Waktu Ketika Kamu Harus Diam

Waktu Ketika Kamu Harus Diam

Tidak semua masalah bisa diselesaikan dengan emosi atau amarah. Dimana ada banyak masalah yang bisa diselesaikan dengan diam. Diam bukan berarti mengalah tetapi itu merupakan sikap terbaik yang bisa diambil. Sikap ini diambil agar permasalahan yang ada tidak semakin parah. 

Dengan begini maka diam bisa menyelamatkanmu dari masalah yang berat dan rumit. Meski begitu bukan berarti masalah tersebut tidak diselesaikan. kamu hanya butuh waktu sebenarnya untuk diam lalu bergegas mencari solusi. Berikut ini adalah waktu tepat untuk kamu harus diam. 

Waktu Terbaik Ketika Kamu Harus Diam 

Inilah beberapa waktu terbaik dimana kamu harus diam: 

  1. Ketika Tidak Memiliki Fakta atau Data Tentang Suatu Hal 

Pasti sobat WE+ pernah mendengar istilah “Diam Itu Emas”. Nampaknya istilah tersebut ada benarnya untuk beberapa kondisi, salah satunya ketika kamu tidak memiliki fakta atau data tentang suatu hal. Jika kamu tidak memiliki fakta dan data tetapi tetap ingin berbicara berarti kalimat yang dilontarkan merupakan suatu asumsi atau omong kosong. Ketika kamu dalam situasi seperti ini sebaiknya menahan diri hingga memiliki fakta dan data yang akurat. 

  1. Ketika Menjaga Rahasia Orang Lain 

Pada saat kamu dipercaya orang lain untuk mengetahui rahasianya berarti harus dijaga dengan baik. Jika kamu mengumbar rahasia tersebut maka akan sangat merugikan orang lain sehingga hubungan pertemanan akan terganggu. Apabila ada pihak yang ingin mengetahui rahasia tersebut sebaiknya diam dan jangan sekali-sekali menceritakannya. Bercerita berarti kamu akan menjadi orang yang tidak lagi bisa dipercaya.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Ketika Menjaga Perasaan Orang Lain

Diantara banyaknya orang yang kamu kenal pasti tidak semuanya bisa dijadikan teman yang baik. Pasti ada satu atau dua orang yang tidak kamu sukai karena beberapa alasan. Meski kamu tidak menyukainya dan sangat membencinya, alangkah baiknya untuk menyimpannya sendiri. Jika mengatakan langsung pasti akan membuat orang tersebut tersinggung bahkan bisa sakit hati. 

  1. Ketika Orang Lain Sedang Memberikan Kritik 

Untuk bisa menjadi orang yang lebih baik tentu kamu sangat membutuhkan kritik membangun dari orang lain. Ketika ada orang yang sedang memberikan kritik, kamu diharuskan untuk mengesampingkan ego dan juga mempertimbangkan sudut pandangnya. Supaya kritik membangun yang disampaikan tidak menimbulkan salah paham sebaiknya diam dan dengarkan setiap kalimat yang disampaikan dengan penuh perhatian.

  1. Ketika Memiliki Rahasia

Bisa dipastikan jika setiap orang pasti memiliki rahasia masing-masing. Dimana rahasia tersebut tidak semuanya harus diceritakan kepada orang lain. Ada banyak pertimbangan kenapa tidak menceritakannya kepada orang lain, salah satunya karena tidak semua orang bisa menjaga rahasia dengan baik. Jika begini sebaiknya rahasia tersebut dijaga dan disimpan sendiri daripada orang lain menyebarkannya ke semua orang.

  1. Ketika Melihat Orang Lain Menangis 

Ketika kamu sedang melihat orang menangis, pasti akan bingung kapan waktu yang tepat untuk membuka pembicaraan. Daripada kamu mengatakan suatu hal yang belum tentu bisa menyelesaikan masalahnya, alangkah lebih baik untuk diam dan menunggu orang tersebut dalam keadaan baik.

  1. Ketika Seseorang Membicarakan Masalahnya 

Apabila kamu dipercaya oleh orang lain untuk mendengarkan masalahnya, dengarkan ceritanya dengan sepenuh hati. Hanya dengan mendengarkannya, orang tersebut sudah merasa lebih baik karena kamu sudah mau mendengarkan ceritanya dan tidak ikut menghakiminya. Jangan sekali-kali memotong ceritanya, sebaiknya diam hingga orang tersebut selesai bercerita. 

Nah itulah 7 waktu yang tepat kamu harus diam. Jika kamu sedang berada dalam kondisi dan situasi tersebut alangkah lebih baik untuk diam daripada berbicara tetapi akan memperkeruh masalah atau kalimat yang disampaikan menyakiti orang lain. 

Penulis: Raka 28 Jun 2022 53