5 Tips Perawatan Mobil Listrik agar Awet Tak Cepat Rusak

5 Tips Perawatan Mobil Listrik agar Awet Tak Cepat Rusak

Kehadiran mobil listrik tampaknya semakin menarik perhatian dan minat masyarakat dunia yang ingin mengurangi dampak polusi udara. Begitu juga dengan Indonesia sudah banyak orang yang mulai ingin menggunakan mobil listrik. Selain ramah lingkungan, perawatan mobil listrik juga lebih mudah dan murah dibandingkan mobil dengan BBM.

5 Tips dan Cara Merawat Mobil Listrik

Nah, bagi Sobat We+ yang mulai tertarik dengan mobil listrik, inilah cara merawat mobil listrik yang benar:

1. Rutin Cek Fisik

Perbedaan yang cukup signifikan antara mobil listrik dan mobil biasa dalam hal perawatan adalah pemeriksaan bodi. Selama ini kalau menggunakan mobil BBM pada umumnya orang akan lebih konsen pada perawatan mesin dan teknis lainnya dan mengesampingkan body dan fisik lainnya.

Hal ini berbeda dengan cara merawat mobil listrik dimana kondisi fisik kendaraan harus dicek secara rutin. Bagian fisik kendaraan yang perlu selalu diperiksa terutama pada bagian kaki-kakinya. Selain pada bagian tersebut kamu juga harus rajin melakukan pengecekan pada setir mobil.

2. Cek Software Secara Berkala

Teknologi yang tertanam di dalam mobil listrik berbeda dengan pada mobil biasa yang menggunakan bahan bakar minyak. Software yang ada pada mobil listrik merupakan sistem yang saling terhubung dengan perangkat didalamnya. Salah satu fungsi dari perangkat tersebut yaitu mendeteksi kerusakan yang mungkin terjadi pada kendaraan.

Apabila terjadi gangguan atau kerusakan pada salah satu bagian maka software akan langsung memberi sinyal sehingga bisa langsung dilakukan perbaikan. Dari sini saja sudah terlihat bahwa software pada mobil listrik memiliki fungsi yang sangat penting sehingga perlu dirawat dengan benar.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

3. Cek Baterai Mobil

Mobil listrik menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya sehingga sudah tentu harus selalu bagus kondisinya. Jika sedikit saja ada gangguan atau kerusakan pada baterai otomatis kendaraan tidak akan bisa dipakai sebagaimana mestinya.

Jaga terus agar baterai selalu dalam kondisi yang ideal yaitu sekitar 20 hingga 80%. Pengisian baterai mobil yang berlebihan atau menggunakannya hingga dayanya kurang dari 20% akan membuat umurnya lebih pendek. Artinya kamu harus mengganti baterai dengan yang baru padahal harganya termasuk sangat mahal.

Hindari meletakkan kendaraan pada tempat yang suhunya cukup ekstrim karena juga akan merusak baterai. Jangan memarkir mobil listrik di tempat yang langsung terkena sinar matahari tapi hindari juga tempat yang suhunya terlalu dingin. Simpan mobil listrik pada garasi dengan sirkulasi udara bagus agar baterainya lebih awet.

4. Periksa Charger Baterai

Charger memiliki peran yang sama pentingnya dengan baterai untuk mobil listrik. Tanpa adanya charger kamu tidak akan bisa mengisi ulang daya baterai sehingga mobil tidak bisa digunakan. Agar charger bisa mengisi daya baterai mobil secara maksimal rajinlah memeriksa kondisinya.

5. Rutin Periksa Kondisi Ban

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat merawat mobil listrik adalah pada bagian ban. Pengecekan pada ban menjadi sebuah kewajiban dan keharusan bagi mobil listrik yang setiap hari digunakan. Terlebih lagi bagi Sobat We+ yang cenderung memiliki perilaku agresif saat berkendara.

Biasakan untuk memperhatikan dan mendengarkan suara yang keluar dari roda serta ban. Segera lakukan pemeriksaan jika merasa suara ban tidak seperti biasanya. Lakukan juga rotasi ban secara rutin untuk mengetahui apakah sudah terjadi keausan atau belum. Selain itu rotasi ban juga berfungsi untuk membuat keausan terjadi merata agar penggunaannya lebih optimal.

Itulah beberapa tips dan cara dalam perawatan mobil listrik agar kendaraan tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Perawatan yang benar akan membuat mobil listrik lebih awet dan tidak menyebabkan kerugian serta biaya besar. Jadi, sebelum membeli mobil bertenaga listrik, pahami dahulu mengenai cara perawatan ini ya sobat WE+.

Penulis: Raka 25 Jan 2021 99