guide setempat.

5. Obat-obatan

Perlengkapan yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Obat-obatan sangat penting mengingat beberapa kecelakaan bisa saja terjadi. Misalkan, tergores terumbu karang saat snorkeling di bawah air. Atau mungkin tiba-tiba terserang mabuk laut saat tengah mengarungi perairan dengan kapal. Kita tidak mau kenyamanan perjalanan kita terganggu dengan sakit atau kecelakaan apapun, biarpun ringan.

6. Asuransi Perjalanan

Kecelakaan bisa terjadi di mana saja, bahkan setelah kita siap sedia dalam menghadapi segala kemungkinan. Maka dari itu, kita perlu mempersiapkan diri lebih jauh dengan asuransi yang akan sangat membantu apabila terjadi kecelakaan yang tidak terhindarkan.

Asuransi WE+ menyediakan asuransi perjalanan dengan premi rendah tanpa banyak prosedur macam-macam. Keuntungan yang bisa didapatkan termasuk santunan kecelakaan, sehingga kita akan merasa lebih aman dalam perjalanan. Selain itu, kita juga mendapat santunan meninggal dunia walau hanya dengan premi sebesar Rp15.000/bulan.

Dengan WE+ kamu bisa merasakan mudahnya memiliki asuransi hanya dengan menggunakan smartphone. Aplikasi WE+ yang merupakan Smart Insurance Marketplace bisa kamu dapatkan di Google Playstore. Tunggu apa lagi? Download sekarang yuk!

Penulis: Raka 11 Sep 2020 21