Penyakit-Penyakit Penyebab Meninggal Paling Tinggi

Penyakit-Penyakit Penyebab Meninggal Paling Tinggi

Penyakit-Penyakit Penyebab Meninggal Paling Tinggi

Halo Sobat We+, kesehatan itu mahal harganya. Maka dari itu, menjaga kesehatan sangat penting supaya kamu terhindar dari penyakit berbahaya yang berpotensi menyebabkan kematian. Karena jika sudah terserang penyakit, tentu akan membutuhkan banyak biaya dan waktu untuk mengobatinya. Lalu, apa saja penyakit penyebab meninggal yang tinggi?

5 Penyakit Penyebab Kematian Paling Tinggi

Ada beberapa penyakit penyebab meninggal paling tinggi yang sering terjadi di Indonesia. Sebagian penyakit-penyakit ini dapat menyerang siapa saja tidak pandang usia. Simak ulasan mengenai 5 penyakit penyebab kematian paling tinggi berikut ini. 

  1. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Penyakit pertama yang menjadi penyebab kematian paling tinggi di Indonesia adalah penyakit jantung. Penyakit ini umumnya menyerang kelompok usia 44-45 tahun, 55-64 tahun dan 65-74 tahun, mayoritas ditemukan pada wanita. Beberapa penyakit jantung yang sering ditemui adalah jantung koroner, stroke, gagal jantung serta hipertensi. 

Terjadinya penyakit jantung disebabkan oleh sumbatan di dalam pembuluh darah jantung oleh kolesterol yang menumpuk. Tumpukan kolesterol ini kemudian membentuk plak aterosklerosis yang menyebabkan aliran darah terhambat. Sehingga berujung pada penyakit serangan jantung. 

Jika penyumbatan pembuluh darah terjadi di otak, maka akan menyebabkan stroke iskemik. Stroke tidak hanya terjadi karena sumbatan, melainkan juga karena pembuluh darah pecah yang disebut dengan stroke hemoragik. 

Stroke hemoragik disebabkan oleh hipertensi menahun yang tidak terkontrol. Hipertensi sendiri disebabkan oleh kolesterol yang menyumbat pembuluh darah. Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya hipertensi, penyakit jantung, hingga stroke, kamu harus mengontrol kolesterol dengan mengkonsumsi makanan rendah kolesterol serta rutin berolahraga. 

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

  1. Tuberkulosis (TBC) 

Penyakit berikutnya yang dapat menyebabkan kematian paling tinggi adalah TBC. Penyakit ini menyerang organ paru-paru. Dan sifatnya dapat menular karena infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis-nya bisa dengan mudah menyebar melalui air liur yang dikeluarkan penderita dari batuk atau bersin. 

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini umumnya adalah batuk berdahak hingga terkadang sampai mengeluarkan darah. Tidak hanya menyerang paru-paru saja, kuman pada penyakit TBC juga dapat menyerang bagian tubuh lainnya seperti usus, tulang, atau kelenjar. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian terutama pada orang-orang dengan imunitas rendah. 

  1. Diabetes

Penyakit yang juga umum ditemukan sebagai penyebab kematian tertinggi adalah diabetes. Diabetes juga dikenal sebagai silent killer, karena gejalanya baru bisa disadari setelah terjadi komplikasi. Penyakit ini ditandai dengan adanya kelainan metabolik yang disebabkan kurangnya produksi insulin dalam tubuh. 

Penyakit diabetes dapat menyerang siapa saja, terutama kelompok usia 15 tahun ke atas. Diabetes dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu diabetes tipe 1 yang dikenal juga sebagai diabetes autoimun, serta diabetes tipe 2 yang merupakan diabetes paling sering terjadi. Diabetes tipe 2 ini dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. 

  1. Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)

Penyakit mematikan berikutnya adalah penyakit yang menyerang pernapasan yaitu penyakit paru obstruktif kronis. Penyebab penyakit ini adalah karena polusi udara akibat asap rokok maupun asap kendaraan. Penyakit ini terjadi dalam jangka panjang, seperti bronkitis kronis dan emfisema, yang apabila tidak diobati dengan baik dapat menimbulkan komplikasi berbahaya seperti pneumothorax dan pneumonia. Pencegahan penyakit ini adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. 

  1. Kanker

Terakhir, penyakit penyebab meninggal paling tinggi adalah kanker. Kanker disebabkan oleh mutasi genetik pada sel yang membuat sel menjadi abnormal. Dikarenakan penyakit ini tidak menimbulkan gejala awal, oleh karena itu harus dilakukan pemeriksaan atau cek kesehatan secara berkala supaya kanker dapat dideteksi secara dini. 

Meski begitu kanker dapat dicegah dengan menjalani pola hidup sehat meliputi konsumsi makanan dengan gizi seimbang, tidak merokok dan minum alkohol, serta rajin berolahraga. 

Demikian penjelasan mengenai penyakit-penyakit penyebab meninggal paling tinggi yang sering terjadi di Indonesia. Biasakan menerapkan pola hidup sehat supaya terhindar dari penyakit-penyakit mematikan di atas. Semoga bermanfaat ya sobat WE+!

Penulis: Raka 15 May 2021 107