Cara Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa

Cara Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa

Ketahui 5 Cara Menjaga Kesehatan Selama Puasa yang Aman

Halo Sobat We+, di bulan suci Ramadhan kita tetap harus menjaga kesehatan supaya tubuh tetap bugar sehingga dapat melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa. Saat berpuasa, kita menahan dahaga dan lapar selama seharian penuh. Tubuh akan mudah lemas sehingga rentan terkena penyakit. Oleh karena itu penting halnya bagi kamu untuk menjaga kesehatan selama puasa. 

5 Cara Menjaga Kesehatan Selama Puasa

  1. Memperbanyak Konsumsi Air Putih 

Ketika berpuasa, kamu harus menahan dahaga dan lapar sejak imsak hingga waktu berbuka. Kamu bisa saja mengalami dehidrasi apabila harus banyak beraktivitas sedangkan kamu kurang konsumsi air putih. Sehingga, selama waktu sahur dan berbuka kamu harus banyak-banyak konsumsi air putih. 

Seperti yang kita tahu tubuh manusia mengandung air sekitar 60-70%. Air itu sendiri berfungsi untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh, sehingga dapat berfungsi dengan baik. Dan untuk itu kamu perlu konsumsi air putih setidaknya 8 gelas per hari. 

Mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari saat bulan ramadhan bukanlah hal yang mustahil. Kamu dapat menerapkan polanya 1 gelas sebelum sahur, 1 gelas setelah sahur, 1 gelas sebelum berbuka, 1 gelas setelah berbuka, 1 gelas setelah salat magrib, 1 gelas sebelum tarawih, 1 gelas sesudah tarawih, 1 gelas sebelum tidur.

  1. Istirahat yang Cukup 

Selama berpuasa, sangat dianjurkan untuk tidur siang. Apabila di siang hari kamu memang tidak ada aktivitas lain yang dikerjakan, sebaiknya pergunakan waktu untuk beristirahat. Selain supaya tubuh tidak cepat lelah, tidur siang di bulan ramadhan juga bagian dari ibadah untuk menghindari maksiat. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Waktu untuk tidur siang sebenarnya tidak boleh terlalu lama, loh. Cukup 10-40 menit saja, karena tidur siang terlalu lama bahkan sampai sore dapat menyebabkan sakit kepala dan berisiko terserang penyakit jantung. Di malam hari pun sebaiknya tidur sebelum pukul 11 malam. Selain supaya tidak sulit bangun saat sahur, juga supaya kamu mendapat waktu tidur cukup setiap malam. 

  1. Berbuka Puasa Dengan yang Manis

Saat adzan maghrib dikumandangkan, jangan langsung mengonsumsi makanan yang berat seperti nasi. Sebaiknya awali dengan menyantap makanan dan minuman dengan kandungan gula alami, seperti kurma dan air kelapa hijau. Tujuannya adalah agar makanan dan minuman ini dapat menggantikan kadar gula tubuh yang rendah ketika berpuasa. 

Setelah berbuka dengan makanan manis tanpa gula, sebaiknya shalat maghrib terlebih dahulu. Lalu berbukalah dengan porsi makan kamu biasanya. Jangan terlalu banyak, karena hal ini dapat membuatmu kekenyangan dan mudah mengantuk. Kalau berbuka dengan porsi biasanya kamu masih lapar, kamu bisa kok makan lagi setelah selesai shalat tarawih. 

  1. Mengonsumsi Vitamin 

Supaya imun tubuh tetap kuat saat berpuasa, sebaiknya konsumsi vitamin saat sahur dan berbuka. Setidaknya kamu harus menyediakan vitamin C selama bulan ramadhan. Vitamin C dapat membantu sistem imun kamu untuk melindungi tubuh dari penyakit. 

  1. Berolahraga Ringan

Berpuasa bukan berarti kamu tidak boleh berolahraga. Justru olahraga saat bulan suci sangatlah penting agar tubuh kamu tetap bugar. Olahraga yang dilakukan sebaiknya jangan olahraga yang terlalu berat. Setidaknya jogging di pagi hari selama 5-10 menit saja sudah cukup. 

Sobat WE+ juga bisa olahraga bersama teman seperti bermain futsal, atau bulutangkis saat sore hari menjelang waktu berbuka. Olahraga dapat membantu menjaga kesehatan jantung kamu saat bulan ramadhan. 

Demikian penjelasan mengenai cara menjaga kesehatan selama bulan puasa yang aman. Dengan berbagai tips ini, diharapkan puasa yang dijalankan tetap bisa berjalan lancar dan sobat WE+ juga tetap sehat dan bugar ya! 

Penulis: Raka 06 May 2021 122