Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Meski Sedang WFH

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Meski Sedang WFH

Kebijakan work from home atau yang juga akrab disebut sebagai WFH sudah dijalankan selama beberapa bulan kebelakang. Meskipun seluruh aktivitas dilakukan di rumah, bukan berarti kamu langsung bebas dari potensi sakit. Nah, guna menjaga kesehatan tubuh, ada beberapa cara yang bisa kamu coba di rumah. Apa saja ya?

Cara Menjaga Kesehatan Saat WFH

Sobat WE+, inilah beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kesehatan tubuh saat sedang WFH:

  1. Menetapkan Waktu Istirahat Sebaik Mungkin

Cukup banyak masyarakat Indonesia yang beranggapan bahwa dengan adanya WFH, segala pekerjaan terasa lebih santai. Namun faktanya, sebagian besar dari mereka malah merasa menjadi pribadi yang lebih tidak produktif daripada sebelumnya.

Usut punya usut, beberapa tipe orang tidak bisa berhenti melakoni pekerjaannya sebelum selesai seluruhnya. Hal ini tidaklah baik lantaran dapat membuat pikiran jadi stres dan tubuh kelelahan. Inilah kenapa penting bagi kamu untuk menetapkan waktu istirahat sebaik mungkin. Jangan sampai kamu memaksakan diri untuk bekerja bila kondisi kesehatan tak lagi mumpuni. Isi ulang energi kamu sehingga pekerjaan bisa diselesaikan dengan lebih optimal.

  1. Rutin Melakukan Olahraga Ringan di Rumah

Luangkan sedikit waktu untuk berolahraga demi menjaga kesehatan tubuh dan pikiran kamu selama menjalani WFH. Saat ini, cukup banyak variasi olahraga yang bisa kamu coba di rumah. Sebagai contoh, zumba, yoga, lompat tali, dan lain sebagainya. 

Bahkan jika situasinya memungkinkan, kamu bisa jogging di sekitar kompleks dengan catatan tetap menjaga jarak aman dan menghindari keramaian guna menghindari penularan virus corona. Kamu cukup meluangkan waktu selama 15 sampai 30 menit setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih dan Mengurangi Konsumsi Kafein

Selaras dengan apa yang dikemukakan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO), konsumsi air putih menjadi hal mendasar yang banyak membawa manfaat bagi kesehatan kita. Pihaknya menyarankan setiap orang mengkonsumsi air putih sekurang-kurangnya 8 gelas sehari untuk menjaga kesehatan tubuh.

Air putih dinilai membawa manfaat yang beragam, seperti memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi. Selama menjalankan WFH, cukup banyak karyawan yang memilih untuk mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi yang digadang-gadang sebagai asupan anti ngantuk.

Padahal, terlalu banyak asupan kafein malah bisa menyebabkan kemunculan rasa cemas, sakit kepala, hingga tubuh yang lebih mudah kelelahan. Pada tahap ini, kamu masih boleh mengkonsumsi kopi, hanya saja dalam kadar secukupnya. Disamping itu, hindari penambahan krimer atau gula berlebih demi menjaga asupan kalori yang dibutuhkan tubuh kita.

  1. Membuat Jadwal Rutinitas

Menjadwalkan rutinitas harian bisa jadi salah satu langkah jitu untuk mendorong kita bersikap lebih disiplin. Adapun hal-hal yang perlu disusun dalam jadwal harian meliputi waktu mulai bekerja, kegiatan di sela-sela pekerjaan, rincian tugas harian, dna lain sebagainya.

Melalui jadwal tersebut, diharapkan kamu bisa lebih mengontrol diri, sekiranya kapan kamu harus bekerja dan kapan kamu bisa beristirahat sejenak untuk mengisi ulang energi atau sekadar ngemil makanan ringan.

  1. Menyempatkan Diri Berjemur Setiap Pagi

Faktanya, sinar matahari di pagi hari mampu memenuhi kebutuhan vitamin D bagi tubuh manusia. Dimana vitamin D sendiri berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh demi mencegah penularan virus covid-19.

Menurut suatu penelitian, waktu berjemur yang direkomendasikan dan diklaim memberikan banyak manfaat ialah pukul 10 sampai 12 siang. Dimana saat itu, sinar matahari berkemungkinan kecil memberikan efek buruk yang bisa memicu kanker kulit. Adapun terkait durasi berjemur yang dianjurkan ialah 10 sampai 30 menitan.

Itulah beberapa cara praktis yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kesehatan tubuh meskipun sedang menjalankan aktivitas WFH. Dengan kesehatan tubuh yang prima, tentu produktivitas mu juga senantiasa terjaga. 

Penulis: Raka 09 Sep 2022 39