Wisatawan Harus Tahu 5 Wisata Kudus Terbaik dan Populer

Wisatawan Harus Tahu 5 Wisata Kudus Terbaik dan Populer

Wisatawan Harus Tahu 5 Wisata Kudus Terbaik dan Populer

Menyebut Kota Kudus memang identik dengan Islam sehingga kamu bisa menemukan wisata religi di sana. Wisata Kudus tidak bisa dipisahkan dari fakta bahwa kota di timur Semarang tersebut memang salah satu pusat pengembangkan Islam di Jawa Tengah. Bahkan beberapa sunan Walisongo berasal dari kota yang dikenal dengan jenangnya tersebut.

Saat ini di Kudus kamu bisa menemukan banyak destinasi wisata yang bagus dan tidak kalah terkenal dari lainnya. Bukan hanya melihat peninggalan sunan saja sebagai bentuk wisata religi, di Kudus kamu juga akan menemukan wisata alam yang menakjubkan.

Destinasi Wisata di Kudus yang Terbaik dan Populer

Kudus tidak jauh dari ibukota Jawa Tengah jadi kalau sedang ke ada urusan ke Semarang sempatkanlah untuk mampir ke sana. Selain bisa membeli jenang kudus yang sudah terkenal tersebut kamu juga akan menemukan banyak tempat wisata menarik, diantaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Masjid Menara Kudus

Bangunan ini bisa dikatakan sebagai salah satu ikon dari Kota Kudus sehingga harus kamu kunjungi. Di kawasan tersebut kamu bisa melihat bangunan tugu khas yang merupakan salah satu destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi orang.

Kamu bisa mengambil beberapa foto dengan latar belakang tugu menara tersebut sebagai kenang-kenangan dari Kota Kudus. Alamatnya ada di Jalan Menara, Pejaten, Kecamatan Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Lengkapi perjalanan kesana dengan menyempatkan sholat di masjid tersebut.

  1. Makam Syekh Zadzali

Wisata religi lainnya yaitu makam Syekh Zadzali yang merupakan murid paling setia dari Sunan Muria. Pada masa penyebaran Islam, Syekh Zadzali selalu mendampingi Sunan Muria berkeliling nusantara. Kamu yang muslim bisa ziarah ke makam Syekh Zadzali sebagai bentuk penghargaan pada kiprah beliau menyebarkan agama Islam. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Museum Kretek

Selain jenang apalagi hal yang sangat dikenal dari Kota Kudus? Ya, tepat sekali jawabannya adalah rokok. Di sanalah berdiri pabrik rokok yang sudah sangat lama dan terkenal di seluruh Indonesia. Bagi kamu yang suka dengan wisata sejarah dan edukasi kunjungi saja Museum Kretek. 

Kamu bisa menyaksikan sendiri koleksi bersejarah yang membuat Kudus dikenal sebagai kota dimana pabrik rokok besar berada. Lokasinya hanyalah berjarak sekitar 3 kilometer dari pusat kota yaitu di Desa Getas, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Di dalam museum tersebut kamu bisa menyaksikan dari dekat semua peralatan yang dipakai untuk membuat rokok kretek pada masa lalu. Kamu juga bisa belajar tentang proses pembuatan rokok kretek.

  1. Air Terjun Montel

Ingin datang ke tempat wisata air yang menyegarkan ketika di Kudus? Jangan kuatir kamu langsung saja menuju kawasan wisata Air Terjun Montel. Lokasi air terjun termasuk dekat dari makam Sunan Muria dan cukup mudah dijangkau.

Air Terjun Montel berada di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Saksikan sendiri bagaimana indah dan gagahnya air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter tersebut. Kalau kamu pergi dengan rombongan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena tiket masuknya hanya Rp. 5000 per orang.

  1. Hidden Canyon 

Bermimpi suatu saat bisa datang dan menyaksikan sendiri keindahan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat? Kamu mulai saja dulu dengan mengunjungi Hidden Canyon di Kudus. Percayalah, keindahannya tidak kala mempesona.

Sungai yang diapit oleh jajaran tebing sangat luas tanpa pepohonan seakan mempersilahkan kamu untuk bermain air sepuasnya. Datang saja ke Tanjung Rejo di Kecamatan Jekulo, Kudus untuk membuktikannya.

Nah, itulah beberapa rekomendasi yang harus sobat WE+ kunjungi ketika ke Kudus. Destinasi wisata Kudus tidak kalah bagus dan menarik dibandingkan kota lain di Indonesia. Sobat We+ bisa menemukan wisata religi, edukasi, sejarah dan wisata alam menarik di Kudus.


Penulis: Raka 18 Jun 2021 136