Kebiasaan Keuangan yang Bikin Kamu Tetap Miskin

Kebiasaan Keuangan yang Bikin Kamu Tetap Miskin

Sobat WE+, tidak bisa dipungkiri bahwa bagi sebagian orang mengelola keuangan itu cukup sulit. Terkadang rasanya sudah sangat hati-hati dalam menggunakan uang namun masih saja ada uang yang tidak tahu kemana perginya dan tiba-tiba habis tak bersisa. Bahkan sebelum akhir bulan ternyata sudah habis sehingga bingung sendiri untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pasalnya, ada kebiasaan keuangan yang bikin kamu tetap miskin yang perlu disadari. 

Mayoritas orang tidak sadar kalau kebiasaannya dalam menggunakan uang masih keliru. Ada kebiasaan keuangan bikin tetap miskin yang tanpa sadar terus menerus dilakukan sehingga uang habis belum waktunya. Kira apa saja kebiasaan yang keliru dan tidak disadari tersebut?

Kebiasaan Keuangan yang Bikin Kamu Tetap Miskin 

  1. Penghasilan Meningkat Pengeluaran Ditambah

Standar hidup memang tidak ada salahnya ditingkatkan namun caranya tentu harus benar. Jika biasanya memiliki penghasilan yang pas-pasan lalu saat pemasukan meningkat pengeluaran pun ikut ditambah ini cara yang keliru dan tidak disadari malah memperburuk kondisi keuangan. Baiknya saat penghasilan sudah meningkat tetap terapkan hidup hemat dengan membeli kebutuhan sehari-hari seperlunya dan menabung uang sisa belanja. 

  1. Hanya Fokus Pada Masa Sekarang

Kesalahan lain yang dilakukan dalam mengelola keuangan adalah cara berfikir dimana yang difokuskan hanya masa sekarang dan tidak memikirkan masa depan. Masih banyak orang yang meremehkan masa depan dengan berfikir kebutuhan masa depan bisa dipenuhi dengan beberapa cara, yang ada sekarang artinya untuk sekarang masa depan nanti ada caranya sendiri memenuhi kebutuhan. 

Padahal pikiran yang baik adalah dengan memikirkan masa depan setiap mengambil keputusan dalam perihal keuangan. Minimal harus memiliki tabungan dan lebih bagus lagi jika mempunyai investasi. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Beranggapan Menabung Bisa Dilakukan di Masa Mendatang

Ketika masih muda biasanya yang dipikirkan hanya kesenangan terutama dalam membeli barang yang diinginkan. Padahal hal ini sangat keliru, membiasakan diri menabung justru seharusnya sejak kecil sudah dibiasakan.

Menabung harus dilakukan sedini mungkin untuk terbiasa hidup hemat dan menghargai uang. Biasakan diri untuk lebih banyak menabung daripada membelanjakan uang sejak dini. Menabung memang untuk masa mendatang namun harus dilakukan mulai sekarang bukan di masa mendatang.

  1. Tidak Membuat Anggaran Keuangan

Kebiasaan keuangan bikin tetap miskin selanjutnya adalah malas membuat anggaran keuangan atau sudah memiliki anggaran namun tidak menerapkanya dengan benar. Anggaran di sini adalah salah satu cara mengontrol diri dalam membelanjakan uang. Jika sudah memiliki anggaran baiknya ikuti anggaran tersebut atau lebih bagus bagi jika pengeluaran dibuat di bawah anggaran sehingga ada sisa uang untuk dimasukkan ke dalam tabungan. 

  1. Tidak Melunasi Utang

Utang adalah bentuk dari ketidakstabilan dompet atau keuangan. Utang baik itu dengan atau tanpa bunga harus segera dilunasi agar kondisi keuangan bisa kembali normal atau stabil. Selalu sisihkan penghasilan untuk melunasi utang secepat mungkin. Jika sudah tidak ada utang penghasilan bisa dilarikan ke tabungan atau investasi yang lebih bermanfaat dan menambah kestabilan kondisi keuangan.

  1. Mudah Tergiur Promo atau Diskon 

Promo dan diskon dianggap sebagai jalan untuk berhemat. Namun jika setiap ada promo dan diskon penghasilan dihabiskan di situ tentu sudah salah langkah. Jangan terlalu sering menghabiskan uang untuk promo dan diskon terutama jika tidak terlalu membutuhkan barang diskonan tersebut. Jika kebutuhan sudah terpenuhi dan tidak ada keperluan mendesak dengan barang diskonan jangan dibeli, gunakan uang yang akan digunakan untuk promo dan diskon sebagai tambahan tabungan.

  1. Gaya Hidup yang Menyiksa Dompet

Kebiasaan keuangan bikin tetap miskin yang terakhir adalah gaya hidup yang keliru. Banyak yang menganggap makan di luar lebih hemat daripada masak sendiri. Padahal membeli makanan matang harganya lebih mahal, baiknya mulai kurangi kebiasaan makan di luar, nongkrong di luar, agar kondisi keuangan bisa lebih baik dan stabil.

Nah Sobat WE+, itu dia beberapa kebiasaan keuangan yang bikin kamu tetap miskin yang banyak dilakukan masyarakat tanpa sadar kalau itu adalah kebiasaan yang buruk. Selalu ingat hidup hemat dan jangan remehkan masa depan dengan memiliki tabungan dan investasi sejak dini. Dengan begitu, kondisi keuangan kamu bisa menjadi lebih stabil dan sehat. 

Penulis: Raka 02 Sep 2021 24