Kenali 5 Manfaat Asuransi Rumah yang Harus Kamu Ketahui

Kenali 5 Manfaat Asuransi Rumah yang Harus Kamu Ketahui

Rumah bisa jadi merupakan aset paling berharga yang dimiliki oleh seseorang. Sebab, harganya yang cukup tinggi membuat usaha memilikinya butuh perjuangan yang tidak mudah. Selain itu, rumah memiliki nilai historis dan emosional bagi setiap penghuninya. Mengingat tingginya nilai aset ini, setiap orang perlu memiliki perlindungan terhadapnya. Caranya adalah dengan membeli asuransi rumah yang sesuai dengan kebutuhan.

Pada dasarnya asuransi jenis ini merupakan perlindungan terhadap risiko-risiko kerugian yang dapat mengurangi nilai sebuah tempat tinggal pribadi. Dengan demikian, jika suatu saat terjadi suatu hal yang dapat merusak kondisinya, maka dapat dilakukan klaim sesuai dengan pertanggungannya. Jadi, dalam membeli sebuah polis asuransi Rumah, perlu memperhatikan Risiko apa saja yang akan ditanggung pihak perusahaan.

Inilah Beberapa Manfaat Memiliki Asuransi Rumah

Risiko-risiko yang dapat mengurangi nilai rumah dapat ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Memang, dengan membeli polis, ada biaya yang harus dikeluarkan berupa pembayaran premi. Akan tetapi, biaya ini sesuai dengan perlindungan dan rasa aman yang didapat. Jadi, pada dasarnya manfaat yang didapat akan sebanding dengan besar preminya. Berikut adalah lima manfaat asuransi rumah.

1. Melindungi Tempat Tinggal dari Risiko Akibat Kebakaran

Terjadinya sebuah kebakaran merupakan momok bagi pemilik rumah. Kerusakan yang ditimbulkan bisa jadi tidak hanya sebagian, tetapi bahkan bisa secara keseluruhan, termasuk isinya. Namun, jika memiliki asuransi rumah, biaya perbaikan akan ditanggung oleh perusahaan yang menerbitkan polis. 

Pertanggungan terhadap risiko kebakaran yang diberikan oleh perusahaan asuransi meliputi berbagai hal. Di antaranya adalah biaya perbaikan,  pembangunan kembali, dan penggantian isi rumah yang rusak. Bahkan, ada juga yang memberikan pertanggungan berupa penyediaan tempat tinggal pengganti selama rumah dalam perbaikan.

2. Perlindungan Saat Dimasuki Maling

Kejahatan ada di mana-mana. Termasuk kejahatan terhadap rumah tinggal. Isi sebuah rumah yang bernilai tinggi dan barang-barang berharga yang ada di dalamnya merupakan incaraan bagi pencuri. Jika terjadi pencurian yang menyebabkan hilangnya barang-barang berharga, pemegang polis dapat mengajukan klaim untuk mendapatkan ganti atas kerugian yang dialami. 

Namun, klaim terhadap pencurian membutuhkan proses pembuktian yang cukup lama. Pihak perusahaan asuransi akan melibatkan kepolisian untuk melakukan penyelidikan terhadap kebenaran sebuah laporan pencurian. Hal ini dilakukan untuk menghindari laporan yang berupa rekayasa. Oleh sebab itu, pastikan agar laporan yang diajukan akurat dan sesuai dengan kejadian. 

3. Menjamin Nilai Rumah

Nilai jual rumah akan selalu meningkat, selama rumah tidak dalam keadaan rusak. Di sinilah asuransi rumah berperan dalam menjamin nilai rumah. Jika terjadi risiko yang mengakibatkan kerusakan, maka nilainya akan turun. Akan tetapi, jika memiliki asuransi, maka perbaikan dapat segera dilakukan dengan biaya ganti rugi, sehingga nilai rumah akan kembali bagus.

4. Menekan Biaya Perbaikan Tempat Tinggal

Dapat dibayangkan berapa besar dana yang harus dikeluarkan jika terjadi kerusakan akibat banjir, kebakaran, maupun kecelakaan yang dialami sebuah tempat tinggal. Kecelakaan yang dimaksud salah satu contohnya adalah kejatuhan pesawat terbang, atau jika rumah ditabrak oleh kendaraan besar. Kerugiannya pasti cukup besar. Namun, biaya perbaikan dapat ditekan jika memiliki asuransi, karena semua akan ditanggung pihak perusahaan penerbit polis.

5. Memenuhi Salah Satu Syarat Pengajuan Pinjaman

Salah satu manfaat membeli asuransi rumah adalah dapat digunakan untuk memenuhi syarat pengajuan pinjaman. Pihak bank mensyaratkan asuransi sebagai jaminan bahwa selama diagunkan, nilai rumah tidak turun akibat risiko yang mungkin terjadi. Dengan memiliki asuransi, proses pengajuan pinjaman dapat segera dilakukan, sehingga pencairan dana pun lebih cepat.

Itulah lima manfaat memiliki asuransi rumah. Nasabah pemegang polis akan mendapatkan rasa aman dan tenang, karena sudah memiliki perlindungan terhadap risiko yang mungkin dialami sebuah tempat tinggal. Namun, sebelum membeli asuransi, pastikan agar memilih yang sesuai kebutuhan dan dana yang tersedia. Selain itu, cek dengan teliti jenis risiko yang ditanggung dan cara klaimnya. 

Penulis: Raka 02 Nov 2020 62