9 Gejala Penyakit Bronkitis, Ketahui Pula Cara Pengobatannya

9 Gejala Penyakit Bronkitis, Ketahui Pula Cara Pengobatannya

Penyakit bronkitis merupakan jenis peradangan yang terjadi di saluran pernapasan yang utama dan biasa disebut dengan bronkus. Fungsi dari bronkus ini adalah menjadi saluran yang membawa udara dari serta mengarah ke paru-paru. Pada saat terjadi bronkitis maka akan terjadi peradangan dan iritasi di bagian dinding bronkus. Kemudian memproduksi lendir dalam jumlah yang banyak. Otomatis tubuh akan mengeluarkan lendir tersebut yang berupa batuk. Itulah sebabnya penderita bronkitis akan mengalami batuk secara terus menerus. 

Penyakit bronkitis ini dibagi menjadi dua macam yaitu bronkitis akut dan kronis. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh bahan-bahan yang membuat iritasi seperti misalnya kabut yang berasal dari asap rokok, produk dari rumah tangga, butiran debu, klorin, amonia dan sebagainya. Namun secara umum infeksi bronkitis ini disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Virus yang menjadi penyebab bronkitis ini adalah jenis virus yang sering terjadi pada penyakit flu.

9 Gejala Penyakit Bronkitis yang Sering Terjadi

Gejala dari penyakit bronkitis merupakan jenis batuk yang terjadi secara terus menerus dan secara produktif. Jenis lendirnya juga berwarna kuning kehijauan atau keabuan. Gejalanya sih hampir mirip dengan gejala flu ya Sobat WE+. Walaupun begitu, ada gejala lainnya yang juga sering terjadi yaitu:

  1. Sakit di bagian tenggorokan
  2. Sakit kepala
  3. Hidung tersumbat dan berair
  4. Sakit dan nyeri di bagian dada  atau di bagian perut karena batuk yang terus menerus
  5. Kelelahan
  6. Demam tapi tak terlalu tinggi
  7. Menggigil karena meriang
  8. Untuk jenis bronkitis kronis biasanya akan terjadi sesak napas karena meradangnya saluran udara
  9. Terjadi batuk berdarah atau lendir yang warnanya gelap dan teksturnya kental

Cara Pengobatan Penyakit Bronkitis yang Dianjurkan 

Jenis bronkitis akut biasanya bisa sembuh sendiri dalam waktu beberapa minggu saja. Caranya yaitu dengan banyak minum air putih dan istirahat yang cukup. Proses pengobatannya terkadang harus dibantu dengan meminum obat-obatan. Misalnya obat anti peradangan yang bisa menghentikan peradangan.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Pengobatan bronkitis juga menjadi proses yang tidak selalu berhasil dan tidak mudah. Maka dibutuhkan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat untuk meredakan gejala tersebut. Caranya yaitu seperti berikut ini:

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Makan makanan sehat juga bisa menjadi cara pengobatan bronkitis. Supaya tubuh punya daya tahan yang bagus dan bisa juga untuk mencegah infeksi paru-paru. Serta semua sistem yang ada di saluran pernapasan.

  1. Olahraga Ringan dan Teratur

Penderita bronkitis juga harus melakukan olahraga ringan dengan teratur supaya berat badan tetap stabil. Ditambah dengan sistem pernapasan yang terlatih dengan baik. Karena kelebihan berat badan akan membuat penderita kesulitan bernapas. Dan tubuh menanggung beban yang lebih berat.

  1. Hindari Lingkungan dengan Asap yang Berkabut dan Berhenti Merokok dan Jangan Menjadi Perokok Pasif

Sebaiknya penderita tidak berada di lingkungan yang penuh asap dan berkabut. Karena hal itu juga akan berpengaruh pada sistem pernapasan. Selain itu, jangan menjadi perokok aktif maupun pasif. Dan jika kamu menjadi perokok aktif sebaiknya segera berhenti. Tapi jika kamu menjadi perokok pasif sebaiknya hindari orang-orang yang menjadi perokok aktif. 

Jenis obat yang biasa dikonsumsi oleh penderita bronkitis diantaranya yaitu obat anti nyeri, bronkodilator, steroid, obat pengencer dahak dan antibiotik. 

Nah sobat WE+, itulah gejala dan cara penanganan pada orang yang menderita penyakit bronkitis dengan cara yang tepat. Diharapkan setelah mengetahui informasi ini, kamu bisa lebih menjaga kesehatan dan menghindari apa saja yang bisa menyebabkan penyakit ini ya. Semoga bermanfaat! 

Penulis: Raka 25 Aug 2021 54