Hal yang Harus Dilakukan Ketika Kamu Sedang Mengalami “Burn Out”

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Kamu Sedang Mengalami “Burn Out”

Pekerjaan yang menumpuk tentu akan membuatmu kelelahan dan menguras banyak waktu maupun tenaga. Kondisi ini akan membuat kamu menjadi mudah untuk stres. Stres akibat pekerjaan itu berbeda dengan stres karena hal lainnya. Stres karena pekerjaan bisa menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius. Masalah kesehatan tersebut dikenal dengan nama burn out.

Burn out  merupakan kondisi kelelahan fisik, emosional dan mental akibat stres berlebihan dan berkepanjangan. Saat sedang kondisi burn out rasanya seperti tidak mampu menjalankan tanggung jawab, terutama tanggung jawab pekerjaan. Jika kondisi burn out dibiarkan dalam waktu yang cukup lama bisa mengakibatkan kehilangan motivasi maupun minat pada suatu hal. 

6 Cara untuk Mengatasi Burn Out

Supaya burn out tidak berkepanjangan, kamu bisa melakukan beberapa hal seperti berikut:

  1. Berolahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Tidak hanya itu saja, saat kamu sedang burn out disarankan untuk menjadikan olahraga sebagai rutinitas sehari-hari. Olahraga yang dilakukan tidak perlu yang berat-berat, cukup dengan jalan kaki selama 10 menit maka mood akan menjadi lebih baik. 

Ketika kamu sedang olahraga sebaiknya fokuskan pikiran pada sensasi yang tubuh rasakan. Hindari untuk larut dalam pikiran sendiri. Jika kedua hal ini bisa kamu lakukan maka kondisi burn out bisa segera diatasi.

  1. Memperbanyak Interaksi dengan Orang Lain 

Pada saat kamu sedang berada dalam kondisi burn out biasanya akan malas untuk bersosialisasi dengan orang lain. Padahal kondisi ini bisa segera teratasi dengan memperbanyak berinteraksi dengan orang Lain. kamu bisa berkumpul dan ngobrol dengan orang-orang terdekatmu, seperti pasangan, keluarga ataupun teman yang dipercaya. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Berinteraksi dengan orang lain merupakan terapi alami untuk bisa mengatasi stres. Ini dikarenakan dengan melakukan interaksi maka kamu bisa menceritakan apa yang sedang dirasakan. kamu hanya membutuhkan teman yang bisa mendengarkan dan tidak meminta untuk memberikan solusi. 

  1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi burn out adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Ketika sedang burn out sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang tinggi gula. Ini dikarenakan makanan tersebut bisa menurunkan tingkat energi dan merusak mood.

Selain itu, jangan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans dan minuman yang mengandung kafein. Disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan bergizi, terutama makanan yang mengandung omega-3.

  1. Mengevaluasi Prioritas Hidup

Munculnya burn out merupakan indikasi jika suatu hal yang kamu anggap penting ternyata tidak bisa memberikan hasil sesuai dengan harapan dan keinginan. Supaya tidak berlarut-larut dalam stres sebaiknya pikirkan kembali mimpi, target, dan juga harapan dalam hidupmu. Jika sudah dievaluasi, kamu bisa menata kembali semuanya dengan lebih baik lagi. 

  1. Mengubah Cara Pandang Terhadap Pekerjaan 

Meski kamu mengalami burn out karena pekerjaan, berhenti bekerja bukanlah solusi tepat. Terlebih untuk mencari pekerjaan baru bukan suatu yang mudah. Daripada harus berhenti bekerja sebaiknya mengambil cuti beberapa hari untuk berlibur dan menenangkan pikiran. Setelah selesai berlibur diharapkan kamu lebih semangat untuk bekerja lagi.

  1. Lakukan Kegiatan untuk Relaksasi

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk meredakan burn out adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan untuk relaksasi, contohnya meditasi, yoga atau tai chi. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan mindfulness

Mindfulness adalah cara pandang yang fokus pada peristiwa yang saat ini sedang dirasakan dan menjalaninya dengan tenang tanpa menghakiminya. Mindfulness ini akan membuat kamu menjadi lebih bersabar dan terbuka dalam menghadapi semua masalah hidup.

Nah sobat WE+, itulah 6 hal yang harus kamu lakukan ketika sedang mengalami burn out. Burn out yang dirasakan tidak boleh dibiarkan begitu saja karena bisa memberikan dampak negatif. Oleh karena itu, atasi burn out dengan hal-hal yang disebutkan diatas. 

Penulis: Raka 30 May 2022 37