Kamu Suka Menunda Pekerjaan? Lakukan Hal Ini untuk Menanggulanginya!

Kamu Suka Menunda Pekerjaan? Lakukan Hal Ini untuk Menanggulanginya!

Memiliki kebiasaan menunda pekerjaan atau procrastinating merupakan kebiasaan yang sangat sulit untuk diubah. Padahal kebiasaan ini lebih banyak memberikan dampak negatif daripada dampak positifnya. Pekerjaan yang tidak kunjung selesai tentu akan membuat aktivitas lainnya menjadi berantakan. 

Selain itu, kebiasaan menunda juga membuat efisiensi kerja menjadi menurun dan meningkatkan tekanan. Jika pekerjaan tidak kunjung selesai padahal sebentar lagi deadline maka kamu bisa dengan mudah untuk mengalami stres. Nah, jika sobat WE+ adalah salah satu orang yang suka menunda pekerjaan, inilah hal yang bisa kamu lakukan untuk menanggulanginya. 

Cara Mengatasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaan 

Inilah beberapa cara untuk menanggulangi kebiasaan menunda:

  1. Mengelola Waktu dengan Baik 

Kebiasaan menunda pekerjaan bisa kamu hilangkan dengan cara mengelola waktu dengan baik. Manajemen waktu yang buruk menjadi penyebab kamu menjadi terbiasa untuk menumpuk pekerjaan. Supaya pekerjaan tidak menumpuk, sebaiknya kamu mengerjakan pekerjaan yang dianggap paling mudah. 

Alasannya karena jika mengerjakan pekerjaan yang sulit maka kamu menjadi malas untuk mengerjakannya. Pekerjaan yang dianggap sulit sebaiknya dikerjakan dengan mempersiapkan waktu yang lebih lama agar bisa dikerjakan lebih maksimal.  

  1. Mempunyai Komitmen 

Cara mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan selanjutnya yaitu dengan membuat komitmen atau berjanji pada diri sendiri. Komitmen yang dibuat akan membantu kamu untuk mengerjakan pekerjaan dengan baik, bukan malah menghindarinya.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Supaya pekerjaan bisa dikerjakan dengan menyenangkan dan tidak berat,, kamu bisa menulis apa saja pekerjaan yang harus diselesaikan. Selain itu, tentukan kapan waktunya pekerjaan tersebut diselesaikan. Catatan ini akan membantu kamu untuk lebih semangat dan aktif dalam mengerjakan pekerjaan.

  1. Membuat Suasana yang Nyaman saat Bekerja 

Cara paling efektif untuk mencegah menunda pekerjaan adalah dengan membuat suasananya yang nyaman saat bekerja. kamu bisa memilih spot atau tempat yang nyaman. Supaya lebih semangat mengerjakannya, kamu juga bisa menyiapkan minuman atau camilan favorit. Minuman yang disiapkan di meja kerja membuatmu tidak perlu bolak balik ketika sedang haus. Dengan begini maka kamu menjadi lebih fokus untuk bekerja.

  1. Hindari Sikap Perfeksionisme

Saat mengerjakan suatu pekerjaan, jangan membebani diri sendiri dengan ekspektasi yang terlalu tinggi. Ekspektasi yang terlalu tinggi akan membuatmu menjadi kurang maksimal dalam mengerjakan pekerjaan. Sebaiknya kamu mengerjakannya sesuai dengan kemampuan terbaikmu dan dikerjakan dengan sungguh-sungguh. 

  1. Memberikan Apresiasi pada Dirimu Sendiri 

Apapun pekerjaan yang sudah berhasil kamu kerjakan, tidak ada salahnya untuk menyenangkan hati dengan cara memberikan apresiasi pada diri sendiri. Apresiasi yang diberikan bisa meningkatkan suasana hati sehingga menjadi lebih semangat dan termotivasi untuk mengerjakan pekerjaan selanjutnya. Dengan begini maka kepercayaan diri akan meningkat. 

  1. Hindari Semua Distraksi

Distraksi yang ada di sekitarmu akan membuat kamu sulit untuk berkonsentrasi. Konsentrasi yang buruk membuat niat dan semangat mengerjakan pekerjaan dengan tepat waktu menjadi pudar. Salah satu distraksi yang paling sering terjadi adalah ponsel. Jika penyelesaian pekerjaan tidak membutuhkan ponsel atau jaringan internet, sebaiknya matikan saja agar lebih fokus dalam pekerjaan.

  1. Istirahat dengan Cukup 

Istirahat dengan cukup akan membuat pikiran menjadi lebih segara tanpa merasa ada beban. Kualitas tidur seseorang akan memberikan dampak yang cukup besar terhadap produktivitas. Salah satunya yaitu suasana pikiran dan batin. 

Tubuh yang terlalu lelah dan penat akibat kurang tidur dan banyak begadang akan membuat malas untuk mengerjakan pekerjaan. Kurang tidur juga membuat kamu menjadi sulit fokus di hari berikutnya. Hal inilah yang kemudian membuat kamu memiliki keinginan untuk menunda pekerjaan. 

Nah itulah 7 hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan. Kebiasaan menunda pekerjaan harus segera diatasi, jika tidak akan memberikan banyak dampak negatif. Maka dari itu, selalu pastikan sobat WE+ tidak menunda pekerjaan ya! 

Penulis: Raka 06 Jun 2022 33