5 Cara Beli Asuransi Online, Pahami Tahapannya

5 Cara Beli Asuransi Online, Pahami Tahapannya

Halo Sobat WE+, apakah kamu sedang berniat ingin membeli asuransi online tapi bingung caranya? Pada dasarnya membeli asuransi online itu lebih mudah loh Sobat WE+. Kamu tidak perlu keluar rumah dan bersusah payah mengisi formulir secara detail cukup duduk manis dengan perangkat gadget kamu. Tapi sebelum kamu membeli asuransi online sebaiknya kamu memahami tahapan dan cara yang benar agar nantinya tidak salah memilih. Nah berikut ini cara membeli asuransi online yang perlu kamu ketahui, yuk simak!

5 Cara Membeli Asuransi Online

1. Lakukan Riset Produk Asuransi yang akan Dibeli

Sobat WE+, melakukan riset terlebih dahulu sebelum membelinya itu sangatlah penting. Sebelum kamu mengetahui dan mempelajari apa yang menjadi kewajiban, manfaat, dan fitur pada produksi asuransi tersebut dengan benar jangan gegabah memutuskan untuk membelinya. Supaya kamu tidak kecewa di akhir, jangan termakan tawaran yang menggiurkan di awal bisa jadi itu hanyalah sebuah trik yang tidak menggambarkan detail asuransinya secara lengkap. Sebaiknya kamu memilih asuransi online dari perusahaan yang memiliki reputasi bagus dengan begitu bisa dipastikan dapat dipercaya.

2. Memilih Produk Asuransi yang Sesuai

Kamu harus mengetahui asuransi apa yang menjadi pokok kebutuhan kamu. Diantara asuransi kesehatan atau asuransi kendaraan, mana yang akan kamu pilih? jika kamu memiliki kondisi keuangan yang baik, kamu bisa saja membeli keduanya. Namun bagaimana jika kondisi keuangan kamu pas-pasan? Kamu harus memutuskan asuransi pokok yang  menjadi kebutuhan utama contohnya yaitu asuransi kesehatan, karena kesehatan merupakan hal terpenting yang patut diutamakan.

3. Bandingkan dengan Produk Asuransi Lain

Sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi online tertentu, sebaiknya kamu sudah melakukan perbandingan dengan produk asuransi online yang ditawarkan oleh perusahaan lain. Dengan begitu kamu akan mengetahui mana produk asuransi yang sesuai dan pas dengan kondisi kamu. Jangan hanya mengacu pada satu produk asuransi saja ya Sobat WE+. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Pilihlah produk asuransi dari perusahaan yang memiliki pelayanan yang baik dan juga memiliki customer service yang sigap merespon pertanyaan dan kelurahan kamu. Selain itu, pilihlah produk asuransi dari perusahaan yang memiliki RBC (Risk Base) di atas 120%, RBC adalah standar kemampuan minimal pada perusahaan asuransi yang mengacu pada ketersediaannya modal untuk menanggung resiko.

4. Pastikan Situs Website Asuransi Aman

Nah kamu juga harus memastikan situs website yang akan kamu kunjungi memang benar-benar mengarah ke perusahaan asuransi yang ingin kamu buka. Saat ini banyak sekali oknum yang sengaja menyalahgunakan data seseorang guna kepentingan mereka. Jika situs website yang kamu buka mencurigakan dan tidak mengarah ke perusahaan yang kamu tuju sebaiknya harus dihindari.

5. Mulai mendaftar pada Asuransi Online

Jika langkah-langkah di atas sudah kamu lakukan dengan baik, selanjutnya kamu bisa mulai mendaftarkan diri pada situs website yang telah kamu pilih nantinya. Saat mendaftar asuransi online kamu perlu menyiapkan beberapa persyaratan terkadang setiap perusahaan asuransi memiliki persyaratan yang berbeda-beda. 

Namun ada persyaratan umum yang bisa kamu simak berikut ini:

  1. Siapkan dokumen untuk melakukan pendaftaran. Biasanya dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar asuransi online meliputi KTP atau paspor yang masih berlaku, Kartu Keluarga, Akta kelahiran, dan NPWP.
  2. Isilah data dengan benar, kamu harus mengisi data yang valid pada saat pendaftaran. Ini agar nantinya kamu tidak kesulitan saat klaim asuransi tersebut. Jika salah memasukkan data dapat menyebabkan klaim asuransi akan kamu ditolak nantinya.
  3. Lakukan pembayaran premi secara rutin agar nantinya kamu dapat lebih mudah mengklaim asuransi tersebut.

Sobat WE+ ingat ya sebelum membeli asuransi online, pastikan kamu sudah melakukan langkah-langkah di atas. Dengan begitu, proses membeli asuransi online yang kamu lakukan bisa berjalan dengan lancar. Selamat mencoba! 

Penulis: Raka 14 Dec 2020 93