Waspada, 7 Makanan yang Merusak Gigi dan Harus Dihindari

Waspada, 7 Makanan yang Merusak Gigi dan Harus Dihindari

Apakah benar kalau hanya permen dan makanan manis lainnya saja yang bisa merusak gigi? Faktanya tidak seperti itu karena makanan yang merusak gigi tidak selalu memiliki rasa manis. Justru kebanyakan malah makanan dengan rasa asam yang berpotensi besar merusak gigi kamu. Agar Sobat We+ mengetahui jenis makanan perusak gigi, simak daftarnya berikut ini yuk!

7 Makanan yang Bisa Merusak Gigi

1. Roti Putih

Roti biasanya dijadikan sebagai menu sarapan karena dianggap praktis dan mengenyangkan. Tapi tahukah Sobat We+ kalau ternyata roti bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Mengunyah roti putih atau roti tawar akan menyebabkan pemecahan pati yang diubah menjadi gula oleh air liur. Gula yang dihasilkan tersebut bisa saja tertinggal di sela gigi sehingga menyebabkannya menjadi berlubang.

2. Minuman Bersoda

Meneguk minuman bersoda seperti coca-cola memang menyegarkan apalagi kalau cuaca diluar sedang panas. Namun sebaiknya kamu hati-hati karena kesehatan gigi bisa terancam. Minuman dengan soda mengandung asam, gula dan karbonasi yang memicu pertumbuhan bakteri dan kuman perusak gigi. Bahkan ketiga zat di dalam minuman bersoda tersebut memiliki kemampuan untuk merusak lapisan enamel yang melindungi gigi.

3. Jeruk

Meskipun ada jeruk yang rasanya manis tapi bagaimanapun tetap mengandung asam yang cukup tinggi. Dan zat asam yang ada di dalam makanan jika sampai ke rongga mulut akan membuat lapiasan enamel pada gigi rusak. 

Mungkin selama ini kamu tidak pernah terpikirkan bahwa makan buah jeruk bisa merusak gigi. Namun jangan kuatir karena dengan minum air putih setelah makan jeruk maka kandungan asam bisa berkurang. Dengan begitu gigi akan lebih aman dari kerusakan.

4. Tomat

Secara umum memang buah tomat bagus untuk menjaga kesehatan karena mengandung vitamin A dan C cukup tinggi. Namun sayangnya efek buah tomat kurang baik bagi gigi karena rasanya asam. Saat mengkonsumsi buah tomat maka gigi seperti sedang direndam dalam larutan asam. Akibatnya gigi akan lebih mudah rusak dan berlubang akibat adanya air asam di dalam tomat tersebut.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

5. Minuman Energi

Sekarang ini makin banyak merek minuman berenergi yang biasanya dikonsumsi orang selama dan setelah berolahraga. Minuman jenis ini diklaim mampu mengembalikan energi tubuh dengan cepat sehingga tidak akan merasa lelah dan capek.

Tapi sayangnya risiko kurang baik bisa terjadi pada gigi akibat mengkonsumsi minuman energi. Pada minuman berenergi kandungan gula dan asamnya cukup tinggi sehingga tidak bagus untuk kesehatan gigi. Apalagi kalau kamu mengkonsumsinya selama 5 hari berturut-turut.

6. Keripik Kentang

Siapapun pasti suka makan keripik kentang saat nonton TV, film atau aktivitas santai lainnya. Tapi sebaiknya batasi konsumsi keripik kentang kalau kamu tidak mau gigi cepat rusak. Di dalam keripik kentang terdapat zat pati yang nantinya akan diubah menjadi gula di dalam rongga mulut. 

Gula tersebut jika tersisa dan terselip di sela-sela gigi maka akan menyebabkan lubang. Untuk mengurangi efek buruk keripik kentang jangan lupa untuk minum air putih setelah memakannya.

7. Es Batu

Kalau kamu termasuk orang yang suka mengunyah es batu sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut. Mengunyah es batu akan menyebabkan gigi patah dan tentunya itu bisa menyebabkan rasa sakit yang teramat sangat. Selain itu kebiasaan mengunyah es batu akan membuat gigi kamu menjadi lebih sensitif sehingga akan terasa nyeri ketika makan dan minum panas ataupun dingin.

Nah, itulah beberapa makanan yang merusak gigi dan sebaiknya Sobat We+ hindari sejak sekarang. Setidaknya kurangi dan batasi konsumsi makanan tersebut apalagi kalau memang gigi kamu sudah sering bermasalah. Jadi, jangan sampai lupa daftar makanan yang merusak gigi ini ya Sobat WE+!

Penulis: Raka 23 Jan 2021 204