7 Gejala Batu Ginjal yang Perlu Diwaspadai

7 Gejala Batu Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Batu ginjal merupakan kristal yang terbentuk dari garam, kalsium, dan asam urat. Batu ginjal ini terbentuk di dalam ginjal dan dapat berjalan hingga berpindah ke bagian tubuh lain. Gejalanya baru akan terasa ketika kristal itu sudah berada di saluran kemih dengan menimbulkan rasa sakit tak tertahankan pada bagian tubuh di mana kristal itu berada. Lantas, apa saja gejala batu ginjal yang perlu diwaspadai? Yuk, simak ulasannya berikut:

7 Gejala Batu Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Untuk mengantisipasi penyakit ini, sobat WE+ harus mengetahui gejala batu ginjal tersebut. Berikut gejalanya:

1. Sakit Perut Bawah

Banyak orang tak mengenali gejala batu ginjal sampai penyakit ini menjadi lebih parah. Saat menderita sakit ginjal, kamu akan merasa sakit di sekitar tulang rusuk. Kemudian, rasa sakit itu akan menjalar hingga perut bagian bawah. Bahkan pada laki-laki, sakit bisa terasa di bagian testikel.

Selain itu, rasa sakit bisa berlangsung secara tiba-tiba. Ketika batu ginjal mulai bergerak, nyeri akan berpindah ke bagian tubuh lain, sesuai dengan lokasi batu berada. Kondisi ini dapat diperparah dengan adanya kontraksi ureter yang mencoba untuk mendorong batu itu keluar.

2. Sering Buang Air Kecil

Apakah Sobat WE+ sering buang air kecil? Jika iya, maka kamu perlu waspada karena itu merupakan gejala batu ginjal. Gejala ini akan sering muncul saat batu ginjal berada di kandung kemih kamu. Dinding kandung kemih mengalami iritasi sehingga menyebabkan sering buang air kecil, meski urin yang keluar hanya sedikit.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

3. Tubuh Terasa Tak Nyaman

Adanya benda asing dalam tubuh tentu dapat mengganggu kenyamanan, tak terkecuali batu ginjal. Jika Sobat WE+ memiliki batu ginjal akan sulit menemukan posisi tubuh yang nyaman.  Batu ginjal dapat menimbulkan nyeri yang disebut kolik renal yang berlangsung selama 20 hingga 60 menit.

4. Mual dan Muntah

Tubuh akan  merespons adanya batu ginjal dengan mual dan muntah. Gejala batu ginjal ini bisa diredakan bila Sobat WE+ mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, seperti, air kelapa, pisang, nasi, kuah sup, dan teh herbal.

5. Urine Berwarna Darah

Seseorang yang mempunyai batu ginjal bisa mengeluarkan urine berwarna darah yang disebut dengan hematuria. Urine bisa berwarna merah terang, merah gelap bahkan cokelat. Kristal yang berada di saluran kemih bisa mengganggu sistem yang bekerja, menyebabkan gesekan, iritasi, hingga akhirnya memicu pendarahan. Dari sini, darah akan bocor ke jalur urine dan bercampur dengan air seni bahkan menimbulkan rasa sangat sakit. 

6. Sakit Saat Kencing

Gejala batu ginjal berikutnya adalah muncul rasa sakit ketika Sobat WE+ kencing. Rasa sakit tersebut muncul akibat jalur urine terhambat oleh kristal-kristal yang menyerupai batu. Kemudian kristal tersebut ikut terdorong ke persimpangan antara ureter dan kandung kemih.  Nyeri ini akan terasa sangat menyakitkan, bahkan terkadang disertai sensasi panas dan terbakar. Kondisi ini disebut dengan disuria.

7. Urine Berwarna Keruh dan Berbau 

Jika warna urine Sobat WE+ berwarna keruh atau berbau tidak sedap, ini bisa menjadi gejala dari batu ginjal. Hal ini disebabkan oleh nanah atau tingginya kadar sel darah putih dalam urine. Sedangkan bau tidak sedap pada urine dipicu oleh bakteri atau urine yang pekat.

Itulah gejala batu ginjal yang perlu diwaspadai. Jika Sobat WE+ mengalami rasa sakit ini segera periksakan ke dokter. Dengan begitu, bisa diketahui kondisi pasti dari batu ginjal yang terjadi dan segera diketahui bagaimana pengobatan yang sesuai. Dengan demikian, kondisi yang serius bisa dicegah.

Penulis: Raka 23 Dec 2020 242

Penulis: Raka
11 Aug 2020
586