Yang Harus Dilakukan Ketika Kamu Berada Di Umur 20an

Yang Harus Dilakukan Ketika Kamu Berada Di Umur 20an

Banyak orang yang khawatir ketika ia memasuki usia 20. Sebab, pada usia ini kamu akan memasuki masa transisi dari remaja ke dewasa. Tentu saja ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan dan pelajari agar bisa melewati masa transisi tersebut dengan baik. Lalu, apa saja yang harus dilakukan ketika kamu berada di umur 20an? Yuk sobat WE+, simak informasinya berikut ini! 

5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Berada di Umur 20an

Agar bisa melewati masa peralihan dari remaja ke dewasa dan bisa menjalani usia 20an dengan baik, inilah beberapa hal yang bisa sobat WE+ lakukan: 

  1. Membangun Networking (Relasi)

Saat kamu mulai membangun karir di usia 20an, tentu saja networking termasuk hal penting. Pastinya tak sedikit kau memperoleh sejumlah proyek sebab mempunyai kenalan di berbagai lingkungan tersebut. Kamu harus bisa mengoptimalkan waktu-waktu nongkrong sebagai wadah membangun networking tersebut. Cobalah beranikan diri berkenalan lebih dulu bersama orang-orang baru, baru bangun komunikasi dan kedekatan yang baik dengan mereka. 

  1. Mencoba Berbisnis

Umur 20-an termasuk kategori usia produktif dimana kamu bisa melakukan berbagai hal termasuk berbisnis. Mungkin kebanyakan di usia ini, sebagian orang masih belum memiliki tanggungan keluarga.

Sehingga ini akan jadi kesempatan bagus untuk menguji cobanya. Kamu tidak perlu takut akan kegagalan. Membangun bisnis sendiri merupakan cara belajar efektif dalam membangun segala sesuatunya benar-benar dari 0.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Sekalipun kamu gagal, maka akan mendapatkan pembelajaran berharga yang bisa menjadi penangkal masalah bisnismu kelak. Tentu saja, jika ajang bisnis tersebut berhasil, kamu pun akan mendapatkan untung lebih. Jadi, lebih baik mencoba dulu agar tau hasilnya bagaimana. Ketimbang kamu tidak pernah mencoba sama sekali dan hanya membayangkan sesuatu yang tidak pasti.

  1. Mencoba Investasi

Apabila sudah punya penghasilan, jangan lewatkan kesempatan berinvestasi ini. Kamu tidak perlu untuk memilih jenis investasi dengan resiko tinggi. Sehingga mulai saja dari emas, deposito, dan investasi reksadana.

Sembari itu, kamu juga bisa belajar dunia investasi sekaligus. Tentu saja jika belajar sambil mempraktekkannya akn lebih mantap daripada hanya teori saja. Jika memulai investasi sejak dini, tentu kamu akan berpenghasilan mapan, wawasan investasi luas, dan bisa langsung bermain di dunia investasi yang sesungguhnya.

  1. Travelling

Memang mengeksplor banyak hal sangatlah penting. Tentu saja tidak hanya sekedar travelling. Melainkan harus mendapatkan sesuatu yang memang bermanfaat. Saat travelling, kamu pun bisa memperluas networking, mengetahui hal baru, dan beragam manfaat lainnya.

Travelling akan menjadi sebuah pelatihan bagi kamu untuk melihat sesuatu. Sebab banyak sekali hal baru yang ditemui dan diharapkan dapat memperluas prospektif. Pastinya ini berguna sekali untuk membangun karir kedepannya.

  1. Membangun Personal Branding 

Personal branding termasuk upaya membangun image tentang diri sendiri yang akan ditanamkan pada benak publik. Tentu saja, personal branding akan memperkuat kamu untuk melakukan berbagai hal. Dengan adanya personal branding yang kuat kamu akan dipertemukan ketika membangun networking. Tentu saja personal branding tidak bisa didapatkan secara instan, bangunlah secara konsisten dan terus menerus.

Itulah beberapa hal penting yang harus dilakukan ketika kamu berada di umur 20an. Dengan mempersiapkan segalanya, kamu pun akan dipermudah ketika sedang membangun karir dan kehidupan yang lebih dewasa di usia tersebut. 

Penulis: Raka 20 Jul 2022 177