5 Cara Melakukan Gerakan Senam Stroke Mandiri

5 Cara Melakukan Gerakan Senam Stroke Mandiri

Kalau sakit stroke mungkin sudah banyak orang yang sering dengar ya. Tapi kalau senam stroke, sudahkah sobat WE+ pernah dengar? Memang ada?

Ya. Senam stroke merupakan senam yang sengaja didesain untuk para penderita stroke dengan tujuan melatih otot motorik mereka agar berfungsi normal kembali.

Penderita stroke biasanya mengalami lumpuh sebagian tubuh. Karena saraf yang mengarah ke otot bagian yang lumpuh itu mati, jadi nggak bisa mengirim sinyal.

Untungnya, bagian otak lainnya bisa jadi masih sanggup meng-handle. Dengan syarat harus dilatih terlebih dahulu.

Di situlah fungsi senam stroke bekerja.

Beberapa Tips Gerakan Senam Stroke Mandiri

Nah, bagaimana cara melakukan senam anti stroke ini? Seperti apa gerakan-gerakannya?

1. Stretching

Penderita stroke itu butuh penyesuaian, nggak mungkin langsung melakukan gerakan-gerakan yang berat dan rumit.

Untuk awal, bisa mulai dengan stretching atau peregangan.

Dari mana mulainya?

Mulai dari leher dan kepala. Dongakkan ke atas dan tahan 8 kali hitungan.

Selanjutnya menunduk ke bawah, tengok kanan, tengok kiri, tengkleng kanan, dan tengkleng kiri. Semua ditahan 8 kali hitungan.

Apakah sambil tahan napas?

Tidak, justru lebih bagus sambil bernapas normal dan santai. Biar oksigen masuk ke tubuh dengan lancar.

Kalau sudah, peregangan bisa merambah ke bagian tubuh lain. Lengan, bahu, pinggul, paha, dan kaki. Usahakan ke arah kanan-kiri, atas-bawah secara seimbang.

Berapa kali pengulangan?

Untuk peregangan, cukup dilakukan sekali saja. Itu pun nggak perlu terburu-buru. Santai dan sesuaikan bebannya dengan kemampuan tubuh kamu.

2. Pindah Berat Badan

Maksudnya adalah memindahkan fokus berat badan kamu ke satu sisi, dan kemudian ditukar ke sisi lain.

Gerakan ini bagus sekali untuk melatih fleksibilitas dan kekuatan otot penahan berat badan.

Caranya ambil posisi duduk dengan badan tegak. Usahakan cari tempat duduk yang kuat dan stabil.

Kursi, bangku, atau meja kayu bisa jadi pilihan. Tapi pastikan tinggi ke lantai tidak terlalu jauh, alias kaki masih bisa napak.

Doyongkan badan Anda ke kanan dan tahan 8 hitungan. Lakukan hal yang sama ke sisi yang berlawanan, dan tahan 8 hitungan.

Kerjakan dan ulangi sebanyak 10-20 kali.

Kok banyak? Santai saja, nggak perlu nafsu pengen cepat-cepat selesai. Ingat selalu, ini senam, jadi atur napas setiap waktu.

3. Duduk Berdiri

Emang bisa duduk sambil berdiri?

Ya nggak gitu juga. Maksudnya lakukan bergantian antara duduk dan berdiri.

Tergantung tingkatan stroke, gerakan ini bisa menjadi ringan maupun berat. Jadi usahakan lakukan dengan hati-hati. Nggak harus cepat-cepat juga.

Caranya dari duduk, pindah ke posisi berdiri. Pertahankan posisi selama 1-2 kali napas yang dalam.

Dari berdiri, pindah ke posisi duduk di kursi. Sama juga, tarik 1-2 kali napas dalam-dalam sebelum ganti posisi lagi ke berdiri.

Ulangi selama 10-20 kali dengan santai dan rileks. Kalau masih belum cukup kuat, bisa pakai bantuan tongkat atau pegangan lain.

4. Remas-Remas

Ini kerjanya cuma meremas-remas saja?

Yup, betul. Senam stroke ini ukup meremas-remas saja. Kalau perlu alat bantu, bisa pakai kertas, kain, atau semacam jelly yang squishy gitu.

Eh, jangan salah! Walaupun cuma meremas, ini bermanfaat banget buat ngelatih otot motorik halus.

Berapa lama ngerjain ini?

Sekitar 5-10 menit cukup lah. Dan jangan lupa juga untuk tetap bernafas dalam dan santai.

5. Meraih Benda

Fokus gerakan senam stroke ini untuk melatih otot bahu dan lengan.

Caranya, duduk di atas kursi dengan tangan di atas meja. Siapkan sebuah objek di depannya sejauh 1 lengan + 1 telunjuk.

Raihlah benda tersebut dengan bagian tangan kanan atau kiri sesuai bagian yang sakit. Lakukan pengulangan sampai terasa capek dan nggak kuat lagi.

Jangan lupa untuk secara teratur bernapas santai dan dalam.

Nah, itulah 5 gerakan senam stroke yang dapat kamu lakukan untuk melatih otot kamu. Kalau bermanfaat, jangan lupa share ya, siapa tahu ada teman atau keluarga yang butuh informasi senam anti stroke ini.

RELATED ARTICLES:

Penulis: Raka 11 Jun 707 142

Penulis: Raka
17 Sep 2020
250
Penulis: Raka
12 Oct 2020
19