5 Cara Mendidik Anak Ketika Suami Istri Sibuk Bekerja

5 Cara Mendidik Anak Ketika Suami Istri Sibuk Bekerja

Mendidik anak adalah amanah yang yang wajib dilakukan oleh orang tua dalam proses membesarkan buah hati mereka. Cara mendidik anak di era milenial tentunya berbeda dengan jaman orang tua dahulu. Orang tua harus melek teknologi informasi, karena hidup pada zaman ini lebih banyak dipengaruhi kemajuan teknologi yang semakin pekat. 

Namun, lebih sulit juga sebab dunia teknologi rawan dengan hal negatif. Sebagai orang tua harus selalu waspada dan mengawasi perkembangan anak-anak agar tidak terjerumus pada hal yang buruk. Apalagi sebagai orang tua yang sibuk bekerja.  Pengawasan tidak bisa dilakukan 24 jam. Kadang harus menitipkan anak-anak pada pengasuh yang pola pengasuhannya belum tentu sejalan dengan orang tua. Lalu bagaimana mendidik anak ketika orang tua sibuk bekerja? Baca artikel ini hingga tuntas, ya!

Cara Mendidik Anak yang Tepat Bagi Orang Tua yang Sibuk Bekerja

Yang perlu digaris bawahi bahwa tidak boleh menyamakan cara mendidik anak sekarang dengan anak zaman ketika orang tua masih anak-anak. Jaman sudah berbeda. Orang tua harus cerdas dengan selalu mempelajari ilmu parenting masa kini, sehingga tahu bagaimana cara mendidik yang tepat. Berikut cara terbaik yang dapat dicoba;

1. Atur dan Berikan Waktu yang Berkualitas dengan Anak

Ketika suami istri atau orang tua sibuk bekerja, otomatis waktu untuk anak banyak yang tersita. Tak jarang juga ketika akhir pekan pun masih disibukkan dengan pekerjaan. Akibatnya anak akan merasa kehilangan orang tuanya dan tidak mendapat didikan darinya. Sebagai pelampiasan, anak biasanya lebih suka memberontak untuk sekedar mencari perhatian.

Sebagai orang tua, tentu tidak ingin mengalami hal yang demikian bukan. Bagaimanapun anak adalah tanggung jawab orang tua. Sesibuk apapun harus meluangkan waktu bersama mereka. Caranya, atur dan berikan waktu yang berkualitas dengan mereka. Misalnya ketika akhir pekan atau malam hari untuk bercengkrama atau belajar bersama.

2. Jadi Pendengar yang Baik dan Jalin Komunikasi

Cara mendidik anak yang paling efektif adalah saat berbicara dari hati ke hati. Sebagai orang tua  apabila ingin mempunyai anak yang baik bisa dimulai dengan rutin menjalin komunikasi dengan anak-anak. Sesibuk apa pun dalam melakukan pekerjaan, luangkan sejenak waktu meskipun hanya bertanya tentang aktivitas mereka.

Ketika mereka berbicara, sikap yang paling baik sebagai orang tua adalah mendengarkan dengan baik apa yang mereka bicarakan. Berikan saran dan  arahan ketika diperlukan. Percayalah, anak akan merasa dihargai ketika apa yang mereka bicarakan didengarkan. Alhasil, ketika diajari anak pun lebih penurut dan mendengarkan juga.

3. Tidak Membanding-Bandingkan Anak

Salah satu kebiasan jelek sebagian besar orang tua adalah suka membanding-bandingkan anak dengan anak yang lain atau saudara. Mendidik anak yang seperti ini tidaklah benar karena dapat menghilangkan rasa percaya diri anak. Hindari mulai sekarang, ya.

4. Berikan Punishment dan Reward

Tidak salah ketika anak melakukan kesalahan lalu sebagai orang tua memberikan hukuman. Hal yang demikian akan memberikan pelajaran bahwa kesalahan ada konsekuensi yang harus ditanggung. Demikian ketika anak-anak melakukan hal baik, berikan hadiah sebagai penghargaan. Cara mendidik anak yang demikian akan menjadikan anak  tumbuh menjadi anak yang tidak angkuh dan sopan.

5. Bersikap Baik dan Jadi Teladan Bagi Anak

Bukan nenek atau kakek. Bukan juga pengasuh yang akan dijadikan teladan oleh anak-anak, tapi orang tua. Oleh karena itu, meskipun sibuk bekerja, jangan lupa untuk selalu bersikap baik. Kebaikan orang tualah yang akan diteladani anak-anak. Ingat, anak-anak adalah peniru ulung. Jadi teladan dan bersikap baik itu kewajiban.

Sebenarnya, tidak sulit menerapkan bagaimana cara mendidik anak yang baik meskipun orang tua sibuk bekerja. Kunci utamanya adalah komunikasi dan selalu ada waktu untuk mereka. Uang atau limpahan materi tidak penting bagi anak, jika orang tua lupa memberikan kasih sayang yang seharusnya diterima. Semoga informasi ini bermanfaat ya Sobat We+! 

Penulis: Raka 17 Nov 2020 35