Liburan Ketika Pandemi, Apakah Bisa?

Liburan Ketika Pandemi, Apakah Bisa?

Halo Sobat We+, pandemi yang telah berlangsung selama 2 tahun ini tentu membuat kamu mulai jenuh hanya berada di rumah, sehingga wajar bila muncul keinginan untuk berlibur. Namun liburan ketika pandemi, apakah bisa? Pertanyaan inilah yang kerap kali muncul saat akan merencanakan liburan saat pandemi, sebab wabah COVID-19 masih terus mengancam di manapun dan kapanpun. 

Liburan itu sendiri termasuk salah satu kebutuhan manusia, yang tujuannya adalah untuk menyegarkan pikiran setelah menjalani rutinitas yang padat dan melelahkan setiap hari. Liburan dibutuhkan saat kamu merasa penat hingga membuat produktivitas menurun. Sebenarnya liburan tidak hanya dapat dilakukan di luar rumah, kamu pun dapat menikmati liburan di rumah saja. Meski begitu, mungkin pilihan liburan di rumah bukan pilihan yang utama karena selama pandemi sebagian aktivitas lebih disarankan dilakukan dari rumah saja. 

Tips Liburan Ketika Pandemi 

Nah, bila kamu masih tetap berencana ingin liburan keluar rumah, pastikan kamu tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah serta memperhatikan beberapa hal berikut.

  1. Memeriksa Situasi di Tempat Tujuan

Mengingat wabah COVID-19 masih belum mereda, ada baiknya kamu terus memantau situasi tempat tujuan liburan. Baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri, memantau situasi di tempat tujuan penting untuk memastikan bahwa perjalanan liburan kamu aman. 

Cari tau dengan detail berapa banyak kasus COVID-19 di tempat tujuan dalam seminggu terakhir, apa saja peraturan yang telah ditetapkan pihak berwenang, serta apa saja persyaratan serta pemeriksaan yang harus dipenuhi sebelum berlibur ke daerah tersebut. 

Bila tujuan liburan kamu keluar negeri, ada baiknya cari tahu juga apakah di negara transit atau negara tujuan diharuskan karantina atau tidak. Sebab masa karantina dapat menghabiskan waktu yang seharusnya untuk liburan.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Memilih Tempat Penginapan yang Sesuai Protokol Kesehatan

Selain memastikan tempat tujuan aman, kamu pun juga harus memastikan tempat penginapan yang dipilih telah menerapkan pencegahan sesuai protokol kesehatan. Sebelum memilih tempat penginapan selama liburan, ada baiknya cari tahu lebih lanjut seperti apa penerapan protokol kesehatan di penginapan tersebut. 

  1. Selalu Sedia Hand Sanitizer dan Desinfektan

Meskipun sedang liburan, kamu tetap harus waspada dengan virus yang mengintai. Lakukan pencegahan sebisa mungkin dengan membawa serta hand sanitizer, desinfektan serta masker. Fungsi hand sanitizer sendiri adalah untuk menjaga tangan kamu tetap bersih setelah memegang apapun yang ada di tempat publik. 

Desinfektan bisa digunakan untuk membersihkan permukaan benda atau area sebelum digunakan, terutama di penginapan. Terakhir, masker harus selalu dipakai di luar ruangan serta jangan lupa membawa lebih dari satu supaya pencegahan virus lebih optimal.

  1. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat 

Bila ingin berlibur, pastikan kondisi kamu maupun keluarga dalam keadaan sehat. Jika memiliki kondisi medis yang dapat meningkatkan risiko infeksi virus, sebaiknya pertimbangkan kembali rencana liburan kamu. Karena tentunya kamu tidak ingin pulang dari liburan jatuh sakit kan?

  1. Pertimbangkan Kemungkinan Terinfeksi

Kemungkinan terburuk bisa saja terjadi meski kamu sudah berusaha melakukan pencegahan. Mengingat virus tidak melihat siapa, dimana dan kapan, maka jangan sepelekan juga kemungkinan terinfeksi. Bukan untuk menakuti, melainkan membantumu untuk lebih siap dalam menghadapi kemungkinan terburuk. 

Bila perjalanan liburan kamu berlangsung lebih dari sehari, pastikan kamu juga mencari tahu fasilitas kesehatan yang ada di tempat tujuan liburan. Jadi semisal kamu terinfeksi di tempat tujuan sehingga membutuhkan perawatan serta isolasi, kamu sudah mengetahui kemana harus meminta bantuan medis. 

Maka dapat disimpulkan, liburan ketika pandemi, apakah bisa? Jawabannya bisa. Asalkan kamu sudah mematuhi peraturan serta persyaratan yang berlaku untuk dapat berlibur dengan aman dan nyaman. Semoga bermanfaat. 

Penulis: Raka 16 Sep 2022 34

Penulis: Raka
11 Sep 2020
1003
Penulis: Raka
08 Oct 2020
1807
Penulis: Raka
06 Jan 2022
543