6 Tips Aman Perjalanan Jauh dengan Mobil

6 Tips Aman Perjalanan Jauh dengan Mobil

Berkendara jarak jauh menggunakan mobil pribadi, menawarkan kenyamanan yang tidak dapat dipenuhi kendaraan lain. Seperti fitur keselamatan, kemudahan, hingga menghemat biaya yang harus dikeluarkan. Agar perjalanan jarak jauh menggunakan mobil bisa aman dan nyaman, pastikan mengikuti tips perjalanan jauh dengan mobil berikut ini ya Sobat WE+.

Tips Perjalanan Jauh dengan Mobil

Menempuh jarak beratus-ratus kilometer dalam satu waktu, ternyata memang tidak begitu mudah. Sebab, untuk menempuh jarak itu butuh waktu hingga berjam-jam lamanya. Sehingga, selain pengemudi yang dituntut harus fokus, kondisi kendaraan pun menjadi faktor utama yang harus diperhatikan. Berikut adalah tips perjalanan jauh dengan mobil yang dapat dijadikan pedoman saat ingin melakukan perjalanan jauh:

1. Pastikan Kondisi Tubuh Prima

Tips perjalanan jauh dengan mobil yang pertama adalah pengemudi harus dalam keadaan yang prima. Selain kesehatan, pastikan sudah cukup tidur sebelum melakukan perjalanan. Hindari makanan asam dan pedas, karena dapat memicu rasa mulas pada perut. Sebaliknya, perbanyak makanan yang mengandung serat dan vitamin, agar tubuh tetap bugar. Usahakan untuk tidak mengonsumsi kafein dan minuman berenergi.

2. Pastikan Mobil Fit

Tips perjalanan jauh dengan mobil yang tidak kalah pentingnya yaitu memastikan kendaraan dalam kondisi fit. Setidaknya, ada 11 hal yang harus dicek sebelum berangkat, yakni :

  1. Air radiator dan air reservoir
  2. Kondisi filter serta selang bensin
  3. Busi dan oli mesin
  4. Putaran kipas pendingin mesin atau AC
  5. Kondisi baterai atau aki
  6. Timing belt
  7. Rem mobil
  8. Saringan udara
  9. Lampu
  10. Wiper kaca
  11. Roda yang digunakan dan ban serep

3. Bahan Bakar

Tips aman perjalanan jauh dengan mobil yang ketiga adalah bahan bakar pastikan terisi penuh. Jika sekiranya tidak mencukupi untuk sampai di tujuan, maka segera lakukan pengisian saat bahan bakar sudah mulai rendah. Jangan menunggu hingga jarum sudah menyentuh level E, karena belum tentu ada pom bensin terdekat di depan sana.

4. Kenali Rute yang Akan Dilalui

Jika perjalanan jauh ini merupakan pengalaman pertama, maka tidak ada salahnya untuk mencari tahu kondisi jalan yang akan dilalui. Seperti rute perjalanan, kontur dan lebar jalan,  serta kondisi yang ada di sekitar jalur tersebut. Tips aman perjalanan jauh dengan mobil yang satu ini bertujuan agar pengemudi memiliki persiapan yang dibutuhkan. Caranya dapat dengan browsing di internet maupun mencari tahu di media sosial.

5. Pastikan Membawa Bekal

Bekal tidak hanya berupa makanan dan minuman saja, tetapi juga obat-obatan yang dibutuhkan. Terutama jika dalam perjalanan ada anak-anak, maka tips aman perjalanan jauh dengan mobil yang satu ini tidak boleh disepelekan. Seperti minyak kayu putih, obat mual, obat anti mabuk kendaraan, obat demam, atau bahkan mainan yang memadai. Mainan akan menyita perhatian dan mengatasi kebosanan anak dalam perjalanan.

6. Beri Jeda dalam Perjalanan

Jika perjalanan yang dilakukan memakan waktu hingga lebih dari 5 jam, maka lakukan jeda di sela-sela perjalanan. Idealnya, istirahat dilakukan setiap 2 jam perjalanan dengan rentang waktu antara 15-30 menit. Selain mengembalikan kesegaran dan fokus pengemudi, istirahat juga bertujuan untuk mendinginkan mesin kendaraan. Sehingga tidak ada salahnya untuk memasukkan istirahat ke dalam tips aman perjalanan jauh dengan mobil.

Berbekal 6 tips perjalanan jauh dengan mobil di atas, maka diharapkan Sobat WE+ dapat melakukan perjalanan dengan lancar, nyaman dan aman. Jika rute yang akan ditempuh baru pertama kali dilakukan, maka ada baiknya hindari perjalanan pada malam hari. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Penulis: Raka 16 Oct 2020 38